Teleskop: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
2 September 2023 18:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Teleskop adalah. Sumber: Unsplash/Matthew Ansley
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Teleskop adalah. Sumber: Unsplash/Matthew Ansley
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Teleskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda yang jauh. Alat ini dapat memperbesar benda-benda hingga 20 kali lipatnya. Benda berbentuk tabung dan berlensa ini banyak dikenal masyarakat sebagai teropong yang biasa digunakan oleh para astronom untuk mengamati benda di langit.
ADVERTISEMENT
Menurut buku Pembentukan Alam Semesta dan Big Bang, Sema Gul (2007:11), pada tahun 1668, Isaac Newton menciptakan teleskop baru yang menggunakan cermin sebagai lensanya. Teleskop menjadi titik balik dalam sejarah ilmu pengetahuan sains.

Mengenal Teleskop dan Jenisnya

Ilustrasi Teleskop adalah. Sumber: Unsplash/Conner Baker
Ketika menyaksikan ribuan bintang, bulan, dan matahari dari kejauhan, pasti akan muncul kekaguman dan rasa ingin tahu akan hal-hal yang belum pernah dijangkau dan sulit dipahami manusia. Teleskop adalah salah satu penemuan yang berpengaruh untuk kehidupan manusia.
Teleskop merupakan alat yang membuat benda-benda yang berada jauh tampak lebih dekat tanpa mengubah bentuk dan strukturnya. Galileo Galilei adalah pencipta teleskop yang dapat digunakan untuk bidang astronomi pada tahun 1609.
Secara garis besar teleskop dapat dibagi berdasarkan jenis-jenisnya. Berikut penjelasan tentang jenis-jenis teleskop.
ADVERTISEMENT

1. Teleskop Refraktor

Teleskop jenis ini merupakan jenis pertama yang ditemukan. Teleskop refraktor menggunakan lensa sebagai media untuk mengumpulkan cahaya. Umumnya, menggunakan dua buah lensa utama, yakni lensa cembung sebagai lensa objektif dan okuler.

2. Teleskop Reflektor

Teleskop reflektor dikembangkan oleh Sir Issac Newton dengan tujuan memperbaiki kelemahan teleskop yang dimiliki jenis sebelumnya yaitu teleskop refraktor. Ia menggunakan cermin sebagai media pengumpul cahaya.
Jenis ini cocok untuk mengamati benda-benda langit yang redup contohnya komet, galaksi, dan nebula.

3. Teleskop Katadioptrik

Jenis ini merupakan gabungan dari kedua teleskop sebelumnya, yaitu teleskop refraktor dan reflektor. Teleskop Katadioptrik merupakan kombinasi antara cermin dan lensa sebagai media pengumpul cahaya.

Cara Kerja Teleskop

Ilustrasi Teleskop adalah. Sumber: Unsplash/Anshul Jain
Teleskop memiliki cara agar benda-benda jauh tersebut dapat dilihat oleh mata manusia. Alat ini mampu menangkap gambar melalui bantuan radiasi elektromagnetik panjang gelombang yang bisa menembus lapisan atmosfer.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya lensa utama pada teleskop akan mengumpulkan bayangan benda dan cahaya. Lalu, akan diteruskan ke lensa mata, dan mata akan menerima objek menjadi sebuah gambaran atau bayangan benda.
Penjelasan tentang teleskop adalah hal yang penting untuk diketahui masyarakat dan pelajar jika ingin lebih tahu mengenai ilmu fisika dan astronomi. (DVA)