Tema Kenaikan Kelas SD yang Menarik untuk Anak-anak

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
24 Juni 2024 16:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tema Kenaikan Kelas SD. Sumber: unsplash.com/ Bayu Syaits
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tema Kenaikan Kelas SD. Sumber: unsplash.com/ Bayu Syaits
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Siswa tentu memerlukan hal baru agar acara kenaikan kelas tidak berlangsung monoton dan membosankan. Tema kenaikan kelas SD perlu dipikirkan matang-matang untuk menyambut acara kenaikan kelas siswa.
ADVERTISEMENT
Dengan tema yang menarik, maka siswa akan senang dan acara akan sangat berkesan baginya. Pemberian tema yang pas akan membantu acara terasa lebih seru.

Ide untuk Tema Kenaikan Kelas SD

Ilustrasi Tema Kenaikan Kelas SD. Sumber: unsplash.com/ Syahrul Alamsyah Wahid
Mengutip dari buku Sistem Informasi Manajemen untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan, Hariyadi (2022:42), kenaikan kelas adalah proses finalisasi untuk menentukan siswa yang akan melanjutkan belajar ke tingkat selanjutnya atau tidak.
Pada momen kenaikan ini, akan diumumkan jumlah siswa yang naik kelas dan tinggal kelas. Acara kenaikan kelas dilangsungkan setiap tahun di seluruh tingkatan sekolah mulai SD sampai SMA.
Untuk membuatnya berbeda dan tidak monoton, maka perlu diadakan acara yang memiliki tema seru. Di bawah ini referensi tema kenaikan kelas SD yang menarik dan seru .
ADVERTISEMENT

1. Militer

Tema militer bisa diterapkan pada dekorasi ruangan dan tema pakaian yang digunakan oleh hadirin dalam acara tersebut. Siswa akan lebih semangat dan antusias karena tema ini dianggap keren, terutama bagi siswa laki-laki.
Para guru bisa juga menggunakan kostum ala militer untuk menguatkan tema tersebut saat acara berlangsung.

2. Syukuran

Tema syukuran ini bisa digunakan dengan model potong tumpeng maupun makan bersama. Bentuk acara kenaikan kelas ini akan mempererat persaudaraan karena bisa saling ngobrol langsung satu sama lain.
Di dalamnya juga bisa disisipi doa bersama agar kenaikan kelas lebih berkah dan mendatangkan kesuksesan di tahun berikutnya.

3. Panggung Seni

Kenaikan kelas yang disertai dengan panggung seni akan sangat menyenangkan. Para siswa bisa melihat berbagai macam penampilan seni, baik seni drama, seni musik, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Acara tersebut juga akan disisipi dengan kuis ringan maupun pembagian hadiah yang sangat menyenangkan.
Tema kenaikan kelas SD di atas akan sangat seru jika diterapkan di sekolah. Tidak akan ada lagi acara kenaikan kelas yang monoton dari tahun ke tahun. (IMA)