Teori John Turberville Needham tentang Asal-usul Makhluk Hidup

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
3 Oktober 2023 17:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Teori John Turberville Needham tentang asal-usul makhluk hidup. Sumber: unsplash.com/ Trust "Tru" Katsande
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Teori John Turberville Needham tentang asal-usul makhluk hidup. Sumber: unsplash.com/ Trust "Tru" Katsande
ADVERTISEMENT
Teori John Turberville Needham tentang asal-usul makhluk hidup bermula dari eksperimennya pada kaldu. John memiliki pandangan bahwa asal usul makhluk hidup berasal dari benda tak hidup.
ADVERTISEMENT
Pandangan John Turberville Needham tersebut dapat dikategorikan dalam teori abiogenesis. Sebelumnya, sudah ada ilmuwan yang mendukung teori abiogenesis tersebut tapi dengan eksperimen yang berbeda.

Teori John Turberville Needham tentang Asal-usul Makhluk Hidup dan Eksperimennya

Ilustrasi Teori John Turberville Needham tentang asal-usul makhluk hidup. Sumber: unsplash.com/ unsplash+
Teori John Turberville Needham tentang asal-usul makhluk hidup adalah teori abiogenesis yang kemudian berkembang menjadi teori generasi spontan. Ilmuwan asal London, Inggris ini suka meneliti banyak objek dengan mikroskop.
Mengutip dari buku Biologi Pelajaran Biologi untuk SMA/MA karya Begot Santoso (hal. 170), John Turberville Needham melakukan eksperimen dengan bahan dasar air kaldu yang disimpan dalam kondisi terbuka. Dia merebus biji-bijian, kaldu dan daging selama beberapa waktu.
Air kaldunya dimasukkan ke dalam botol, kemudian botol ditutup dengan gabus. Hasilnya, terlihat pertumbuhan mikroba pada air kaldu setelah didiamkan beberapa hari, kondisi kaldu menjadi semakin keruh karena adanya aktivitas mikroorganisme di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Melalui eksperimennya tersebut, John Needham berpendapat bahwa setiap zat organik mempunyai daya hidup yang dapat menjadi makhluk hidup. Hal ini serupa dengan bunyi teori abiogenesis yang meyakini bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati.
Teori abiogenesis sudah berkembang sejak abad 17 yang digagas pertama kali oleh Aristoteles, sebelum eksperimen Needham dilakukan. Bahkan sebelumnya, juga ada ilmuwan bernama Antonie van Leeuwenhoek yang melakukan eksperimen serupa dengan Needham.
Antonie mengamati air rendaman jerami di bawah mikroskop cahaya pada tahun 1632, dan menemukan adanya mikroorganisme di sana. Sehingga dia menyimpulkan bahwa mikroorganisme berasal dari air.
Kesimpulan dari ekperimen John Turberville Needham akhirnya menjadi dasar dari teori generasi spontan, yaitu teori yang meyakini bahwa makhluk hidup bisa dengan secara tiba-tiba muncul dari benda mati. Misalnya katak yang dianggap bisa muncul dari tumpukan lumpur, belatung yang lahir karena daging yang membusuk dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Teori John Turberville Needham tentang asal-usul makhluk hidup ini pada akhirnya terbantahkan seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi. Kini, semua orang tahu bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup lainnya. (IMA)