Warna Planet Tata Surya Mulai Merkurius hingga Neptunus

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
22 April 2024 16:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Warna Planet Tata Surya (Foto hanya ilustrasi) Sumber: unsplash.com/ David Menidrey
zoom-in-whitePerbesar
Warna Planet Tata Surya (Foto hanya ilustrasi) Sumber: unsplash.com/ David Menidrey
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terdapat banyak planet yang ada di dalam tata surya dan berotasi sekaligus berevolusi mengelilingi matahari. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri berupa warna planet tata surya yang beragam.
ADVERTISEMENT
Jika mempelajari astronomi, akan terlihat foto planet-planet dalam tata surya yang semuanya berbeda dari segi warna. Lapisan yang menyelubungi bagian planet dan ukurannya pun berbeda pada tiap planet.

Mengenal Warna Planet Tata Surya

Warna Planet Tata Surya (Foto hanya ilustrasi) Sumber: unsplash.com/ Alexander Andrews
Secara umum, semua planet berbentuk bulat seperti bola. Hanya saja bagian pelindungnya berbeda-beda, misalnya bumi yang memiliki atmosfer berlapis dan Saturnus yang memiliki cincin raksasa di sekitarnya.
Planet menjadi tempat tinggal banyak makhluk. Setiap planet yang ada dalam tata surya bergerak sesuai garis orbitnya masing-masing. Benda langit yang menetap di satu galaksi ini memiliki bentuk pelindung, ukuran dan warna yang berbeda satu sama lain.
Menurut buku Planet dan Satelit oleh Viyanti (2023:13–15), warna planet tata surya mulai Merkurius hingga Neptunus dapat dilihat di bawah ini.
ADVERTISEMENT
Dengan mengenali ciri khas warna setiap planet, akan lebih mudah untuk membedakan antara planet satu dengan planet lain secara sekilas. Sebab mengenali ciri planet secara kompleks bisa dilakukan dengan melihat indikator lainnya seperti dari ukuran.
Warna planet mewakili kondisi permukaan planet. Misalnya di bumi yang memiliki warna biru kehijauan karena didominasi oleh kenampakan alam berupa lautan dan pepohonan hijau dari daratan dan hutan yang tumbuh di permukaan bumi.
Itulah mengapa setiap planet sangat unik, contohnya Uranus dan Neptunus yang sama-sama berwarna biru. Keduanya memiliki tone biru yang berbeda, Uranus memiliki biru lebih muda dibandingkan warna biru pada Neptunus.
ADVERTISEMENT
Warna planet tidak memengaruhi lamanya orbit mengelilingi matahari maupun waktu yang dibutuhkan untuk rotasi. Pengaruhnya hanya pada kondisi permukaan masing-masing planet dan material yang dikandungnya.
Demikianlah pengetahuan mengenai warna planet tata surya yang bisa menjadi tambahan wawasan untuk pembaca. (IMA)