Konten dari Pengguna

Menabung Mampu Membuat Hidup Jadi Lebih Baik

Rakashafi Noorsy Acyutarayi
Perkenalkan nama saya Rakashafi Noorsy Acyutarayi, biasa dipanggil Raka. Saya merupakan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta jurusan Manajemen S1
11 Januari 2023 8:16 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rakashafi Noorsy Acyutarayi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber ilustrasi: PEXELS/Alesia Kozik
zoom-in-whitePerbesar
Sumber ilustrasi: PEXELS/Alesia Kozik
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sejak zaman dahulu kita selalu diajarkan untuk menabung agar nanti dikemudian hari ada hal darurat yang membutuhkan dana kita sudah siap. Sebelum lebih lanjut alangkah baiknya jika kita mengenal apa itu menabung. Menabung adalah manifestasi dari dorongan membangun masa depan karena uang tabungan jika terkumpul bisa dijadikan modal usaha. Budaya menabung kebalikan dari budaya konsumeristik, yaitu menghabiskan uang untuk belanja sesuai keinginan, bukan kebutuhan, yang penuh dengan unsur berlebihan dan menghamburkan yang dilarang Islam.
ADVERTISEMENT
Manfaat dari menabung sangatlah banyak, diantaranya yaitu:
dengan kita menabung kita akan menyisihkan uang untuk membeli keperluan yang sebenarnya kita tidak begitu butuhkan. Dengan begitu, kita hanya akan membeli barang yang benar-benar kita butuhkan dan mengajari kita untuk berhemat agar tidak boros.
Saat kita menabung, kita akan paham bahwa di kemudian hari kita tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi, oleh karena itu penting untuk menyiapkan tabungan sebagai cadangan dana apabila ada hal-hal diluar perhitungan kita yang terjadi. Kita akan paham, betapa pentingnya memiliki dana darurat untuk keuangan dibandingkan harus memakai uang tersebut untuk hal yang tidak penting.
Cara untuk menabung sendiri ada beragam, tentu saja semuanya bisa dilakukan oleh siapa saja asal ada kemauan dari diri masing-masing. Salah satu cara menabung yang sudah banyak dilakukan masyarakat adalah dengan menabung di bank. Tentu kita tau bahwa bank yang ada saat ini sudah sangat banyak dan membuat kita bingung untuk memilih menabung dimana. Dalam ajaran islam kita dituntut agar terhindar dari perbuatan riba, yang mana Allah SWT sangat tidak menyukainya dikarenakan riba dapat merugikan diri sendiri. Untuk itu di Indonesia didirikanlah bank syariah pertama kali yang bernama Bank Muamalat Indonesia (BMI).
ADVERTISEMENT
Bank Muamalat Indonesia (BMI) merupakan bank syariah yang mana Bank Muamalat merpakan bank berdasarkan syariat islam. Walau Bank Muamalat merupakan bank syariah, masyarakat Indonesia yang mayoritasnya umat muslim masih saja menabung di bank conventional, yang mana bank conventional memberikan bunga kepada nasabah dimana hal tersebut termasuk riba dalam syariat islam.