kumparan
15 Feb 2019 0:07 WIB

Rangkum 15 Februari 2019: Gunung Agung Meletus, Ibu Hamil Lawan Arus

Hujan abu yang menyelimuti lima desa di Kabaupaten Karangasem, Bali, akibat erupsi Gunung Agung menjadi pembuka Rangkum edisi ini. Simak selengkapnya.
ADVERTISEMENT
1. Erupsi Gunung Agung, 5 Desa Terpapar Hujan Abu
Hujan abu vulkanik Gunung Agung Bali . Foto: Dok. BNPB
Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi sekitar pukul 04.34 WITA pada Kamis (14/2). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat erupsi terjadi selama 3 menit 40 detik.
Erupsi itu menyebabkan terjadinya hujan abu yang menyelimuti lima desa, yaitu Desa Bug-bug, Desa Tugu Pahlawan, Desa Abang, Desa Selat, dan Desa Butus. Masyarakat diminta tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.
2. Gaji Guru Honorer di Papua Barat Belum Dibayar 4 Bulan
Seorang guru sedang mengajarkan muridnya. Foto: http://kemdikbud.go.id/
Guru honorer tingkat Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Papua Barat belum menerima gaji selama empat bulan sejak Oktober 2018. Ombudsman mendesak Dinas Pendidikan (Disdik) Papua Barat segera membayar tunggakan gaji tersebut.
ADVERTISEMENT
Asisten Bidang Pengawasan Ombudsman Papua Barat, Yunus Kaipman, mengatakan gaji guru honorer itu belum diberikan karena Disdik Papua Barat masih melakukan verifikasi ulang guru-guru di 13 kabupaten/kota. Namun, dia menyebut pembayaran gaji itu akan dilakukan pada akhir Februari atau awal Maret 2019.
3. Acara 'Salat Jumat Bareng Prabowo' Ditolak Pengurus Masjid Agung Semarang
Masjid Kauman Semarang. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Ketua Takmir Masjid Agung Semarang, Kiai Haji Hanief Ismail, menolak acara 'Salat Jumat Bareng Prabowo' yang akan diadakan di Masjid Agung Semarang pada Jumat (15/2). Hanief menilai kegiatan itu akan menjadi bentuk politisasi ibadah. Dia juga keberatan dengan banyaknya atribut kampanye Prabowo-Sandi di sekitar masjid.
Spanduk capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di depan masjid Kauman Semarang. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Dahnil Azhar, membantah acara tersebut ada dalam jadwal kegiatan Prabowo. Dahnil mengatakan Prabowo hanya akan salat Jumat di masjid yang dekat dengan lokasinya berkampanye. "Bila lokasi terdekat nanti adalah Masjid Agung tersebut, ya beliau akan salat di situ, dan tidak ada yang bisa melarang Pak Prabowo untuk salat di situ," ujarnya.
ADVERTISEMENT
4. Ibu Hamil di NTT Lawan Deras Arus Sungai untuk Melahirkan
Video
Yasinta Wea, seorang ibu hamil di Desa Alorawae, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, nekat menyeberangi Sungai Lowo Sesa untuk bisa melahirkan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Boawae. Puskesmas itu berjarak sekitar 20 kilometer dari rumahnya.
Dalam sebuah rekaman video, tampak upaya Yasinta menyeberangi Sungai Lowo Sesa dengan dibantu dua orang laki-laki yang merupakan petugas kesehatan dan warga setempat. Ketinggian air sungai itu tampak mencapai dada mereka.
------------------
Ikuti terus Rangkum edisi lainnya di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan