Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Rangkum 25 Mei 2018: Tegal hingga Semarang Kebanjiran

Banjir rob menerjang wilayah Tegal dan Semarang, Jawa tengah. Jalanan di sekitar Terminal Terboyo, misalnya, macet total bahkan nyaris lumpuh. Itu dua dari banyak peristiwa penting yang terjadi sepanjang Kamis (24/5). Kami pilihkan untuk Anda.

1. Erma Suryani Resmi Gantikan Benny K. Harman di Kursi Ketua Komisi III DPR

Wakil Ketua Komisi III (Demokrat), Benny K Harman. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

Komisi III DPR melakukan pergantian pimpinan komisi dari unsur Fraksi Partai Demokrat. Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III dijabat oleh Benny K. Harman akan digantikan oleh Erma Suryani Rani. Benny mundur dari posisi tersebut karena maju di Pilkada Nusa Tenggara Timur.

2. KPK Tetapkan Bupati Buton Selatan Sebagai Tersangka

Bupati Buton Selatan, Agus Faisal Hidayat putra. (Foto: Facebook @Agus Feisal Hidayat)

Bupati Buton Selatan, Agus Faisal Hidayat, ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Ia diduga menerima suap hingga Rp 409 untuk memenangkan perusahaan kontraktor PT Barokah Batauga Mandiri dalam proyek-proyek di Pemkab Buton Selatan.

3. Motor Terperosok Lubang Galian di Bundaran Senayan, Pengemudi Selamat

Motor terperosok di Bundaran Senayan (Foto: TMC Polda)

Insiden kecelakaan tunggal terjadi di Senayan, Jakarta Selatan. Sebuah motor yang dikendarai pria paruh baya masuk ke saluran air. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

4. Banjir Besar di Kaligawe Semarang, Lalin Nyaris Lumpuh

Banjir Besar di Kaligawe, Semarang (Foto: dok. Istimewa)

Banjir rob menerjang kawasan Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah, sejak Rabu malam (23/5). Tinggi air yang menggenangi kawasan tersebut berkisar 20-50 cm. Genangan tersebut terjadi di depan kampus Universitas Sultan Agung hingga Terminal Terboyo.

Menurut Joko, salah satu penjual aneka makanan yang biasa mangkal di kawasan tersebut, banjir kali ini cukup besar. "Kalau mau masuk ke kawasan industri (Kawasan Industri Terboyo) sudah enggak bisa. Banjirnya setinggi jok (motor). Saya barusan lewat depan sana," ujarnya.

5. Tolak Tambang Emas, 46 Warga Simpang Tonang di Sumatra Barat Ditangkap, Diduga Ada Penganiayaan

Penganiayaan Masyarakat Adat Simpang Tonang (Foto: Langkan)

Aparatur TNI, Polri, dan Satpol PP Kabupaten Pasaman diduga melakukan kekerasan kepada 46 warga Simpang Tonang, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman, pada Rabu dini hari (23/5). Diduga ini terkait penolakan berdirinya PT Inexco Jaya Makmur di atas tanah masyarakat adat.

6. Penunggak Utang Dipampang Fotonya di Layar Bioskop China

Bioskop di China tayangkan wajah pengutang (Foto: Youtube AB TV)

Pemerintah di sebuah kota di China punya cara unik untuk mempermalukan orang-orang yang tidak membayar utang mereka. Foto-foto para penunggak utang ini dipampang di layar bioskop sebelum film diputar.

Dikutip dari South China Morning Post, cara ini dilakukan oleh pemerintah kota Hejiang, provinsi Sichuan, pekan lalu. Dinamakan "Daftar yang Dipermalukan", diharapkan cara ini bisa mendesak para penunggak untuk segera melunasi utang mereka.

Sebelum foto dipampang, ada animasi singkat yang mengatakan kepada penonton "lihatlah laolai ini". 'Laolai' adalah julukan bagi pengutang yang tidak membayar utang mereka lewat tenggat waktu.

7. Altantuya "Bangkit dari Kubur" untuk Menghantui Najib Razak

Model Altantuya Shaariibuu. (Foto: Facebook)

Model asal Mongolia, Altantuya Shaariibuugiin, tewas dibunuh dengan cara sadis pada Oktober 2006. Menurut laporan polisi kala itu, wanita 28 tahun itu ditembak dua kali sebelum jasadnya dimusnahkan dengan diledakkan menggunakan bom C-4 kelas militer.

Diduga, pembunuhan Altantuya adalah upaya menutupi kasus korupsi pembelian kapal selam Prancis yang melibatkan Najib Razak yang ketika itu menjabat Menteri Pertahanan Malaysia. Najib tentu saja membantahnya. Ketika dia menjadi PM sejak 2008, kasus ini menguap.

Ikuti Rangkum edisi lainnya di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53