kumparan
6 Agu 2018 3:24 WIB

Rangkum 6 Agustus 2018: Edisi Sepekan, Nusa Tenggara Berduka

Nusa Tenggara berduka. Hutan Gili Lawa, di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur terbakar seluas 10 hektare karena kelalaian kru foto prewedding yang menyalakan bunga api pada Kamis (2/8). Selain itu, Nusa Tenggara Barat diguncang gempa 7 magnitudo yang menyebabkan tsunami setinggi setengah meter dan menewaskan 82 orang pada Minggu (5/8).
ADVERTISEMENT
Selain dua berita di atas, ada empat berita lainnya yang masuk ke Rangkum edisi sepekan, mulai dari 30 Juli - 5 Agustus 2018. Berikut berita selengkapnya.
1. Polemik SARA Beasiswa Mahasiswi IPB
Arnita Rodelina Turnip, mahasiswi IPB yang beasiswanya dicabut Pemkab Simalungun (Foto: Dok. Arnita Rodelina Turnip)
Beasiswa mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB), Arnita Rodelia Turnip, diduga dicabut oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, karena pindah agama. Dalam surat pemberhentiannya tidak ada penjelasan mengapa beasiswanya dicabut sehingga Arnita mengklaim tindakan Pemkab Simalungun terkait SARA.
Kini pemerintah Kabupaten Simalungun mengaktifkan kembali status Arnita sebagai penerima beasiswa di IPB. Selain itu, Pemkab Simalungun juga telah membayar lunas biaya kuliah Arnita yang menunggak selama lima semester. Arnita bisa kembali kuliah di IPB pada 1 September 2018.
2. Rizal, Juara Lari yang Tak Punya Sepatu
Tak mampu beli sepatu, Ahmad Rizal Akbar tetap juara satu (Foto: Dok. Panturapost)
Ahmad Rizal Akbar, siswa SMP Islam FQ Wonokerto Kabupaten Pekalongan, membuktikan keterbatasannya dalam ekonomi tidak menghalanginya meraih prestasi. Ia berhasil merebut juara pertama dalam Pekan Olahraga dan Seni Maarif NU Nasional (Porsemanas) I di Malang Jawa Timur dalam kategori lari 1.000 meter walau tidak mengenakan sepatu.
ADVERTISEMENT
Setelah cerita Ahmad yang menang tanpa mengenakan alas kaki tersebar, Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan berkunjung ke rumahnya. Bukan hanya sekadar mengucapkan selamat, Wawan juga memberikan bantuan berupa sepatu lari, sepatu bola, bola, perlengkapan sekolah, tas, sembako, beras, dan uang.
3. Tiang Listrik di Jalur Sepeda
Jalur sepeda di sekitar GBK terhalang tiang listrik dan lampu penerang jalan di Jalan Asia Afrika (Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan)
Jalur sepeda sepanjang Stadion Gelora Bung Karno (GBK) terhalang oleh beberapa tiang listrik dan lampu penerangan jalan. Ada sekitar 13 tiang yang menghalangi jalur sepeda itu, bahkan jarak antara tiang yang satu dan yang lain cukup berdekatan.
Kini beberapa tiang di dekat gate 10 GBK dan Jalan Asia-Afrika sudah dirobohkan. Pembongkaran tersebut dilakukan oleh Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Jakarta Pusat pada Rabu (1/8).
ADVERTISEMENT
4. Pulau Komodo Terbakar
Kondisi kebakaran di Gili Lawa, Nusa Tenggara Timur (2/8). (Foto: Twitter @fabulousbahtiar)
Kebakaran melanda kawasan Taman Nasional Komodo. Tepatnya, di lahan hutan Gili Lawa Darat, kawasan Labuhan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis malam (2/8).
"Ini unsur kesengajaan atau tidak kita belum tahu, tapi mungkin kelalaian karena menggunakan foto prewedding pakai bunga api," ujar peneliti flora fauna, Kefi, Jumat (3/8).
5. Kacau Balau Penguji Pilot Tukang Nyabu
Barang bukti sabu (Foto: Dok. Istimewa)
Captain Bayu Chandra, PNS Kementerian Perhubungan, tertangkap membawa narkoba jenis sabu-sabu di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (2/8). Ironisnya, Bayu merupakan pilot penguji di Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) yang sedang bertugas di Bawah Kendali Operasi pilot Batik Air.
Dari tangannya, polisi menyita sebuah klip sabu siap pakai seberat 0,8 gram, alat hisap sabu (bong), dan 2 unit handphone. Sabu tersebut merupakan bagian dari suap agar bisa mendapat lisensi penerbangan. Bayu ditangkap bersama dengan seorang pilot dari maskapai Bangladesh yang berinisial GSH.
ADVERTISEMENT
Rangkum Minggu, 5 Agustus 2018
1. Lombok Diguncang Gempa 7 Magnitudo
Pasien terlihat di luar rumah sakit setelah gempa di Denpasar, Bali. (Foto: REUTERS/Johannes P. Christo)
Gempa bumi berkekuatan 7 magnitudo menggetarkan Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada pukul 18:46 WIB. Hingga pukul 20.00 WIB terjadi 27 gempa susulan dan mengakibatkan tsunami setinggi setengah meter. Gempa ini terasa sampai ke Bali dan menyebabkan beberapa kerusakan.
Bandara, rumah, pura, masjid, gereja, pusat perbelanjaan, hingga diler mobil rusak parah akibat gempa. Warga panik dan memilih berisitirahat di ruang terbuka, pasien di Bali pun dievakuasi ke luar rumah sakit. Sampai saat ini, 82 orang dinyatakan tewas.
2. Senam Poco-poco Masuk Guinness Book of Records
Pemecahan Rekor Dunia Menari Poco-Poco di Monas. (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Senam poco-poco masuk Guinness Book of Records, rekor ini dipecahkan oleh 65 ribu peserta yang menarikan poco-poco di Silang Monas, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo hingga Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta pejabat lainnya ikut memeriahkan acara ini.
ADVERTISEMENT
Para penari kompak menggunakan atribut berwarna merah putih yang bertuliskan Asian Games 2018. Menurut Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, pemecahan rekor dunia ini memantapkan poco-poco milik Indonesia.
Baca Rangkum lainnya, di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan