Pencarian populer

5 Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Anda Cepat Tua

Ilustrasi menjadi tua (Foto: chatelaine.com)

Menjadi tua memang kodrat manusia. Namun, tak sedikit yang berusaha untuk mempertahankan kondisi tubuh yang terus muda. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, waspadalah! Beberapa kebiasaan bisa bikin tubuh Anda lebih cepat tua.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, inilah beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa bikin Anda lebih cepat tua:

1. Sering begadang

Ilustrasi Insomnia (Foto: Unsplash)

Akibat beberapa alasan, Anda mungkin harus menghabiskan malam dengan begadang. Jika hanya sesekali, begadang mungkin tidak akan membawa dampak buruk. Akan tetapi, jika dilakukan terlalu sering, begadang (kurang tidur) dihubungkan dengan penurunan harapan hidup seseorang.

“Jumlah waktu tidur yang optimal adalah 7-8 jam sehari. Kurang tidur tak hanya membuat tubuh Anda lebih cepat tua, tetapi juga dapat menyebabkan Anda kelelahan di siang hari sekaligus sulit berkonsentrasi,” kata dr. Nadia.

2. Hobi makan atau minum manis

Ilustrasi makanan dan minuman (Foto: Wikimedia Commons)

Tak bisa lepas dari makanan atau minuman bersifat manis? Siap-siap untuk bentuk tubuh yang lebih besar, dan kondisi kulit yang terlihat lebih tua.

“Gula di dalam darah akan berikatan dengan protein dan membentuk AGE atau advanced glycation end products. Semakin banyak gula yang dikonsumsi, semakin banyak pula AGE yang terbentuk. Ini bisa merusak protein di sekitarnya, seperti kolagen dan elastin (dibutuhkan kulit untuk tetap kencang dan elastis). Akibatnya, Anda akan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya,” jelas dr. Nadia.

3. Terlalu lama nonton TV

Ilustrasi anak nonton FTV (Foto: Shutterstock)

“British Journal of Sports Medicine melaporkan, setiap 4 jam waktu yang dihabiskan duduk di depan TV akan mengurangi harapan hidup sebesar 22 menit,” ungkap dr. Nadia

Bahkan, lanjut dr. Nadia, orang yang duduk nonton TV selama 6 jam per hari, usia harapan hidupnya akan berkurang 5 tahun. Hal ini berkaitan dengan tubuh yang tidak bergerak aktif ketika duduk atau berbaring menonton TV.

4. Stres

Ilustrasi stres (Foto: Thinkstock)

Pekerjaan, kemacetan, dan perkara hidup lainnya bisa membuat stres lebih mudah datang. Jika keadaan ini terjadi berlanjut, tekanan darah akan meningkat dan sistem kekebalan tubuh akan menurun.

“Stres berkepanjangan juga dapat meningkatkan risiko pengerasan pembuluh darah dan pengecilan otak, yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan fungsi berpikir sebelum waktunya,” tutur dr. Nadia.

5. Tidak makan lemak sama sekali

com-Makanan berlemak (Foto: Thinkstock)

Lemak adalah musuh yang harus dijauhi, itulah pemikiran yang mungkin dimiliki oleh Anda yang sedang diet. Tahukah Anda bahwa pemikiran seperti itu adalah keliru? Ya, tidak semua lemak adalah musuh dan harus dijauhi, sekalipun Anda sedang diet.

“Lemak baik seperti omega-3 pada ikan salmon dan makerel, serta kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung, otak dan kulit. Dengan mengonsumsi lemak sehat itu, tubuh Anda juga akan terlihat awet muda,” jelas dr. Nadia.

Academy of Nutrition and Dietetics, America Serikat, menyarankan Anda untuk mengonsumsi ikan berlemak setidaknya dua kali dalam seminggu.

Mana dari kebiasaan di atas yang hingga saat ini masih Anda lakukan? Yuk, tinggalkan perlahan-lahan agar Anda tidak cepat tua. Anda ingin selalu tampil aktif dan berenergi, bukan?

(RH)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: