Pencarian populer
USER STORY
31 Juli 2018 15:17 WIB
0
0
Ingin Sperma Anda Sehat? Konsumsi 5 Makanan Ini
Apa pun yang Anda makan akan memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan sperma. Ingin tahu makanan yang tepat demi sperma yang sehat?
KlikDokter.com — Apakah Anda pasangan suami istri yang hingga kini belum memiliki anak? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena sperma suami yang kurang sehat. Sebetulnya ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kesehatan dan kesuburan sperma, tapi ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk demi kesehatan sperma Anda.
Daripada sembarangan mengonsumsi obat-obatan atau suplemen untuk penunjang kesehatan dan kesuburan sperma, lebih baik dahulukan cara alami dengan mengonsumsi lima jenis makanan di bawah ini:
1. Tiram (oyster)
“Tiram merupakan jenis makanan laut yang kaya akan kandungan zink, yang mana sperma juga mengandung zink. Dengan mengonsumsi tiram, otomatis produksi sperma dapat meningkat. Selain itu, kandungan mineral zink dalam tiram memiliki efek antivirus,” papar dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.
Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa asupan zink yang rendah berkaitan dengan infertilitas pria. Tak hanya itu, meski prosesnya belum jelas, tapi ada penelitian yang menemukan bahwa zink berperan besar dalam sistem imun, termasuk dalam penyembuhan luka.
2. Kacang-kacangan
Dikatakan juga oleh dr. Alvin, kacang-kacangan dapat meningkatkan jumlah sperma. Selain itu, pola makan yang kaya akan kacang-kacangan, seperti pola makan khas Mediterania, juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit vaskular.
Mengonsumsi kacang berkaitan dengan perbaikan dari kadar kolesterol darah berdasarkan data analisis dari 25 penelitian yang dipublikasikan pada bulan Mei 2010 dalam jurnal “Archives of Internal Medicine”.
Salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi adalah kacang almond. “Kacang ini dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh akibat dampak stres. Ini karena kandungan zink dalam kacang ini sangat banyak,” kata dr. Alvin.
Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi biji labu, kacang mete, biji bunga matahari, juga tahu dan tempe yang merupakan sumber zink yang juga baik bagi tubuh.
3. Ikan salmon
Makanan yang kaya protein diketahui dapat meningkatkan sperma. Jadi, makanan seperti ikan salmon yang kandungan proteinnya tinggi sangat baik untuk kesehatan sperma. Selain salmon, makanan yang juga kaya protein adalah daging olahan.
Tak hanya tinggi protein, dr. Alvin juga mengatakan bahwa ikan salmon merupakan sumber omega-3 yang tinggi, yang berguna untuk mencegah kolesterol di pembuluh darah serta membantu melindungi jantung terhadap kelainan irama jantung.
Jadi, dengan mengonsumsi ikan salmon, tak hanya sperma sehat yang Anda dapat, tapi juga manfaat kesehatan lain seperti memiliki kadar kolesterol yang baik dalam tubuh.
4. Bawang putih
Meski banyak orang lebih memilih untuk menghindari bawang putih karena dianggap bisa menciptakan aroma tak sedap, tapi ternyata jenis makanan ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan, termasuk pada vitalitas dan sperma .
“Bawang putih dapat meningkatkan aliran darah ke alat genital dan meningkatkan kekuatan sperma. Selain itu, bawang putih juga kaya akan vitamin B6 dan selenium yang berguna untuk kesehatan sperma. Selenium dan beberapa mineral lain dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu selenium juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit,” dr. Alvin menjelaskan.
5. Dark chocolate
Ya, cokelat tak hanya enak tapi juga kaya manfaat bagi kesehatan. Jika Anda dan pasangan sedang dalam program hamil, jangan ragu untuk mengonsumsi dark chocolate. Menurut dr. Alvin, dark chocolate kaya akan L-Arginin HCL, jenis asam amino yang dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah dan volume sperma.
Selain dengan mengonsumsi lima jenis makanan di atas, secara umum diet yang baik untuk kesehatan sperma adalah diet yang rendah lemak, tinggi protein, gandum, dan sayuran. Selain menerapkan pola makan sehat, kunci untuk kesehatan sperma adalah menghindari atau mengelola stres dan berolahraga secara teratur.
[RN/ RH]
Baca selengkapnya klik di sini
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: