kumparan
19 Desember 2018 11:20

4 Trik Campurkan Bahan Alami dengan Cuka Apel untuk Basmi Ketombe

PortalMadura.Com - Meski aroma asamnya menusuk hidung, manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh sudah dikenal sejak lama. Selain bisa membantu mengatasi masalah hipertensi dan memperkuat imunitas tubuh, kandungan vitamin dan mineral dalam cukap apel juga mampu menyehatkan kulit, mulai dari mencegaah jerawat hingga mengatasi masalah ketombe di kulit kepala.
ADVERTISEMENT
Ketombe merupakan permasalahan rambut yang mengganggu penampilan. Bagaimana tidak, ketombe bisa mengurangi kepercayaan diri saat ia terlihat di rambut, bahkan juga jatuh ke baju. Untuk menghilangkannya, Anda membutuhkan perawatan khusus agar bakteri di permukaan kulit kepala ini tidak muncul kembali. Salah satunya keramas menggunakan bahan alami cuka apel.
Lantas seperti apa caranya? Berikut empat trik basmi ketombe menggunakan cuka apel dan mencampurnya dengan bahan-bahan alami.
Cuka apel dan air
Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan air untuk menghilangkan ketombe. Ambil satu sendok cuka apel dan larutkan dalam satu mangkok air. Siramkan pada rambut yang berketombe. Selanjutnya bilas rambut dengan air hangat hingga bersih. Lihat sendiri hasilnya ketombe pada rambut perlahan menghilang.
ADVERTISEMENT
Jus lemon
Ambil setengah sendok cuka apel kemudian campurkan dengan dua sendok jus lemon. Aplikasikan formula ini pada kulit kepala Anda dan pijat dengan lembut menggunakan jari. Diamkan di kulit kepala selama 15-20 menit dan bilas rambut hingga bersih. Terakhir cuci rambut menggunakan sampo untuk menghilangkan aroma cuka apel pada rambut.
Baking soda
Campuran cuka apel dengan baking soda dipercaya ampuh menghilangkan ketombe. Ambil setengah sendok baking soda kemudian campurkan dengan satu sendok teh cuka apel dan dua sendok makan minyak kelapa. Aplikasikan pada kulit kepala dan pijat dengan lembut. Kemudian bilas rambut Anda dengan sampo yang biasa digunakan.
Aloe Vera
Gunakan campuran cuka apel dengan aloe vera sebagai ramuan penghilang ketombe. Ambil dua sendok makan gel aloe vera dan campurkan dengan setengah sendok teh cuka apel. Aplikasikan pada kulit kepala kemudian biarkan selama 20-25 menit. Setelah itu bilas rambut Anda menggunakan air hangat dan sampo.(fimela.com/Nurul)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan