Entertainment
·
11 Juni 2021 18:14
·
waktu baca 2 menit

3 Dampak Buruk Kurangnya Komunikasi Dalam Hubungan

Konten ini diproduksi oleh Relationship Goals
Komunikasi adalah jantung dari hubungan. Mungkin berkomunikasi dengan baik terlihat mudah tetapi tidak. Hubungan bisa tentang berbagai hal. Tetapi bagi banyak orang, hubungan adalah tentang komunikasi. Itu sebabnya kalian berdua akhirnya bersama.
3 Dampak Buruk Kurangnya Komunikasi Dalam Hubungan (330852)
Foto: Unsplash
Jadi, jika ada kurangnya komunikasi dalam suatu hubungan, apa yang terjadi pada kalian dan apa yang terjadi pada hubungan itu? Ketika kalian harus berjuang untuk berkomunikasi, keajaiban dengan cepat menghilang. Mengutip Your Tango, berikut 3 dampak buruk jika komunikasi berkurang dalam suatu hubungan.
ADVERTISEMENT
1. Tertutup Satu Sama Lain
3 Dampak Buruk Kurangnya Komunikasi Dalam Hubungan (330853)
Foto: Unsplash
Terkadang, mungkin kamulah yang tidak berkomunikasi. Di lain waktu, pasangan kamu adalah orang yang cuek. Namun seringkali, kurangnya komunikasi ini disebabkan oleh kedua belah pihak. Hal tersebut disebabkan oleh gaya komunikasi yang berbeda dan apa yang kalian yakini sebagai komunikasi.
Misalnya, beberapa orang merasa penting untuk membicarakan segala sesuatu, sedangkan yang lain telah belajar untuk menyimpan sesuatu untuk diri sendiri. Seiring waktu, perbedaan sederhana ini, jika tidak dikenali, dapat menyebabkan penutupan di kedua sisi.
2. Mempengaruhi Kesehatan
3 Dampak Buruk Kurangnya Komunikasi Dalam Hubungan (330854)
Foto: Unsplash
Kurangnya komunikasi dapat memiliki konsekuensi yang memengaruhi lebih dari sekadar hubungan. Hal itu juga dapat memengaruhi kesehatan. Tidak ada komunikasi artinya koneksi terputus. Cara kamu membuat satu sama lain tertawa, kata-kata penghiburan yang kamu bagikan saat kesal, semuanya lenyap.
ADVERTISEMENT
Namun, di lain waktu, kurangnya komunikasi sebenarnya karena berkomunikasi dengan cara yang salah. Pola komunikasi negatif menggantikan cara kalian terhubung dan menciptakan keintiman hingga akhirnya berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.
Hal-hal seperti tidak didengarkan, pasif-agresif, atau banyak konflik menciptakan situasi di mana kamu merasa tidak dihargai. Jika kamu terus-menerus perlu membela diri ini dapat menyebabkan stres dan kecemasan.
3. Mencari Kenyamanan dengan Orang Lain
3 Dampak Buruk Kurangnya Komunikasi Dalam Hubungan (330855)
Foto: Unsplash
Terakhir, kamu atau pasangan akan mencari kenyamanan dan komunikasi di tempat lain. Hal tersebut dikarenakan satu sama lain tidak bisa memberikan kenyamanan dalam komunikasi, sedangkan kalian berdua benar-benar segera butuh kenyamanan. Setelah kerinduan ini ditangani di tempat lain atau dengan orang lain, maka itu adalah akhir dari hubungan kalian.
ADVERTISEMENT
Jika kalian berdua ingin terus mempertahankan hubungan, ada baiknya sejak awal menyadari jika komunikasi itu penting dan bersedia memperbaiki jika suasana semakin memburuk. Kalian berdua juga perlu mengalihkan pertanyaan dari "Apa pengaruh kurangnya komunikasi terhadap suatu hubungan?" ke "Bagaimana kita bisa berkomunikasi lebih baik sehingga hubungan kita membuat kita bahagia?"