Entertainment14 Mei 2020 15:01

5 Alasan Kamu Enggak Boleh Kehilangan Jati Diri Hanya karena Cinta

Konten kiriman user
5 Alasan Kamu Enggak Boleh Kehilangan Jati Diri Hanya karena Cinta  (752665)
Ilustrasi self-love. Foro: Unsplash
Cinta memang butuh pengorbanan dan kompromi antara pasangan. Tapi bukan berarti kamu harus kehilangan jati dirimu hanya demi cinta. Kamu masih bisa menjadi diri sendiri saat mencintai orang lain.
ADVERTISEMENT
Sesulit apa pun mendapatkan cintanya, kamu enggak boleh memaksa dirimu menjadi orang lain untuk mendapat perhatiannya. Melansir dari Bolde, berikut ini alasan mengapa kamu enggak boleh kehilangan jati dirimu karena cinta.
1. Menjadi Diri Sendiri Itu Enggak Mudah
5 Alasan Kamu Enggak Boleh Kehilangan Jati Diri Hanya karena Cinta  (752666)
Ilustrasi self-love. Foro: Unsplash
Kamu sudah berjuang sangat keras untuk bisa menjadi dirimu sendiri seutuhnya. Mengenali diri sendiri bukan hal mudah, dan kamu enggak boleh menyerah hanya karena seorang pria yang belum kamu kenal lama. Bahkan jika kamu sudah memiliki pasangan, kebahagiaanmu juga wajib diprioritaskan.
2. Kamu Boleh Membuka Hati untuk Hubungan yang Baru tapi Jangan Mengorbankan Jati Dirimu
5 Alasan Kamu Enggak Boleh Kehilangan Jati Diri Hanya karena Cinta  (752667)
Ilustrasi self-love. Foro: Unsplash
Kamu tahu siapa dirimu, apa yang kamu butuhkan dan inginkan. Meskipun cita-citamu berubah-ubah seiring bertambahnya usia dan kedewasaan, tapi kamu enggak boleh kehilangan jati dirimu hanya untuk seorang pria.
ADVERTISEMENT
Kamu boleh belajar hal-hal baru dan membuka diri untuk orang baru di hidupmu, tapi hubungan cinta yang baik haruslah saling menyeimbangkan dan jangan sampai menyerah untuk sesuatu hal yang kamu cintai.
3. Belajar dari Pengalaman
5 Alasan Kamu Enggak Boleh Kehilangan Jati Diri Hanya karena Cinta  (752668)
Ilustrasi self-love. Foro: Unsplash
Kamu mungkin telah kehilangan jati dirimu di hubungan-hubungan sebelumnya. Berkelana terlalu jauh untuk membuat pasanganmu bahagia, tentu ini melelahkan.
Belajarlah dari pengalaman, jangan sampai kamu mengenyampingkan kebahagiaan hidupmu hanya demi orang lain yang belum tentu pantas mendapat waktu, energi dan usahamu.
4. Pasangan yang Baik akan Menghargai Kelebihan dan Kekuranganmu
5 Alasan Kamu Enggak Boleh Kehilangan Jati Diri Hanya karena Cinta  (752669)
Ilustrasi pasangan. Foro: Unsplash
Jika benar orang yang kamu cintai itu tepat untukmu, ia seharusnya menghargai setiap perbedaan termasuk kekurangan dan hal-hal yang enggak kamu sukai. Jika dia tidak demikian, maka ia bukan orang yang tepat untukmu.
ADVERTISEMENT
Dalam hubungan, ada beberapa hal yang dilakukan bersamaan dan ada beberapa hal yang dilakukan sendiri-sendiri. Kamu dan pasanganmu harus mengerti batasan-batasan itu.
Membuatmu nyaman dengan diri sendiri dan mengizinkanmu untuk memiliki privasi dalam hubungan adalah hal terbaik dalam sebuah perjalanan cinta.
5. Jika Kamu Harus Mengorbankan Kebahagiaanmu dalam Menjalin Hubungan, Maka Itu Bukan Cinta yang Tepat Untukmu
5 Alasan Kamu Enggak Boleh Kehilangan Jati Diri Hanya karena Cinta  (752670)
Ilustrasi menangis. Foro: Unsplash
Jika hubungan yang sedang kamu jalani ini benar adanya maka kamu enggak harus merubah dirimu menjadi yang ia inginkan. Kamu mungkin membuat kesalahan dalam hubunganmu di masa lalu dengan mengabaikan kebahagiaan, mimpi, dan harapanmu untuk sesuatu yang kamu pikir adalah bagian terpenting dalam hidupmu.
Tapi kemudian kamu menyadari dari pengalaman masa lalu itu, terbukti bahwa jati dirimu dan kebahagiaanmu adalah yang terpenting dari segalanya. Hubungan yang paling kuat bukan hubungan cintamu dengan pasangan tapi hubunganmu dengan diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white