Food & Travel
·
6 Februari 2018 18:18

Kyaraben hingga Ekiben, 7 Jenis Bento Paling Populer di Jepang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kyaraben hingga Ekiben, 7 Jenis Bento Paling Populer di Jepang (972878)
searchPerbesar
Ilustrasi jenis bento. (Foto: Thinkstock)
Jika berkunjung ke Jepang, selain aneka budayanya yang unik, kreasi makanan di Negeri Sakura juga patut dicoba. Salah satunya adalah bento. Bento sendiri adalah bekal makanan khas Jepang berupa nasi dan lauk-pauk yang ditata sedemikian rupa hingga terlihat menarik.
ADVERTISEMENT
Tak seperti sekarang yang identik sebagai bekal anak-anak. Pada zaman Edo sekitar abad ke 16, bento identik dengan pertunjukkan kabuki dan noh atau drama klasik Jepang yang ditonton oleh orang dewasa. Sering disebut dengan makunouchi bento, bekal ini disajikan saat maku atau jeda pergantian layar panggung. Dan, seiring dengan perkembangan zaman, kini mulai banyak varian bento.
Terutama jenis bento yang dibentuk aneka karakter animasi yang membuat anak-anak senang untuk menyantap bento. Kyaraben adalah salah satu jenis bento yang paling populer di Jepang dan menjadi bento yang paling disukai anak-anak.
Selain kyaraben, rupanya ada enam jenis bento lainnya yang juga bisa kamu temukan di Negeri Matahari Terbit itu. Apa saja?
ADVERTISEMENT
1. Kyaraben
Kyaraben merupakan salah satu bento paling populer dan terkenal dari Jepang. Sesuai namanya, kyaraben atau character bento dibuat menyerupai karakter menggemaskan kesukaan anak-anak.
Mulai dari hewan lucu hingga tokoh dalam serial animasi Jepang dibuat menggunakan nasi, nori, telur, dan keju yang dibentuk sedemikian rupa. Biasanya kyaraben dibuat agar anak-anak semakin antusias melahap makanannya.
2. Ekiben
Jika berkunjung ke Jepang dan menggunakan transportasi umum seperti kereta atau shinkansen, kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai macam ekiben.
Sesuai namanya, eki yang berarti stasiun dan ben atau bento adalah bekal khusus yang hanya dijajakan di area stasiun saja. Berisi nasi dan lauk-pauk khas Jepang, ekiben sering dibeli sebagai bekal saat menaiki kereta dengan jarak tempuh yang jauh.
ADVERTISEMENT
Tak hanya pengganjal perut, ekiben seringkali disajikan dalam kotak makan berbentuk unik seperti miniatur shinkansen, daun maple, hingga karakter animasi.
3. Kamameshi bento
Pertama kali populer pada awal tahun 1900an lalu, kamameshi merupakan bento yang disajikan dalam periuk kelamik berdesain klasik khas Jepang. Dengan isian nasi bersama lauk daging, seafood, dan sayuran, kamameshi bento ini sangat nikmat disantap dalam keadaan hangat.
Tak hanya ditemukan di restoran Jepang, kamameshi bento juga populer sebagai bekal saat melakukan perjalanan panjang.
4. Makunouchi bento
Makunouchi bento merupakan salah satu bento yang pertama kali populer di Jepang. Telah ada sejak zaman Edo pada abad ke 16, makunouchi bento biasanya disajikan sambil menikmati pementasan drama klasik Jepang.
ADVERTISEMENT
Sekarang, makunouchi bento dapat ditemukan di restoran tradisional yang menyajikan aneka bento dan menjadi bento dengan harga mahal di Jepang.
5. Koraku bento
Dalam bahasa Jepang, koraku berarti piknik atau tamasya. Sesuai namanya, koraku bento adalah bekal yang dibawa saat piknik bersama keluarga atau orang terdekat lainnya.
Tidak seperti bento jenis lain yang disajikan untuk satu orang, koraku bento ditempatkan dalam satu kotak besar sehingga dapat disantap beramai-ramai sambil menikmati hanami atau piknik sambil melihat bunga sakura.
Sajian praktis seperti onigiri, sushi roll, dan tempura menjadi beberapa menu populer dalam koraku bento.
6. Shoukadou bento
Shoukadou bento adalah bekal yang dihidangkan dalam wadah kotak kayu bersekat. Ukuran shoukadou sendiri lebih besar dibandingkan jenis bento lainnya.
ADVERTISEMENT
Yang unik adalah shoukadou memiliki empat sekat dalam satu kotak makan sehingga lauk dan nasi tetap tapi dan tidak akan tercampur. Biasanya lauk-pauk dalam shoukadou bento lebih lengkap, mulai dari katsu atau gorengan hingga sup khas Jepang.
7. Hinomaru bento
Sesuai dengan namanya yang berarti matahari berbentuk bulat, hinomaru bento adalah bekal sederhana dengan bulatan merah dari umeboshi yang ada di tengah nasi. Pada zaman dahulu hinomaru bento melambangkan patriotisme dan disajikan untuk para tentara Jepang pada masa Perang Dunia II.
Umeboshi atau asinan buah ume khas Jepang membuat nasi menjadi lebih nikmat. Sekarang umeboshi disajikan bersama aneka lauk Jepang lainnya sebagai bekal sekolah maupun bekerja.