Entertainment
·
17 Januari 2021 13:59

6 Artis Korea Selatan yang Gemar Berdonasi hingga Miliaran Rupiah

Konten ini diproduksi oleh Review Drakor
6 Artis Korea Selatan yang Gemar Berdonasi hingga Miliaran Rupiah (120416)
Dok: OfficialYGiKON, dlwlrma, & jinusean3000
Salah satu hal positif yang bisa ditiru dari artis Korea Selatan adalah kegemaran mereka dalam kegiatan amal dan berdonasi. Tindakan ini menjadi contoh bagi para penggemar mereka untuk melakukan hal yang sama pada orang-orang di sekitar.
ADVERTISEMENT
Para artis Korea Selatan sangat jarang 'memamerkan' kegiatan amal dan donasi yang mereka berikan. Kegiatan terpuji tersebut baru akan terungkap ke publik setelah penerima donasi membocorkannya ke media.
Berikut ini enam artis Korea Selatan yang diketahui gemar berdonasi. Jumlah yang diberikan juga tak tanggung-tanggung, bahkan ada yang sampai puluhan miliar rupiah.
1. IU
6 Artis Korea Selatan yang Gemar Berdonasi hingga Miliaran Rupiah (120417)
IU. Dok: dlwlrma
Oleh penggemar, IU dijuluki sebagai 'malaikat donasi' karena sering memberikan sumbangan pada orang-orang yang membutuhkan. Untuk tahun 2020 saja, IU dilaporkan telah berdonasi sebanyak 1 miliar Won. Ini setara dengan lebih dari Rp 12 miliar untuk kurs saat ini.
2. G-Dragon
6 Artis Korea Selatan yang Gemar Berdonasi hingga Miliaran Rupiah (120418)
Dok: ygad_official
Tak banyak yang tahu kalau leader BIGBANG ini sering berdonasi. Hal ini tentu saja tak mengherankan karena ia selalu melakukannya secara diam-diam dan meminta penerima donasinya untuk tak mengungkapkannya ke publik.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 2018, ia terungkap telah menjadi donatur utama di Rumah Sakit Anak Universitas Nasional Seoul. Secara diam-diam G-Dragon secara aktif serta rutin memberikan donasi dalam jumlah besar untuk membantu biaya pengobatan dan perawatan anak-anak sejak 2011 lalu.
"G-Dragon menginginkan agar sumbangan ini bersifat pribadi dan tidak tersentuh oleh media. Karena itu kami merahasiakan ini sejak 2011 silam," ungkap direktur rumah sakit kala itu.
3. Yoo Jae Suk
6 Artis Korea Selatan yang Gemar Berdonasi hingga Miliaran Rupiah (120419)
Dok: sbs_runningman_sbs
Sudah bukan rahasia lagi kalau Yoo Jae Suk juga menjadi sosok yang dijadikan panutan para penggemarnya. Bukan hanya karena aksi kocaknya yang menghibur, Jae Suk pun kerap membuat publik kagum dengan sifatnya yang sangat dermawan.
Pria yang dijuluki dengan MC Nasional di Korea Selatan ini tak segan-segan untuk memberikan donasi dalam jumlah banyak. Pada Agustun 2020, ia diketahui menyumbang sebesar 100 juta Won (Rp 1,2 miliar) untuk kampanye bantuan darurat 2020 yang bertujuan membantu para korban kerusakan akibat banjir.
ADVERTISEMENT
4. Sean
6 Artis Korea Selatan yang Gemar Berdonasi hingga Miliaran Rupiah (120420)
Sean. Dok: jinusean3000
Nama Sean tak boleh dilupakan saat berbicara mengenai selebritas Korea Selatan yang gemar berdonasi. Anggota duo hip hop Jinusean ini disebut-sebut sebagai 'bapak donasi' di Korea Selatan karena selalu aktif dalam kampaye dan program kemanusiaan.
Ia juga merupakan orang pertama yang memulai ice bucket challenge di kalangan selebritas Korea pada tahun 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit Sklerosis Lateral Amiotrofik.
Selain itu, Sean menjadi kepala koordinator kegiatan amal di YG Entertainment. Ia sering mengajak para idola K-pop, artis, hingga staf dari agensi BLACKPINK itu untuk melakukan kegiatan amal dan berdonasi.
YG Entertainment sendiri diketahui menyisihkan 100 Won (sekitar Rp 1.200) dari setiap album yang terjual, 1 persen dari penjualan merchandise, dan 1.000 Won (Rp 12.000) dari tiap tiket konser untuk kegiatan amal. Hal ini sudah mereka lakukan sejak tahun 2008 hingga saat ini.
ADVERTISEMENT
5. Park Hae Jin
6 Artis Korea Selatan yang Gemar Berdonasi hingga Miliaran Rupiah (120421)
Dok: parkhaejin_official
Park Hae Jin menjadi salah satu aktor Korea yang diketahui gemar melakukan donasi. Mulai dari kebutuhan musim dingin briket untuk orang yang membutuhkan, korban bencana gempa, hingga menyumbang ribuan pohon di Cina.
Selama masa pendemi, ia diketahui pernah menyumbangkan 500 kacamata sekali pakai dan 1.000 masker kepada staf drama 'Old School Intern' yang dibintanginya. Ia juga berpartisipasi dalam perekaman video keselamatan tentang prosedur yang tepat sehubungan dengan COVID-19. Ia kemudian menyumbangkan semua bayaran atas penampilan dan biaya produksinya.
6. B.I
6 Artis Korea Selatan yang Gemar Berdonasi hingga Miliaran Rupiah (120422)
Dok: OfficialYGiKON
Selama masa hiatusnya dari dunia hiburan Korea Selatan, B.I memilih mendedikasikan dirinya untuk membantu sesama. Mantan leader iKON ini diketahui kerap menyumbang terkhususnya untuk anak-anak kurang mampu di panti asuhan.
ADVERTISEMENT
Tahun lalu, ia diketahui menyumbangkan 100.000 masker kepada orang-orang yang mengalami kesulitan membelinya di masa pendemi saat ini. Ia juga pernah berdonasi mendonasikan uang sebesar 200 juta won atau sekitar Rp 2,2 miliar yang digunakan untuk membeli masker dan dikirim pada penggemarnya di Korea Selatan, Jepang, Vietnam, Thailand, Filipina, Indonesia, dan negara lainnya.