Tekno & Sains
·
11 Desember 2020 2:44

Cara Pintar Untuk Hemat Listrik Dengan Bardi Extension Power Strip

Konten ini diproduksi oleh Reyne Raea
Cara pintar untuk hemat listrik, seharusnya terus digerakan secara sadar dan mandiri, karena sesungguhnya, penghematan energi listrikbukan hanya masalah biaya rekening listrik yang bisa jadi mencekik.
ADVERTISEMENT
Ada hal yang lebih penting lagi, yaitu keterbatasan sumberdaya energi listrik yang tersedia buat kita semua. Karenanya, perlu banget diadakan gerakan hemat energi dimulai dari rumah masing-masing.
Saya pribadi, semakin berusaha untuk lebih sadar akan hemat energi listrik, sejak masa pandemi ini. Ekonomi rumah tangga yang terkena dampak pandemi, membuat saya menjadi lebih bijak dalam pengeluaran keuangan, salah satunya dengan memangkas biaya listrik yang memang lumayan terasa berat dari biayanya.

Cara Pintar Menghemat Listrik

Ada beberapa cara yang saya lakukan untuk bisa menghemat listrik dengan cara pintar, selama masa pandemi ini, di antaranya adalah:
Cara Pintar Untuk Hemat Listrik Dengan Bardi Extension Power Strip (225245)
searchPerbesar
Mengurangi penggunakan alat listrik, misal mengurangi pemakaian AC, mesin cuci dan setrika. Untuk kesejukan ruangan bisa diganti dengan kipas yang memang pemakaian listriknya cenderung lebih sedikit, demikian juga dengan mesin cuci, untuk pakaian yang kecil saya pilih mencuci dengan tangan, lebih bersih dan juga menjaga serat pakaian tetap kuat, setrikapun saya lebih menerapkan Gerakan Tanpa Setrika (GTS), kecuali untuk pakaian buat resmi.
ADVERTISEMENT
Dengan mengurangi beberapa hal tersebut, pemakaian listrik jadi jauh lebih sedikit, demikian juga bayar tagihannya.
Lebih bijak dalam pemakaian listrik, banyak hal yang terlihat sepele, namun ternyata berdampak lumayan buat pemakaian listrik. Misal, dengan lupa mematikan lampu, hingga mencabut kabel charger ponsel atau semacamnya.
Karenanya, hal-hal tersebut menjadi sebuah perhatian saya untuk lebih bisa hemat pemakaian listrik.
Mengontrol pemakaian listrik dengan otomatis, ada kalanya, borosnya pemakaian listrik bukan karena faktor kesengajaan kita, lebih seringnya sih karena faktor lupa.
Khususnya bagi para ibu seperti saya. Kadang lupa cabut setrika, ketika sedang nyetrika terus ada hal lain yang mendesak. Atau kadang lupa dicabut ketika ngecharge ponsel dan sudah penuh, tapi tetap saja dibiarin terhubung dengan kabel.
ADVERTISEMENT
Selain listrik jadi lebih boros, pun juga akan berakibat fatal buat keselamatan anggota keluarga, khususnya anak-anak, hingga bisa mengakibatkan kerugian lain.
Cara Pintar Untuk Hemat Listrik Dengan Bardi Extension Power Strip (225246)
searchPerbesar
Karenanya, butuh banget yang namanya alat yang bisa mengontrol pemakaian listrik secara otomatis, seperti Bardi Extension Power Strip.

Berkenalan Dengan Bardi Extension Power Strip, Smart Power Yang Pintar Dan Aman

Bardi Extension Power Strip atau Bardi Smart Power Strip adalah stop kontak extension pintar, yang dapat dinyalakan maupun matikan secara otomatis maupun melalui aplikasi di smartphone.
Bardi Extension Power ini, dapat mengatur segala perangkat dengan daya listrik 220v dan 5v, untuk diputuskan maupun disambungkan dengan arus listrik sesuai kebutuhan.
Bardi Extension Power Strip memiliki 4 soket eu 220v, dengan max 10A tiap soket, serta terdapat pula 3 soket usb 5v, dengan 2.1A di tiap soketnya.
ADVERTISEMENT
Dan kesemuanya tersaji lengkap, dengan fitur grounding standar Eropa.
Cara Pintar Untuk Hemat Listrik Dengan Bardi Extension Power Strip (225247)
searchPerbesar
Bardi Extension Power Strip ini juga sangat mudah di pasang, kita hanya perlu menghubungkannya ke soket EU yang paling umum di Indonesia, dan istimewanya pula adalah setiap soket EU 220v nya dapat dimatikan atau nyalakan secara individu di aplikasi smartphone.

Cara Pemasangan Bardi Extension Power Strip

Adapun cara pemasangannya cukup mudah:
  • Siapkan / instal aplikasi Bardi Smart Home di android maupun IOS, setelahnya segera registrasi untuk membuat akun.
  • Hubungkan Bardi power strip pada soket listrik yang ada, lalu tekan button power selama 5 detik sampai lampu indikator berkedip untuk menghidupkan power strip.
  • Buka aplikasi Bardi Smart Home, klik add devide dan klik extension power strip.
  • Hubungkan dengan wifi yang ada, lalu klik Next pada confirm lampu berkedip.
  • Setelah terhubung, klik complete, dan kini power strip Bardi, telah siap dioperasikan melalui smartphone kita.
ADVERTISEMENT
Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat dari video ini:

Kelebihan Bardi Extension Power Strip

Adapun kelebihan dari Bardi Extension Power Strip adalah:
Lebih mudah mengontrol pemakaian listrik, karena power strip Bardi ini bisa diatur power on maupun off nya, maka kita bisa mengatur pemakaian listrik dengan lebih bijak, misal ingin men-charge ponsel, kita hanya perlu menancapkan charger ponsel kita di salah satu soketnya.
Kemudian, bisa diatur berapa lama listrik mengaliri soket tersebut hingga ponsel penuh, dan aliran listrik di soket tersebut langsung otomatis mati atau off. Jadi, tak ada lagi kisah lupa cabut charge ponsel yang mengakibatkan listrik menjadi boros.
Cara Pintar Untuk Hemat Listrik Dengan Bardi Extension Power Strip (225248)
searchPerbesar
Bisa mematikan atau menyalakan aliran listrik dari tempat lain, ini bermanfaat banget buat ibu-ibu yang mungkin lupa mencabut kabel setrika, atau mungkin lupa mematikan power utama power strip ini, yang mungkin bisa membahayakan anak-anak.
ADVERTISEMENT
Kita hanya perlu mengeceknya dari aplikasi di smartphone kita, selama terhubung dengan koneksi wifi, maka kita bisa mematikan power strip ini dari tempat lain.
Bisa memakai semua soket untuk keperluan berbeda, dengan waktu pemakaian berbeda secara otomatis, menariknya bukan hanya bisa di on off kan secara sentral alias semua soket mati, power strip Bardi ini juga bisa di on off kan setiap masing-masing soketnya.
Hal ini memungkinkan untuk kita memakai semua soket yang ada untuk misalnya buat ngecharge ponsel atau sesuatu dengan waktu pengisian yang berbeda, jadi saat satu ponsel sudah penuh, kita bisa mematikan hanya soket dari charge ponsel tersebut, sedangkan soket lainnya masih on.
Keren kan, dan yang paling menarik dari semuanya adalah, semua hal yang kita kontrol dari smartphone tersebut, bisa juga kita kontrol melalui suara, karena Bardi Extension Power Strip bisa terkoneksi dengan Siri, Alexa maupun Google Home.
Cara Pintar Untuk Hemat Listrik Dengan Bardi Extension Power Strip (225249)
searchPerbesar
So, menghemat listrik terasa begitu mudah dan menyenangkan bukan?
ADVERTISEMENT

Tentang Bardi Smart Home

Bardi Smart Home adalah sebuah brand lokal yang fokus mengembangkan berbagai macam produk smart home untuk pasar Indonesia .
Selain Bardi Extension Power Strip, masih banyak produk canggih lainnya, yang diciptakan untuk kenyamanan dan kepraktisan gaya hidup masa kini.
Salah satunya adalah Bardi Smart Indoor Static IP Camera, sebuah kamera keamanan indoor yang mungil dan pintar.
Selengkapnya bisa dilihat pada websitenya https://bardi.co.id/
Atau melalui akun instagramnya @bardismarthome
Sumber : pengalaman pribadi dan website bardi.co.id
Gambar : dokumen pribadi
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020