Konten dari Pengguna

Sejarah Hieroglif dan Bahasa Mesir Kuno

Ahmad Reza Farrasy
Mahasiswa Universitas Pamulang Sistem Informasi
11 Mei 2023 10:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ahmad Reza Farrasy tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://www.pexels.com/
zoom-in-whitePerbesar
https://www.pexels.com/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hieroglif adalah sistem penulisan yang digunakan dalam bahasa Mesir Kuno. Sistem penulisan ini menggunakan gambar-gambar atau simbol-simbol untuk merepresentasikan kata-kata dan konsep-konsep dalam bahasa Mesir Kuno.
ADVERTISEMENT
Hieroglif secara harfiah berarti "tulisan suci" dalam bahasa Yunani, karena awalnya digunakan untuk menulis teks-teks keagamaan dan ritus-ritus keagamaan Mesir Kuno.
Bahasa Mesir Kuno adalah salah satu bahasa tertua di dunia dan dipercaya berasal dari sekitar 3200 SM. Awalnya, bahasa ini hanya digunakan secara lisan dan tidak memiliki sistem penulisan formal. Namun, sekitar 3100 SM, orang Mesir mulai menggunakan sistem penulisan hieroglif.
Hieroglif terdiri lebih dari 700 simbol yang mewakili kata-kata, frasa, dan konsep-konsep yang berbeda dalam bahasa Mesir Kuno. Simbol-simbol ini dapat digambar dari kiri ke kanan, dari kanan ke kiri, atau dari atas ke bawah, tergantung pada arah bacaan.
https://www.pexels.com/.
Sistem penulisan hieroglif digunakan selama ribuan tahun di Mesir Kuno dan menjadi sangat penting bagi perkembangan kebudayaan dan sejarah Mesir. Banyak dokumen-dokumen penting, seperti prasasti batu, papyrus, dan dinding piramida, di tulis dalam hieroglif.
ADVERTISEMENT
Pada akhirnya, bahasa Mesir Kuno dan hieroglif digantikan oleh bahasa Arab dan bahasa-bahasa modern di Mesir pada abad ke-7 Masehi. Namun, hieroglif masih menjadi bagian penting dari sejarah dan kebudayaan Mesir Kuno dan menjadi subjek penelitian akademis yang aktif hingga saat ini.

Dekode Hieroglif

Dalam abad ke-19, para ahli mulai berhasil memecahkan kode hieroglif. Mereka menemukan bahwa hieroglif adalah sistem penulisan logografis, artinya simbol-simbol yang digunakan merepresentasikan bunyi atau suku kata tertentu dalam bahasa Mesir Kuno.
Meskipun banyak yang telah dipahami tentang hieroglif dan bahasa Mesir Kuno, masih ada banyak teks dan dokumen yang belum dipahami sepenuhnya. Para ahli terus bekerja untuk memecahkan misteri hieroglif dan memahami kebudayaan dan sejarah Mesir Kuno yang lebih baik.
ADVERTISEMENT