Kopi Timor Kopi Yang Nikmat

Reza Reflusmen Jr
Diplomat. Pernah bertugas di Karachi, Pakistan dan Bucharest, Rumania. Gemar berita olahraga. Sesdilu ke-61. Tidak sabar menanti Asian Games 2018.
Konten dari Pengguna
24 Agustus 2018 9:23 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Reza Reflusmen Jr tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kopi Timor Kopi Yang Nikmat
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia memiliki kekayaan jenis kopi. Sejak minum kopi menjadi suatu gaya hidup, beragam jenis kopi daerah di Indonesia muncul dan dikenal seantero nusantara. Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi yang ternyata menghasilkan kopi-kopi nikmat.
ADVERTISEMENT
Perjalananan peserta Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (Sesdilu) Angkatan ke-61, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) ke Kabupaten Belu, NTT pada tanggal 14-18 Agustus 2018 membawa penulis mengenal kopi dari Pulau Timor. Nongkrong bersama rekan sejawat di XPresso Café di Jalan Dr. G. A. Siwabessy, Atambua dan menyeruput kopi lokal ternyata sangat membekas karena harum dan nikmatnya kopi yang kami cicipi.
“Ini kopi lokal asli Atambua,” ujar Maria, yang melayani kami di café malam itu. Dia menyebutkan bila kopi lokal dapat dibeli di pasar yang tak jauh dari tempat kami minum.
Setelah sedikit riset lokasi, penulis menemukan bahwa tak jauh dari Jalan Dr. G. A. Siwabessy terdapat Pasar Rakyat Atambua yang terletak di Jalan Adam Malik. Pada suatu pagi usai sarapan sepiring nasi jagung di dekat pasar, penulis dan seorang rekan jalan santai ke pasar. Tak sulit menemukan pasar rakyat tersebut karena memang mudah ditemukan.
ADVERTISEMENT
Kami ke pasar untuk mencari kopi buat oleh-oleh dari Atambua. Setelah bertanya kepada seorang penjual di pasar, kami direkomendasikan untuk menuju Toko Rajawali. Toko tersebut mudah ditemukan karena terdapat papan nama besar di depan toko. Dari jarak 100 meter pun papan nama tersebut terbaca jelas.
Di toko ini kami membeli beberapa bungkus kopi dengan merk Kopi Timor. Satu bungkus berisi 20 sachet kopi dengan harga Rp 20.000,-. Gelas kecil sebagai bonus terdapat dalam satu bungkus Kopi Timor.
Sepulangnya, kopi itu kami seduh. Paduan kopi robusta dan arabika seperti tertulis di bungkusnya ternyata memiliki rasa yang sangat nikmat. Kopi ini tak kalah dengan kopi-kopi lokal yang pernah kami cicipi di Jakarta. Bahkan menurut penulis pribadi, kopi ini memiliki rasa manis yang alami dan lembut meskipun diminum tanpa gula.
Kopi Timor Kopi Yang Nikmat (1)
zoom-in-whitePerbesar
Jadi bagi Anda penikmat kopi yang ingin merasakan nikmatnya kopi Pulau Timor, Kopi Timor ini merupakan kopi yang penulis rekomendasikan untuk dibeli. Ia cocok juga sebagai oleh-oleh karena ukuran bungkus yang tak terlalu besar sehingga tidak akan menyesakkan isi koper atau tas.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba Kopi Timor.