5 Rekomendasi Film Terkait Geosains untuk Ditonton Selama Pandemi

Atourin
Layanan Informasi Wisata, Itinerary Creator, Virtual Traveling, dan Academy
Konten dari Pengguna
28 April 2020 16:36 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Atourin tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Geosains adalah ilmu yang mempelajari tentang ilmu kebumian, baik yang di permukaan ataupun dibawah permukaan bumi. Geosains bisa dikategorikan ilmu yang rumit tetapi asyik untuk dipelajari, jika anda tertarik tetapi tidak suka membaca buku, anda bisa menonton beberapa film dibawah ini yang ada kaitannya dengan geosains:
ADVERTISEMENT

The Shawshank Redemption (1994)

Suber: IMDB
Film drama Amerika Serikat yang ditulis dan disutradarai Frank Darabont dan dibintangi Tim Robbins dan Morgan Freeman. Diadaptasi dari novel karya Stephen King, Rita Hayworth and Shawshank Redemption, film ini menceritakan kisah Andy Dufresne, seorang bankir yang menyukai geologi dan menghabiskan hampir dua puluh tahun di Shawshank State Prison atas tuduhan pembunuhan istri dan selingkuhannya meski ia mengklaim tidak melakukannya. Andy Dufresne berhasil melarikan diri dari penjara dikarenakan tokoh tersebut paham tentang jenis batuan yang ada di lingkungan penjara, sehingga berhasil membuat lubang hingga merusak pipa dengan batuan keras untuk melarikan diri.

Dante's Peak (1997)

Sumber: IMDB
Merupakan sebuah film bencana alam tahun 1997 yang disutradarai oleh Roger Donaldson, skenario oleh Leslie Bohem, dan dibintangi oleh Pierce Brosnan, Linda Hamilton dan Charles Hallahan. Film ini bercerita tentang seorang ahli geologi (khususnya volcanologist) bernama Dr. Harry. Ia kehilangan kekasihnya pada saat bencana erupsi gunung api. Kekasihnya mati tepat di sampingnya akibat tertimpa oleh bom vulkanik ketika ia sedang mengendarai mobil tuk menyelamatkan diri. Beberapa tahun berlalu, akhirnya Harry kembali ditugaskan untuk mengawasi gunung di Dante’s Peak yang dipercayai oleh masyarakat kota tersebut telah mati.
ADVERTISEMENT

Aftershock (2010)

Sumber: IMDB
Merupakan film China yang disutradarai oleh Feng Xiaogang dan diproduksi oleh studio Bros Huayi. Film ini menceritakan tentang dua anak kembar yang terjebak di antara bangunan runtuh akibat gempa, dan sang Ibu harus memilih salah satu anak untuk diselamatkan. Menariknya, si kembar ini akhirnya dipertemukan kembali saat keduanya menjadi relawan gempa tiga puluh tahun kemudian. Film bencana alam gempa bumi ini terinspirasi dari peristiwa yang melanda sebuah desa kecil bernama Tangshang, Provinsi Hebei, Tiongkok, pada 28 Juli 1976. Peristiwa yang juga dikenal dengan sebutan Gempa Bumi Besar Tangshang ini berkekuatan 7,8 SR dan memakan korban tewas sekitar 255.000 orang.

Sanctum (2011)

Sumber: IMDB
Sebuah film survival bencana 3D Australia-Amerika tahun 2011 garapan Alister Grierson dan ditulis oleh John Garvin dan Andrew Wight. Film tersebut dibintangi oleh Richard Roxburgh, Rhys Wakefield, Alice Parkinson, Dan Wyllie, dan Ioan Gruffudd. Sanctum adalah film yang didasari oleh kisah nyata yang berceritakan tentang perjuangan hidup sekelompok anggota ekspedisi yang tengah meneliti dasar gua Esa`ala di pedalaman Papua New Guenia. Pada awalnya ekspedisi yang mereka lakukan berjalan dengan lancar dan mereka berhasil menemukan sebuah aliran air di dasar gua tersebut yang berkemungkinan besar aliran itu bisa membawa mereka tembus langsung menuju ke laut lepas. Secara geosains, film ini menceritakan tentang struktur goa dan Speleologi.
ADVERTISEMENT

The Impossible (2012)

Sumber: IMDB
Film drama thriller tahun 2012 yang disutradarai oleh J. A. Bayona dan diproduseri oleh Álvaro Augustin, Belen Atienza dan Enrique López Lavigne. Naskah film ini ditulis oleh Sergio G. Sánchez, sementara ceritanya ditulis oleh María Belón. Film ini dibintangi oleh Naomi Watts, Ewan McGregor dan Tom Holland. Film tentang bencana tsunami yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada Desember tahun 2004. Bencana ini merupakan bencana tsunami terbesar yang mengguncang negara-negara di Asia termasuk Indonesia. Dan bencana ini menewaskan lebih dari 230.000 orang.
Film The Impossible menceritakan tentang sebuah keluarga yang sedang mengadakan liburan natal di pantai yang berada di Thailand. Namun ketika mereka sedang bermain asyik dan bersantai di kolam renang, air laut tiba-tiba meluap dan memporak-porandakan seluruh bangunan yang berada di dekat pantai. Termasuk kota yang mereka kunjungi. Cerita yang disajikan dala film ini sangat dramatis dan sangat realistis. Film ini merupakan film yang sangat sukses dan mendapatkan banyak penghargaan.
ADVERTISEMENT
Demikian rekomendasi daftar film terkait geosains. Kalau kamu punya rekomendasi lain, silahkan sampaikan di kolom komentar, ya, agar dapat kami tambahkan ke dalam daftar dan ditulis berikutnya.
Ilustrasi menonton televisi. Foto: Dok. Freepik