Pencarian populer

Apa Itu Bom Panci?

Bom Panci di Bandung. (Foto: Ridho Robby/kumparan)

Senin (27/2) pagi sebuah bom meledak di Taman Pendawa Cicendo, Bandung. Bom yang meledak diduga diletakan pelaku di atas sebuah meja yang berada di taman tersebut.

Ledakan terjadi pada pukul 08.30 WIB, banyak paku yang berserakan setelah ledakan tersebut terjadi. Diduga bom yang meledak adalah sejenis bom panci. Apa itu bom panci?

Lokasi pasca ledakan bom panci. (Foto: Pembaca kumparan)

Bom panci atau pressure cooker bomb adalah bom yang menggunakan panci presto sebagai wadah alat ledaknya. Di dalam panci presto tersebut dimasukan beragam jenis bahan peledak dan partikel lain seperti paku, bongkahan besi, kaca, dan sebagainya.

Pada gagang panci bisa ditempelkan ponsel sebagai detonator pemicunya sehingga bom jenis ini bisa dikendalikan melalui jarak jauh. Bagaimana cara kerjanya?

1. Semua bahan peledak seperti jenis TNT dan partikel lainnya seperti paku dan pecahan kaca dipanaskan di dalam panci presto. 2. Penyumbat ledakan ditempelkan di atas tutup panci yang tersambung dengan detonator pemicu berupa ponsel atau jam digital. 3. Panas yang terkunci di dalam panci presto bisa mencapai 121 derajat celsius. Panas tersebut memicu api ledakan dalam waktu singkat, sekitar satu menit. 4. Ledakan besar terjadi dengan dampak sekitar 1-11 meter. Partikel-partikel lain di dalam panci berterbangan dengan kecepatan mencapai 1 kilometer per detik.

Ilustrasi Bom Panci. (Foto: Bagus Permadi/kumparan)

Bom panci cukup mematikan. Daya ledak yang cukup besar dan partikel-partikel lain di dalamnya bisa mencapai jarak jauh dan melukai banyak orang. Tercatat dalam sejarah beberapa kejadian ledakan bom panci yang cukup berbahaya.

11 Juli 2006 Sebuah bom panci meledak di Mumbai, India, di dalam kereta kelas eksekutif jalur barat sekitar pukul 18.35 waktu setempat. Bom yang ternyata merupakan bom panci ini menewaskan 209 orang dan 700 orang lainnya luka-luka.

Setelah dilakukan penyelidikan, 12 orang yang dianggap bertanggung jawab atas kejadian terebut, ditangkap. Hukuman mati dijatuhkan kepada lima orang di antara mereka, sementara tujuh orang lainnya dihukum seumur hidup.

15 April 2013 Sorak sorai menyambut para pelari dalam acara Boston Marathon mendadak mencekam. Pasalnya, dua bom meledak jelang para pelari mencapai garis finish pada pukul 14.50 waktu setempat. Ledakan bom tersebut mengakibatkan 2 orang tewas dan 260 orang lebih luka-luka.

19 September 2016 Sebuah bom panci meledak di kawasan Manhattan, New York, Amerika Serikat. Bom tersebut meledak pada pukul 20.30 waktu setempat di sekitar area pembuangan sampah. Ledakan bom mengakibatkan 29 orang luka-luka.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33