• 16

Daftar Gaji Wartawan di Jakarta 2016

Daftar Gaji Wartawan di Jakarta 2016


Infografis Daftar Gaji Wartawan 2016

Infografis Daftar Gaji Wartawan 2016 (Foto: Andina D. Utari/kumparan)
Pada acara peringatan kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan bahwa gaji wartawan kecil.
"Jangan tinggalkan rakyat, jangan luruskan ketidakadilan, jangan hanya bela orang kaya saja. Kira-kira itu kan baik," kata Prabowo kepada wartawan di Universitas Bung Karno, Jakarta, Kamis (17/8).
Prabowo menilai masih ada kalangan masyarakat yang masih belum sejahtera. Sambil bercanda, ia lantas mengambil contoh kesejahteraan para wartawan yang mewawancarai dirinya.
"Ya, kami bela kalian juga, para wartawan. Gaji kalian juga kecil, kan?" ujar dia. Lebih lanjut dia berseloroh, "Kasihan lihat kalian enggak bisa belanja di mal, jadi kami berjuang untuk kalian. Merdeka!"
Tahun lalu, dan hampir setiap tahun, semua buruh termasuk juga wartawan, menuntut upah layak atas kerja keras yang telah mereka lakukan.

Gaji wartawan

Gaji wartawan media online (Foto: Bagus Permadi)
AJI Jakarta pada Mei 2016 pernah merilis survei upah untuk para wartawan baru, alias fresh graduate, di berbagai media. Menurut hasil survei tersebut, seharusnya upah layak bagi wartawan pemula adalah Rp 7,54 juta. Namun besaran tersebut biasanya baru akan tercapai jika si wartawan sudah bekerja selama kurang lebih 5 tahun.
“Gaji yang kecil kerap menjadi pemicu jurnalis menerima sogokan dari narasumber,” menurut Ketua AJI Jakarta Nurhasim, seperti dikutip dari kompas.com.
AJI Jakarta menilai jika wartawan bisa memperoleh upah layak, maka secara tak langsung itu akan mendorong kerja jurnalisme yang lebih profesional dan memperkuat iman untuk tidak menerima amplop yang bisa merusak independensi wartawan.

Infografis Gaji Wartawan 2016

Infografis Gaji Wartawan 2016 (Foto: Bagus Permadi/kumparan)


NewsWartawanGaji dan TunjanganInfografisPrabowo Subianto

500

Baca Lainnya