Food & Travel
·
12 Januari 2018 17:39

5 Alasan Mengapa Wisata Alam Penting bagi Kesehatan Kita

Konten ini diproduksi oleh Rizal Anwir
5 Alasan Mengapa Wisata Alam Penting bagi Kesehatan Kita (474726)
Wisata alam Pulau Mursala, Tapanuli Tengah (Foto: Instagram @liburan_sumut)
Berwisata adalah kegiatan paling menyenangkan dan disukai banyak orang. Bahkan, bagi beberapa orang berwisata merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Tapi untuk menikmati liburan yang menyenangkan, tidak sedikit orang dibuat repot dan juga bingung untuk menentukan di mana objek wisata yang cocok dan sesuai dengan kebutuhannya.
ADVERTISEMENT
Biasanya, untuk bisa berlibur sesuai dengan keinginan, kebanyakan orang akan selektif dalam menentukan destinasi wisata yang tepat. Beberapa yang menjadi favorit, di antaranya wisata pengunungan, pantai, bukit, taman hingga hutan.
Nah, banyaknya wisatawan yang memilih untuk berlibur dengan nuansa alam seperti itu diklaim mampu menciptakan pikiran yang lebih segar dan positif, sehingga sangat bermanfaat bagi kondisi fisik dan psikis seseorang. Meskipun, masih banyak orang yang kurang menyadari begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh melalui wisata alam.
Berikut ulasan beberapa manfaat wisata alam untuk kesehatan yang layak kita ketahui.
1. Menghilangkan Stres
Bergelut dengan rutinitas sehari-hari di kantor ataupun tugas kuliah yang numpuk sering kali membuat kita merasa jenuh bahkan stres. Nah, buat kamu yang merasakan hal ini, berarti kamu harus meluangkan waktu untuk berlibur ke alam terbuka. Karena dengan berada di alam terbuka tingkat stres akan menurun. Bahkan, studi dari Glasgow University menunjukkan bahwa orang yang berjalan, bersepeda, atau berlari di alam memiliki resiko yang lebih rendah terkena gangguan kesehatan mental yang buruk daripada orang yang ada di dalam ruangan.
ADVERTISEMENT
2. Meningkatkan Konsentrasi
Selain dapat menghilangkan stres, berlibur ke alam terbuka juga dapat meningkatkan konsentrasi lho Sahabat Taman Air. Ini karena saat kita berinteraksi dengan alam, otak kita akan beristirahat dari overstimulasi sehari-hari yang dapat memiliki efek restoratif pada tingkat perhatian kita.
3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Untuk yang satu ini tidak jarang kita melakukannya dengan mengkonsumsi obat, makanan, atau minuman yang dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Padahal semua itu tidaklah menjanjikan bahwa kekebalan tubuh kita akan meningkat. Nah, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sebenarnya kita tidak perlu repot-repot. Karena kita hanya diminta untuk meluangkan waktu sedikit saja untuk menikmati alam yang hijau. Alam yang hijau inilah yang menjadi obat untuk kekuatan fisik dan psikis kita.
ADVERTISEMENT
4. Meningkatkan Mood
Berlibur memiliki peran penting bagi timbulnya efek positif di diri seseorang. Karena setelah liburan kita akan merasa senang, semangat, dan lebih termotivasi.
Semua faktor psikologis itu dapat membuat kita lebih siap dalam melakukan aktivitas apapun. Selain itu lewat faktor psikologis tingkat kreatif, inovatif, dan daya juang kita akan meningkat.
5. Meningkatkan Keharmonisan
Salah satu manfaat dari berwisata alam ternyata dapat meningkatkan keharmonisan juga lho. Ini karena tujuan dari berwisata adalah untuk membangun ikatan positif antar pribadi. Maka dari itulah, kebanyakan orang menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga, teman, ataupun pasangannya.
Berbicara mengenai manfaat wisata alam, tentu saja akan berkaitan dengan destinasi wisata yang dituju. Nah, buat kamu yang bingung akan menikmati wisata alam mana yang pas, kamu bisa mengunjungi Taman Air Percut.
ADVERTISEMENT
Di lahan seluas 16 hektare tersebut, kamu bisa menikmati keindahan alam yang asri dan juga jauh dari hiruk pikuk kota. Jadi pas banget jika kamu ingin merasakan manfaat dari wisata alam tersebut. (MAS)
Sumber: http://www.tamanair.id/blog/ini-lho-alasannya-kenapa-wisata-alam-penting-bagi-kesehatan-kita
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white