Buzz
·
22 Juli 2021 19:57
·
waktu baca 3 menit

Jangan Takut Ketika Desainmu Dibilang Jelek

Konten ini diproduksi oleh Rizki Ardhi
Jangan Takut Ketika Desainmu Dibilang Jelek (34575)
searchPerbesar
flat design person making complain. Dok : Freepik.com
Dalam mendesain sesuatu kita pasti merasa desain yang kita buat sudah bagus, entah itu dari segi warna, layout atau elemen yang ada di dalamnya, tapi tetap saja selera orang berbeda-beda ada yang suka dan tidak suka.
ADVERTISEMENT
Desain mu jelek? Jangan takut! Hal itu sudah sangat biasa dalam dunia desain-mendesain. Semua desainer pasti pernah mengalami yang namanya tidak puas dalam mendesain atau merancang sebuah karya. Faktornya beragam bisa dari internal atau juga faktor eksternal.
Faktor internal, bisa jadi kamu terlalu mempunyai banyak masalah sehingga kurang fokus dalam mendesain sesuatu, kalo faktor eksternal? hem, mungkin saja mood atau suasana sekitar kamu lagi jelek atau kurang diajak kompromi.
Kamu jangan takut kalau karya yang kamu hasil kan kurang memuaskan atau dibilang jelek sama orang lain, ada pepatah mengatakan “tidak ada yang sempurna di dalam dunia ini”.
Jangan pernah mencari yang namanya sempurna dalam mendesain atau berkarya, karena proses untuk mencapai kesempurnaan itu tidak instan, jika kamu hanya mencari kesempurnaan seperti judul lagu Rizky Febian, kamu hanya akan selalu menyalahkan diri sendiri dan tidak mau mulai untuk berkembang ke depannya. Salah satu syarat agar berkembang cuma satu yaitu "sabar".
ADVERTISEMENT
Waktu dan usaha tidak pernah mengkhianati kamu, ketika kamu mendesain selalu asah kemampuan dan skill yang kamu miliki dan perbanyak jam terbang. Jam terbang bukan hanya soal proyek yang kamu kerjakan saja, namun proses latihan, ikut seminar, dan menerima saran dari orang lain termasuk juga ke dalam jam terbang.
Ketika kamu sering untuk latihan otomatis kamu sering juga melihat desain-desain bagus dari desainer profesional, hal ini lah yang dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam membuat atau merancang desain yang bagus. Gunakan prinsip ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi), bukan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang buat ambil duit ya.
ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) hal ini sangat diperbolehkan dalam dunia desain.
Jangan Takut Ketika Desainmu Dibilang Jelek (34576)
searchPerbesar
Ilustrasi belajar desain grafis. Foto: Shutter Stock
Mungkin bagi para desainer atau yang bekerja pada dunia kreatif sudah kenal dengan istilah ATM. Apa itu ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi), ATM merupakan prinsip dalam kita mendesain sesuatu dengan melihat desain yang sudah ada kemudian kita Amati desain yang ada lalu kita Tiru elemen yang ada di dalamnya dan yang terakhir kita Modifikasi agar tidak mirip atau sebelas dua belas dengan desain aslinya. Sehingga kamu mempunyai desain yang segar dan baru.
ADVERTISEMENT
Setelah kamu ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) kamu juga harus modifikasi setiap desain yang kamu buat, dengan modifikasi kita dapat menciptakan sesuatu yang baru terhadap desain yang kita buat. Kamu akan semakin mudah melihat kekurangan dan kesalahan terhadap desain yang sedang kamu kerjakan. Karena balik lagi skill itu butuh konsisten dan konsisten butuh waktu dan waktu tidak dapat diulang, jadi jangan sia-sia kan waktu ketika ada kesempatan di depan mata kita.
Sayang nya setiap orang tidak mau melalui atau menikmati proses atau perjalanan yang mereka hadapi dan selalu memiliki pemikiran yang instan, apa-apa ingin cepat, apa-apa ingin sukses. Cukup mie saja yang instan jangan proses. Karena perjalanan dan proses merupakan guru terbaik dan gratis yang kamu miliki. Setiap orang memiliki perjalanan dan proses nya sendiri-sendiri tapi kamu jangan pernah membandingkan proses yang dimiliki orang lain dengan proses yang dimiliki oleh kita, jadikan itu observasi buat kita karena kembali lagi proses adalah guru terbaik dan gratis yang kita miliki.
ADVERTISEMENT
Lapang dada ketika menerima saran dari orang lain, saran merupakan penilaian terhadap desain dan karya yang kita buat, bagus dan jelek itu subjektif, terkadang kita merasa desain yang kita buat jelek namun ada saja orang yang suka sama desain yang kita buat begitu pula sebaliknya. Jadi kamu hanya perlu mencari orang yang suka terhadap desain yang kita buat. Sering kali saran lebih pedas melebihi pedas cabai namun jangan diambil hati, ambil sisi positif nya saja dan terus bersemangat dalam berkarya.
Jadi untuk teman-teman desainer yang sedang berjuang di sana, agar kita mendapatkan desain atau karya yang bagus dan disukai banyak orang, kamu hanya perlu konsisten, modifikasi setiap desain, nikmati proses, jangan baper sama kritik, dan yang paling penting jangan patah semangat. Terus berusaha untuk asah skill sesuai dengan kemampuan kita. Sampai tetangga mengira hasil kerja yang kita dapat dari hasil jaga lilin.
ADVERTISEMENT
Terima kasih.