Peranan Bahasa Indonesia dalam Mempengaruhi Tingkat Literasi

Rizki Jailani
Mahasiswa Universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
20 Mei 2024 10:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rizki Jailani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
https://pixabay.com/photos/writing-lead-set-letterpress-705667/
Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang sedang pesat ini, kemampuan literasi menjadi faktor kunci untuk sukses dalam segala bidang kehidupan. salah satu pilar penting dalam sistem pendidikan dan kebudayaan di Indonesia adalah "literasi bahasa Indonesia", mempunyai peran penting dalam membentuk individu yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi yang efektif. meningkatkan literasi juga dapat memperkuat identitas nasional dan pemahaman budaya di tengah keberagaman yang ada. Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di jenjang akademik menjadi fondasi yang penting untuk memberikan landasan bagi peningkatan literasi secara menyeluruh.
ADVERTISEMENT
tulisan ini akan menekankan pentingnya bahasa Indonesia dalam meningkatkan literasi di Indonesia dan tantangan yang dihadapi dalam peningkatan angka literasi di Indonesia

Peran Bahasa Indonesia dalam Peningkatan Literasi

Kemampuan Baca dan Tulis

Melansir dari "lpmpdki.kemdikbud" Bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis. Sejak usia dini, Anak-anak harus diajarkan untuk mulai membaca dan menulis, yang melibatkan pengajaran formal di sistem akademik. Kemampuan menulis anak akan meningkatkan seiringan dengan kemampuan mereka untuk membaca.
Selain itu, penguasaan bahasa Indonesia yang baik memungkinkan penulis untuk menyusun tulisan yang jelas dan terstruktur. Kemampuan berpikir kritis yang didapat melalui bahasa Indonesia memungkinkan penulis untuk memilih penggunaan kata-kata yang tepat dan mengembangkan argumen yang logis.

Kemampuan Berbicara dan Menyimak

Kemampuan berbicara dalam bahasa Indonesia sangat penting untuk keberhasilan individu dalam belajar bahasa. penguasaan kemampuan berbicara yang baik memungkinkan individu untuk mengkomunikasikan ide-ide secara efektif.
ADVERTISEMENT
kemampuan untuk menyimak juga merupakan proses yang kompleks, melibatkan kemampuan lain yaitu mendengarkan, memahami, menafsirkan, dan merespon informasi yang didapat. pembelajaran menyimak bertujuan untuk melatih pemahaman bahasa lisan dan keterampilan logika berpikir, yang penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa secara keseluruhan
Bahasa Indonesia tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan intelektual, sosial, dan karakter seseorang. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa di jenjang akademik tidak hanya berfokus pada kemampuan berbahasa tetapi juga pada peningkatan keterampilan bahasa yang mencakup, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, yang semuanya berkontribusi pada komunikasi yang efektif.
Dari 2 faktor diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa bahasa Indonesia tidak hanya dijadikan sebagai bahasa yang digunakan sehari-hari tapi memiliki peran yang cukup kompleks. seperti berkontribusi dalam mempertahankan indentitas nasional, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan komunikasi yang efektif.
ADVERTISEMENT