5 Rekomendasi Tempat Makan Bakaran Ikan Enak di Banjarmasin

Rizky Ashyanita
Hello, I'm Rizky Ashyanita. I write that i want to share with you. I like travelling, eating, and try new skincare. Wanna be my friend? You can say Hi at [email protected] or my instagram at @rizkyashya.jpg . See you
Konten dari Pengguna
8 September 2019 8:15 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rizky Ashyanita tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ikan bakar (Foto : Rizky Ashyanita)
zoom-in-whitePerbesar
Ikan bakar (Foto : Rizky Ashyanita)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terkenal dengan julukan kota 1.000 sungai, tak heran jika di Banjarmasin banyak makanan yang mengandalkan ikan sebagai lauknya. Bahkan banyak kedai-kedai makan yang khusus menjual menu makanan berbahan dasar ikan, seperti ikan bakar, ikan goreng, sup ikan, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Meski ikan dapat diolah bermacam-macam, namun warga Banjarmasin lebih suka menyantap ikan dengan cara dibakar. Selain karena bumbunya lebih meresap, sensasi dari bakarannya itu sendiri membuat daging ikan terasa lebih nikmat.
Ikan yang disediakan oleh kedai-kedai makan di Banjarmasin biasanya adalah ikan tambak atau ikan sungai, seperti Ikan Nila, Ikan Patin, Ikan Lais, Ikan Gabus/Haruan, Ikan Bawal, Ikan Papuyu, Ikan Peda, Ikan Pisan, dan lainnya. Banyak, ya?
Karena banyak, saya belum sempat mencicipi semuanya. Kalau kalian tanya saya, ikan apa yang menjadi favorit? Kalau orang Banjar banyak mengidolakan Ikan Patin. Kata mereka, sih, karena lemak di Ikan Patin ketika dibakar terasa seperti penyedap rasa, sehingga membuat Ikan Patin menjadi lebih nikmat.
Sayur dan lauk (Foto : Rizky Ashyanita)
Biasanya ikan tidak disantap sendirian, orang Banjarmasin juga menyediakan pilihan lauk pendamping seperti sayur bening, sayur asem, sayur santan, empal jagung, dan lainnya. Di beberapa warung juga menawarkan beberapa pilihan sambal, seperti sambal mangga, sambal teri, dan sambal lainnya. Minumannya juga bermacam-macam, ada yang menyediakan es dawet, es kelapa, dan es lainnya.
ADVERTISEMENT
Di Banjarmasin, kedai bakaran ikan banyak sekali. Dari yang sederhana sampai yang mewahpun ada. Menurut saya setiap kedai bakaran ikan memiliki cita rasa yang berbeda. Nah, biar teman-teman enggak bingung ketika mau makan ikan bakar di Banjarmasin, saya akan merekomendasikan lima tempat makan bakaran ikan yang menurut saya paling enak di Banjarmasin.
1. Rumah Makan Mona
Ikan di RM Mona (Foto : Rizky Ashyanita)
Tempat makan bakaran ikan yang pertama adalah Rumah Makan Mona. Di rumah makan ini menyediakan banyak sekali pilihan ikan. Tapi yang paling favorit adalah Patin Sungai-nya. Lemak dari ikan Patin tersebut menambah kenikmatan cita rasa Ikan Patin. Cara memasak ikan Patin juga berbeda. Di rumah makan ini, setiap dibakar, ikan akan dilumuri bumbu yang kemudian ditutup dengan daun pisang.
ADVERTISEMENT
Mungkin dari cara masaknya tersebut membuat rasa dari setiap ikan bakarnya terasa nikmat. Selain ikan, di rumah makan ini juga menyediakan pilihan menu lainnya seperti udang, cumi-cumi, aneka sayur, katuyung, tahu, tempe, dan lain sebagainya.
Ikan Patin di RM Mona (Foto : Rizky Ashyanita)
2. Depot Sari Patin
Pondok Patin Sari Patin (Foto : Rizky Ashyanita)
Siapa, sih, orang Banjar yang tidak tahu dengan rumah makan satu ini? Rumah makan bakaran ikan yang telah dikunjungi banyak pejabat publik dan mendapatkan banyak penghargaan ini memang memiliki cita rasa yang tiada duanya. Ikan bakar di Depot Sari Patin rasanya unik. Bumbunya manis, pedas, serta gurih dari bakarannya.
ADVERTISEMENT
Tempat membakar di rumah makan ini menggunakan stainless stell dan tidak menggunakan arang. Tenang saja, untuk pilihan ikannya sama banyaknya dengan rumah makan bakaran ikan lainnya. Jenis sambalnya juga banyak pilihannya. Namun, untuk harganya di Depot Sari Patin ini memang sedikit mahal dibandingkan dengan yang lainnya.
Ikan di Pondok Sari Patin (Foto : Rizky Ashyanita)
Sate Cumi di Pondok Sari Patin (Foto : Rizky Ashyanita)
3. Rumah Makan H. Fauzan
RM H Fauzan (Foto : Rizky Ashyanita)
Tempat makan satu ini juga menyediakan aneka ikan bakar dan ikan goreng. Pengunjung bisa langsung memilih ikan yang disediakan di pintu masuk rumah makan ini. Ketika makan di rumah makan ini, saya selalu tergoda dengan Udang Galanya karena ukurannya besar. Namun jangan khawatir kalau soal rasa, bumbu yang diberikan baik di udang maupun di ikan sangat meresap dan rasanya itu gurih.
ADVERTISEMENT
Oh, ya, ikan yang dijual di Rumah Makan H.Fauzan sebagian besar adalah hasil dari tambak yang dimiliki H.Fauzan, sehingga kebanyakan ukuran ikan di rumah makan ini selalu besar.
Beberapa macam ikan di RM H Fauzan (Foto : Rizky Ashyanita)
Udang Gala di RM Fauzan (Foto : Rizky Ashyanita)
4. Pondok Patin Bakar
Suasana di Pondok Patin Bakar (Foto : Rizky Ashyanita)
Sesuai dengan nama tempatnya, tempat makan ini menjadikan olahan Patin sebagai menu utamanya. Tapi tenang saja, bagi teman-teman yang tidak suka Ikan Patin atau ingin mencoba lauk lain bisa, lho. Di sini juga menyediakan pepes ikan, aneka sayur, dadar jagung, dan makanan lainnya. Masalah rasa, sudah jangan ditanya lagi, pasti enak.
ADVERTISEMENT
Bagi teman-teman yang mampir ke rumah makan ini, jangan lupa pesan Ikan Seluang goreng. Ikan Seluang ini adalah ikan kecil mirip seperti Ikan Wader. Rasanya gurih dan crunchy, saya suka sekali apalagi dimakan dengan nasi hangat dan sambal khas Pondok Patin Bakar yang tiada duanya.
Patin bakar di Pondok Patin Bakar (Foto : Rizky Ashyanita)
Ikan Seluang di Pondok Patin Bakar (Foto : Rizky Ashyanita)
5. Warung Makan Barokah
Ikan Nila bakar goreng (Foto : Rizky Ashyanita)
Dari rumah makan bakaran ikan yang saya rekomendasikan, tempat makan ini adalah tempat makan yang paling murah. Di rumah makan ini mereka menawarkan menu paketan. Jadi ketika kita pesan ikan, kita akan langsung ditawarkan dengan lauk dan sayur.
ADVERTISEMENT
Nah, mereka akan menghitung ikan, lauk, dan sayur tersebut satu paket. Satu paketnya saya kurang tahu persis, sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 45 ribu, mungkin tergantung dari ikan, lauk, dan sayur yang kita pilih.
Uniknya lagi, di rumah makan ini, kita bisa memesan ikan bakar-goreng. Maksudnya? Jadi ikan yang kita pilih pertama akan dibakar, setelah itu ikannya digoreng. Awalnya saya menganggap aneh, tetapi ketika saya coba sendiri ternyata ikannya jadi lebih gurih dan tentunya tekstur ikannya akan sedikit kering.
Ikan Patin di Warung Makan Barokah (Foto : Rizky Ashyanita)
Sayur di Warung Makan Barokah (Foto : Rizky Ashyanita)
ADVERTISEMENT
Itu dia lima rekomendasi tempat bakaran ikan enak di Banjarmasin. Kalau Anda jalan-jalan ke Banjarmasin jangan sampai lupa mampir dan mencicipi ikan-ikan bakarnya, ya.
Sampai jumpa, jangan lupa makan!