'Nasi Kuning Cempaka', Menu Sarapan Andalan Warga Banjar

Rizky Ashyanita
Hello, I'm Rizky Ashyanita. I write that i want to share with you. I like travelling, eating, and try new skincare. Wanna be my friend? You can say Hi at [email protected] or my instagram at @rizkyashya.jpg . See you
Konten dari Pengguna
18 Agustus 2019 12:22 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rizky Ashyanita tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Nasi Kuning Cempaka Banjarmasin. (Foto: Rizky Ashyanita)
zoom-in-whitePerbesar
Nasi Kuning Cempaka Banjarmasin. (Foto: Rizky Ashyanita)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sudah pernah makan nasi kuning? Berdasarkan tebakan saya sih pasti pernah. Terlebih lagi nasi kuning sering kali hadir di acara-acara penting seperti ulang tahun, pernikahan, atau syukuran. Tetapi nasi kuning yang ada di Banjarmasin ini berbeda. Lalu, apa bedanya nasi kuning di Banjarmasin dengan daerah lain?
ADVERTISEMENT
Nasi kuning di Banjarmasin tidak hanya ada ketika acara besar atau penting. Menu makanan ini merupakan menu wajib ketika sarapan. Seperti di Jawa sarapan identik dengan pecel, Jakarta identik dengan nasi uduk, atau Bandung yang identik dengan buburnya. Nah, di Banjarmasin sarapan identik dengan nasi kuning.
Nasi Kuning Cempaka khas Banjarmasin, nasinya kempyar (Foto: Rizky Ashyanita)
Berbeda dengan yang ada di Jawa, nasi kuning di Banjarmasin ini berwarna kuning seperti pada umumnya, namun warnanya agak sedikit pucat dan tidak terlalu terang. Nasinya tidak pulen atau lengket, melainkan agak sedikit kempyar atau lepas karena menggunakan beras asli Banjar.
Pada satu porsi nasinya, lauknya juga tidak terlalu bermacam-macam seperti yang ada di Jawa. Di Jawa satu porsinya terdapat mi, kering tempe, telur dadar, dan lain-lain. Di Banjar, nasi kuning hanya disajikan dengan satu lauk dan semuanya dimasak dengan bumbu habang (merah) khas Banjar.
Nasi Kuning di Banjarmasin biasanya sudah rapi terbungkus. (Foto: Rizky Ashyanita)
Tidak susah untuk mencari nasi kuning di Banjarmasin. Banyak warung-warung yang menyediakan nasi kuning sebagai menu sarapannya, baik itu warung kaki lima pinggir jalan maupun rumah makan mewah. Ada satu tempat makan nasi kuning yang sangat terkenal di Banjarmasin, yaitu Rumah Makan Nasi Kuning Cempaka.
ADVERTISEMENT
Rumah Makan Nasi Kuning Cempaka berpusat di Jalan Niaga Timur nomor 6 Banjarmasin. Rumah makan ini memiliki tiga cabang, yang kebetulan sering saya datangi adalah Cabang Nasi Kuning Cempaka yang berlokasi di Jalan S. Parman (seberang Kodim) Banjarmasin. Ini adalah lokasi yang paling dekat dari kosan dan kantor saya. Rumah makan ini menyediakan nasi kuning dengan berbagai macam lauk seperti haruan, itik, ayam, daging, telur, dendeng, dan sambal goreng ati.
Nasi Kuning Khas Banjar di Bungkus dengan Daun Pisang (Foto : Rizky Ashyanita)
Buat teman-teman yang ingin mencicipi Nasi Kuning Cempaka, harus dan wajib hukumnya bangun pagi, karena nasi kuning ini hanya dijual pada pagi hari. Tapi tidak usah khawatir mengantre karena nasi kuning ini dijual dalam keadaan terbungkus sesuai dengan lauknya. Nanti penjual akan bertanya “Nasi kuning apa?” dan kita tinggal menjawab nasi kuning dengan lauk apa yang kita inginkan, misalkan haruan, telur, atau dendeng.
Nasi kuning lauk sambal goreng ati (Foto: Rizky Ashyanita)
NasI kuning lauk ikan haruan. (Foto: Rizky Ashyanita)
Perbedaan Nasi Kuning Cempaka dengan nasi kuning lain yang ada di Banjarmasin adalah beras Banjar yang digunakan empuk, tidak keras, tapi masih kempyar. Karena beberapa nasi kuning yang pernah saya cicipi nasinya keras jadi sedikit susah untuk dikunyah, mungkin karena masak nasinya tidak tepat atau mungkin saja saya yang tidak kebiasaan makan nasi Banjar. Kemudian rasa bumbu habang di lauknya terasa sekali, ditambah dengan nasi yang gurih. Benar-benar menu sarapan yang nikmat.
ADVERTISEMENT
Rumah Makan Nasi Kuning Cempaka bukanlah rumah makan yang besar dan mewah, namun rumah makan tersebut bersih dan nyaman. Tidak terdapat kucing, lantai yang becek, atau debu dari jalanan. Bahkan di rumah makan ini disediakan parkir yang luas, sehingga tidak susah untuk parkir motor bahkan mobil.
Suasana di Nasi Kuning Cempaka. (Foto: Rizky Ashyanita)
Harga yang ditawarkan oleh Rumah Makan Nasi Kuning Cempaka juga tidak terlalu mahal, yaitu Rp 22.000 per porsi untuk semua jenis lauknya. Harga yang sangat bersahabat untuk satu bungkus nasi kuning dengan porsi yang sangat besar dan rasa yang begitu nikmat.
Jangan sampai ketinggalan menyantap nikmatnya Nasi Kuning Cempaka untuk sarapan saat kalian berkunjung ke Banjarmasin, ya.
ADVERTISEMENT
Sampai jumpa, jangan lupa makan.