kumparan
7 Oktober 2019 17:28

Biar Tak Cepat Menua, iPhone 11 Perlu Perawatan Berikut

iphone 11.jpg
Pic via zdnet.com
Meskipun iPhone termasuk barang baru dalam dunia smartphone, iPhone mampu menunjukkan kehebatannya. Ponsel besutan Apple ini langsung melejit mengalahkan merek-merek smartphone lain. Hal ini tidak mengherankan karena iPhone telah dibekali dengan fitur-fitur unggulan khas produk Apple lainnya. Setiap tahun, selalu ada versi iPhone terbaru yang diluncurkan. Versi terbaru di tahun 2019 yaitu iPhone 11. Keunggulan dari iPhone 11 ini terletak pada kameranya. Apple menyematkan dual camera pada versi iPhone ini. Kamera utama memiliki resolusi 12 megapiksel dengan bukaan f/1.8. Sementara satu kamera lainnya yaitu kamera ultra wide yang memiliki resolusi 12 megapiksel dan bukaan f/2.4.
ADVERTISEMENT
Apple telah melengkapi kamera ini dengan teknologi optical image stabilization (OIS) yang mampu menghasilkan foto dengan baik ketika malam hari atau kondisi redup cahaya. Detail gambar yang dihasilkan masih cukup jelas sehingga Anda tidak perlu ragu ketika harus memotret di keadaan redup cahaya. Berikutnya dengan kamera ultra wide Anda bisa mendapatkan objek gambar selebar 120 derajat. Di sisi lain, kamera depan iPhone 11 memeiliki resolusi 12 megapiksel untuk foto dan 4K 60fps untuk video. Kamera depan ini telah dilengkapi TruDepth. Dengan menggunakan TruDepth, Anda bisa merekam video slow motion. Sama seperti kamera belakang, kamera depan ini juga dilengkapi dengan fitur ultra wide camera. Keunggulan lainnya dari iPhone 11 ini yaitu anti air sedalam 2 meter selama 30 menit dan anti debu. Daya tahan baterai Apple diklaim lebih lama 1 jam daripada versi sebelumnya, iPhone XR. Kemudian dari segi warna, Anda tidak akan bosan dengan pilihan warnanya. Sebab Apple menyediakan warna putih, hijau, ungu, hitam, kuning, merah.
ADVERTISEMENT
Di balik kelebihan itu, ada beberapa hal yang harus selalu Anda lakukan yaitu merawatnya. iPhone sebagai salah satu perangkat elektronik sangat membutuhkan perawatan agar dapat bekerja secara optimal. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat iPhone yang bisa Anda terapkan dengan mudah:
Bersihkan Bodi iPhone 11 Secara Rutin, Mulai dari Port, Jack, Hingga Bodi Ponsel
Pembersihan bodi ponsel menjadi cara perawatan pertama dan utama ketika Anda ingin iPhone 11 awet dan dapat bekerja maksimal. Anda setidaknya membersihkan bodi iPhone setiap hari. Sebab, ponsel adalah salah satu benda yang hampir setiap hari Anda pegang sepanjang hari. Debu dan bakteri sangat rentan menempel pada bodi ponsel. Karenanya, ponsel harus dibersihkan setiap hari. Detail kecil-kecil pada iPhone 11 juga harus Anda perhatikan seperti port, jack, layar, lensa kamera, hingga tombol home. Untuk membersihkan port, speaker, dan jack, Anda hanya perlu untuk membersihkan debu yang ada di pinggiran lubang. Namun pastikan debu tidak terjerembab masuk ke dalam lubang port dan jack. Debu yang menumpuk hanya akan menghambat kinerja komponen iPhone. Kemudian lensa kamera juga menjadi salah satu bagian yang rentan kotor, baik karena debu maupun tersentuh jari tangan.
ADVERTISEMENT
Untuk membersihkannya cukup dengan mengelap lensa menggunakan kain lembut dan halus. Berikutnya yang harus dibersihkan yaitu tombol home. Tombol ini sangat sering dipakai oleh pengguna iPhone. Anda sebagai pengguna iPhone tentu sering memencet tombol ini baik untuk navigasi maupun fingerprint. Terkadang, Anda memegang ponsel dalam keadaan tangan basah atau berkeringat. Hal ini cukup riskan sebab akan ada kotoran yang menempel di tombol home tersebut. Akibatnya sensitivitas akan berkurang dan tidak optimal ketika dipakai. Anda bisa membersihkan tombol home ini menggunakan cotton bud yang telah dibasahi spiritus. Gosokkan cotton bud secara halus di area tombol home. Bersihkan hingga bagian dinding dalam tombol secara merata.
Pakai Case Tambahan Agar iPhone 11 Aman dari Benturan
ADVERTISEMENT
Sebagian orang menganggap case tidak perlu untuk sebuah iPhone 11. Keberadaan soft case dan hard case dinilai hanya akan mengganggu kenyamanan saat mengoperasikan ponsel. Nyatanya hal ini belum tentu benar. Anda bisa memilih beragam case yang ada di pasaran sesuai keinginan. Jika Anda tidak terlalu suka casing yang terlalu berbentuk, casing polos adalah pilihan. Anda bisa menyesuaikan keinginan dengan beragam case yang ada. Case tambahan ini cukup penting untuk sebuah iPhone. Case ini akan melindungi bodi dari benturan dan ponsel. Ketika terjadi benturan, ponsel akan membal dan komponen tidak langsung rusak karenanya. Ketika terjadi benturan atau goncangan, komponen elektronik pada ponsel rawan untuk bergeser, pecah, dan rusak. Karenanya, ada baiknya Anda melapisi bodi ponsel menggunakan case tambahan yang aman.
ADVERTISEMENT
Pasang Screen Protector Tambahan di layar iPhone 11
Selain bodi ponsel, bagian iPhone 11 lainnya yang harus dilindungi yaitu layar. Layar sangat rentan terhadap goresan. Walaupun beberapa iPhone telah disertai perlindungan berupa gorilla glass ataupun tempered glass, Anda sebaiknya tetap memasang screen protector tambahan. Perlindungan ini akan sangat berguna bagi Anda yang sering meletakkan iPhone langsung ke dalam tas yang banyak isi. Seringkali, Anda langsung memasukkan iPhone ke dalam tas dan bercampur dengan barang-barang lain. Bisa jadi Anda lupa bahwa ada kunci atau benda-benda lain yang memiliki permukaan tajam dan cukup bisa menggores layar di sana. Untuk menghindari segala hal yang bisa terjadi dengan layar iPhone, ada baiknya menggunakan screen protector tambahan. Ketika ada kerusakan pada screen protector, Anda bisa menggantinya dengan mudah tanpa merusak layar bawaan.
ADVERTISEMENT
Simpan Kabel iPhone 11 Secara Rapi dan Gunakan Sewajarnya
Di samping ponsel, ada komponen lain yang pasti disertakan. Tidak lain tidak bukan adalah kabel, baik charger maupun headset. Kabel-kabel iPhone ini merupakan benda yang cukup lunak sehingga Anda patut untuk memberi perhatian lebih. Saking lunaknya, Anda pasti sering menggulung kabel iPhone 11. Beberapa kali Anda tidak menyadari kabel pernah tertekuk. Keseringan menggunakan kabel secara tidak hati-hati seperti ini bisa berakibat kulit kabel akan mengelupas dan serabut-serabut kabel putus. Jika serabut-serabut ini putus, kinerja kabel tidak optimal hingga tidak berfungsi. Maka dari itu, gunakan kabel iPhone sewajarnya. Terutama perhatikan di area-area sambungan seperti badan kabel dan kepala USB.
Jauhkan iPhone 11 dari Benda-benda Bermagnet
ADVERTISEMENT
Berikutnya, jauhkan iPhone 11 dari magnet. Magnet yang dimaksud bukan hanya magnet utuh tapi termasuk benda-benda bermagnet. Benda-benda bermagnet ini seperti radio, televisi, dan kulkas. Sebaiknya, Anda tidak meletakkan iPhone di dekat benda-benda elektronik tersebut. Mendekatkan iPhone hanya akan merusak komponen-komponen yang ada di dalam iPhone. Struktur komponen di dalam iPhone bisa berubah karena ada gangguan dari medan magnet. Begitupun sistem kelistrikan yang ada di dalam ponsel akan sangat berkaitan dengan magnet. Jika gangguan magnet terlalu besar maka gangguan pada ponsel akan semakin terasa. Ketika ponsel terlalu sering diletakkan di dekat benda-benda tadi, lambat laun kinerja komponen akan melambat.
Lepaskan Charger Ketika Pengisian Sudah 100% dan Jangan Biarkan iPhone 11 Kehabisan Baterai
ADVERTISEMENT
Menggunakan iPhone tidak lepas dari isi ulang daya baterai. Proses isi ulang ini sebetulnya sudah diatur dan direkomendasikan oleh pabrikan. Pabrikan seperti Apple telah memberi peringatan tanda kapan baterai ponsel harus segera diisi ulang. Umumnya pada kondisi baterai 20% ke bawah sudah diberi peringatan untuk segera melakukan isi ulang baterai. Ketika mendapat peringatan tersebut, Anda baiknya segera mengisi ulang daya baterai. Hindari membiarkan daya ponsel hingga kosong. Jika hal tersebut terlalu sering dilakukan hanya akan membuat iPhone 11 tidak awet. Begitupun ketika pengisian daya baterai selesai atau 100% maka segera cabut charger dari sumber listrik.
Membiarkan pengisian daya terus berlangsung hingga berjam-jam saat kondisi baterai telah mencapai 100% hanya akan membuat baterai ponsel jenuh. Kondisi jenuh pada perangkat elektronik sangat tidak baik. Kondisi ini bisa membuat baterai ponsel cepat melemah. Selama proses pengisian daya berlangsung, baiknya Anda tidak mengoperasikan ponsel. Anda bisa menonaktifkan ponsel hingga baterai terisi penuh. Pengisian daya baterai dalam kondisi mati diklaim akan memperpanjang usia baterai. Namun perlu diingat, hentikan pengisian jika daya baterai sudah 100%.
ADVERTISEMENT
Bijak Mengelola Aplikasi di iPhone 11
Jika durasi penggunaan daya iPhone 11 cukup singkat, cobalah mengecek aplikasi apa saja yang berjalan pada ponsel. Hentikan aplikasi jika memang sedang tidak digunakan. Lebih-lebih jika aplikasi memang tidak digunakan dalam waktu lama, uninstall aplikasi bisa menjadi pertimbangan Anda. Perhatikan juga apakah Anda menyalakan update otomatis yang bisa berjalan sewaktu-waktu. Update otomatis ini sangat bisa menguras daya ponsel sehingga lebih cepat habis. Logo iPhone di bodi ponsel yang dibiarkan terus menyala juga lumayan menyedot daya baterai.
Selalu Pakai Piranti Asli dan Cocok untuk iPhone11
iPhone sudah dirancang sedemikian rupa untuk bekerja sesuai kebutuhan Anda. Apple telah melengkapinya dengan beberapa perangkat tambahan yang kompatibel. Charger adalah salah satu piranti tambahan yang sangat penting untuk mendukung kinerja iPhone. Tanpa charger, daya baterai iPhone tidak bisa terisi. Namun seringkali ketika charger bawaan iPhone mengalami kerusakan, beberapa orang memilih untuk memakai baterai pengganti yang tidak asli dari iPhone. Hal ini cukup beresiko untuk dilakukan karena piranti tambahan bukan asli dari iPhone ini belum tentu kompatibel. Kompatibel di sini bukan berarti hanya bisa mengisi daya tetapi apakah persyaratan input dan output charger dan versi iPhone tersebut sama. Di luar itu, masih banyak lagi persyaratan komponen pengisi daya yang belum tentu dimiliki oleh charger lain.
ADVERTISEMENT
Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk merawat iPhone 11. Ketika Anda membeli iPhone berarti juga bersedia untuk merawatnya. Merawat iPhone bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Tips-tips merawat iPhone yang telah diuraikan sebelumnya cukup mudah untuk dipraktikan oleh siapa pun. Anda bisa mempraktikkannya dengan mudah. Setidaknya, perawatan untuk bodi ponsel adalah hal utama yang harus Anda lakukan. Proteksi dari debu adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda sering menggunakan ponsel untuk aktivitas outdoor.
Di samping itu, Anda baiknya juga tidak mengabaikan kemampuan ponsel untuk mengakomodir aplikasi dipasang di ponsel. Jadi, rawatlah ponsel Anda sebaik-baiknya dan sehati-hati mungkin. Memiliki iPhone yang awet menemani dalam waktu lama merupakan sesuatu yang baik dan menguntungkan, bukan?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan