Berpetualang di Objek Wisata Kota Karanganyar Jawa Tengah

Tulisan dari Prima Trisna Aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Suasana liburan dimasjid Agung Al Madani Karanganyar Jawa Tengah/Foto : Dokpri
zoom-in-whitePerbesar
Karanganyar – Kota Karanganyar merupakan salah satu kota wilayah eks karisedenan Surakarta yang terletak diwilayah timur. Kota Karanganyar sendiri merupakan pecahan dari wilayah Surakarta dimana wilayah kota Surakarta sendiri terpecah dibagi menjadi beberapa wilayah seperti : Sragen, Boyolali, Klaten, Karanganyar dan Wonogiri. Diantara pecahan wilayah kota Surakarta, kota Karanganyar merupakan salah satu wilayah eks karisedenan Surakarta yang terkenal memiliki banyak objek wisata.
Dari pesisir Gunung Lawu hingga pusat kota banyak dikenal dengan objek wisata yang banyak dikenal oleh masyarakat. Dari objek wisata diwilayah Gunung Lawu seperti : Air terjun Grojogan Sewu tawangmangu, Lawu Park, Omah kelinci, Wisata Amanah, Candi Sukuh, Candi cetho dll. Sedangkan objek wisata dikota pusat Karanganyar seperti Intan Pariwara, Masjid Agung kota Karanganyar, Wisata taman kota, Perpustakaan daerah Karanganyar, Alun alun kota Karanganyar dll.
Wisata Masjid Agung Karanganyar Jawa Tengah/Foto : Dokpri
Kali ini saya akan bercerita pengalaman saya dan keluarga menjelajah objek wisata di Kabupaten Karanganyar yang terkenal dengan pesona intan pariwara. Kebetulan saat itu saya beserta anak dan istri setiap akhir pekan menginap di Rumah orang tua dikota Klaten. Kebetulan waktu itu kita menginap dihari Minggu dan kebetulan ibu saya mengajak untuk hari senin (06/02/2023) besok untuk keluar wisata. Kebetulan karena dikeluarga kami ada anak kecil maka kami inisiatif untuk pergi menjelajah di Omah kelinci Tawang mangu.
Hari senin (6/2/2023) pada pkl.09.00 wib pagi kita berangkat menuju ke kota Karanganyar dari Kota Klaten. Waktu itu saya, bapak ibu saya, istri, anak saya dan keponakan saya naik satu mobil menuju Karanganyar melalui via jalan kota Solo Baru. Dikarenakan anak saya sudah jadwalnya untuk pijet bayi, kita menuju kota Karanganyar mampir di Intan Pijat bayi, tetapi sampai disana ternyata pijat bayi tutup. Akhirnya kita mampir di Masjid Agung Karanganyar, sesampainya dimasjid Agung kota Karanganyar kita masuk dengan mobil dengan parkir elektronik dengan biaya Rp.3.000,-.
Dimasjid Agung kota Karanganyar kita sampai pada pkl. 10.30 wib, disana kita mengunjungi masjid terbesar dikota Karanganyar serta berfoto bersama. Selain itu edukasi yang didapat dari wisata ke Masjid Agung Karanganyar adalah supaya mendidik anak kita supaya mencintai serta mengenal masjid lebih dekat. Sehingga kelak kalau sudah besar maka akan sering Sholat Jamaah dimasjid.
Dimasjid Agung kota Karanganyar dilengkapi dengan fasilitas ramah difabel dari kursi roda, akses jalur yang aman dan transportasi yang mudah. Dimasjid Agung Kota Karanganyar atau banyak disebut dengan masjid Al Madani Karanganyar merupakan masjid yang memiliki menara Pandang Tower tertinggi dikota Karanganyar. Disana juga menyediakan fasilitas bagi masyarakat kota Karanganyar untuk melihat kota Karanganyar melalui atas. Menara Pandang Masjid Agung Kota Karanganyar dibuka setiap hari mulai pkl. 13.00 wib.
Selesai dari masjid Agung Kota Karanganyar kita menuju ke taman pancasila Karanganyar untuk menikmati kuliner Soto Bakso Taman Pancasila. Kuliner Soto Bakso taman Pancasila terkenal murah dan enak. Dengan toping daging sapi, Bakso serta bumbu rempah membuat yang menikmatinya menjadi ketagihan. Meskipun enak tetapi kuliner tersebut terkenal dengan harga murah meriah dan ramah disaku.
Suasana liburan di Omah Kelinci Karanganyar Jawa Tengah/Foto : Dokpri
Selesai menikmati kuliner Soto Bakso taman Pancasila Karanganyar kita menuju ke wisata Omah kelinci Karanganyar. Lokasi Omah kelinci sendiri terletak didepan Sekolah Al-Azhar Tawangmangu didaerah Ngargoyoso jalan menuju Tawangmangu. Disana dilengkapi dengan wisata kuliner Sate Kelinci dengan berbagai macam menu serta wisata memberi makan langsung kelinci dengan wortel. Harga tiket masuk untuk Omah kelinci adalah 5K sedangkan beserta dengan Wortel adalah 10K.
Tips bagi anda yang ingin bepergian wisata disarankan untuk wisata pada hari kerja dikarenakan apabila hari wekend atau hari libur dipastikan penuh untuk objek wisata tersebut. Selesai anak – anak bermain langsung bersama kelinci dan memberi makan kelinci, kemudian kiota menikmati sajian minuman hangat khas dari Omah kelinci yaitu : Teh Hangat Omah kelinci, Susu Jahe dan Kopi Susu. DI wisata Omah kelinci juga dilengkapi dengan sarana arena bermain seperti bandulan, alat bermain anak, serta fasilitas mushola.
Selesai dari Omah kelinci kemudian kita menuju ke Wisata Nglurah tawangmangu. Wisata Nglurah tawangmangu merupakan wisata yang terkenal dengan aneka tanaman hias yang masih alami dan segar. Bagi yang ingin mencari tanaman hias, wisata Nglurah merupakan alternatif destinasi wisata yang bagus untuk dituju. Hal yang perlu diwaspadai adalah bahwa jalan menuju ke wisata Nglurah Tawangmangu lumayan terjal dengan akses mobil yang sempit serta jalan yang berliku dan terjal. Meskipun bisa dilewati dengan Mobil tetapi disarankan untuk menuju ke wisata ke Nglurah tawangmangu lebih enak menggunakan sepeda motor.
Selesai dari wisata Nglurah Tawangmangu kita pulang ke kota Klaten melalui arah Matesih melalui jalur tikus kemudian melewati jalan tembus kota Solo Baru. Perjalanan dari wisata Nglurah Tawangmangu menuju ke kota Klaten sekitar 1,5 jam. Pulangnya kita mampir di kuliner Bebek bakar Mas Faiz 2 Solo Baru, kita memilih kuliner di Bebek bakar Mas faiz 2 Solo Baru dikarenakan di Warung makan bebek bakar mas faiz 1 Solo baru sering penuh dan antri.
Kuliner Warung Makan Bebek bakar mas Faiz 2 merupakan salah satu destinasi kuliner alternatif bagi yang menyukai masakan Bebek Bakar. Ciri khas dari menu kuliner Bebek bakar Mas Faiz 2 adalah daging bebek bakar yang terkenal empuk dikarenakan daging tersebut dilakukan presto.
Selesai dari kuliner Bebek bakar Mas Faiz 2 Solo Baru kita mampir di perumahan Solo baru dan kemudian kita pulang menuju ke kota Klaten dan tepat dikota Klaten menunjukkan pkl. 16.30 wib sore.
Dosen Spesialis medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa wisata refreshing sangat baik untuk kesehatan selain dalam penelitian bisa menekan hormon kortisol yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, wisata merupakan terapi yang ampuh bagi pasien yang mengalami mudah cemas. Jadi refreshing wisata perlu rutin dilakukan untuk kesehatan jasmani dan mental bagi individu. *Red