FIKES UMP Purwokerto Mengadakan Acara Halal Bihalal dan Inovasi Kerja

Dosen spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Konten dari Pengguna
17 Mei 2022 15:19
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Prima Trisna Aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto Doktor Jebul Suroso ketika pembukaan acara Halal Bihalal dikampus 2 FIKES UMP Purwokerto/photo by : DOkumentasi FIKES UMP Purwokerto
zoom-in-whitePerbesar
Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto Doktor Jebul Suroso ketika pembukaan acara Halal Bihalal dikampus 2 FIKES UMP Purwokerto/photo by : DOkumentasi FIKES UMP Purwokerto
ADVERTISEMENT
Purwokerto – Halal Bihalal merupakan suatu hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan. Biasanya kegiatan diadakan sekelompok orang di auditorium atau aula. Halal bihalal juga didefinisikan sebagai silaturahmi untuk saling memaafkan satu sama lain. Halal Bihalal merupakan salah satu tradisi dari budaya Jawa di Indonesia yang diadakan setahun sekali setelah hari raya Idul Fitri.
ADVERTISEMENT
Dinegara lain tidak pernah dilaksanakan kegiatan Halal Bihalal, tetapi esensi makna Halal Bihalal ini adalah sangatlah baik dalam memupuk jiwa persatuan dan kesatuan Indonesia dan budaya saling memaafkan satu sama lain.
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang terletak dikampus 2 mengadakan acara Halal Bihalal bersama dosen dan karyawan. Acara tersebut bertempat di Aula kampus 2 Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua BPH Universitas Muhammadiyah Purwokerto KH Drs Ahmad Kifni, Rektor UMP Purwokerto yaitu Doktor Jebul Suroso,S.Kep.,Ns.,M.Kep, Wakil Rektor 2 UMP Purwokerto dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UMP Purwokerto Doktor Hj Umi Sholikah,Spd.,S.Kep.,Ns.,M.Kep.
Seluruh dosen dan karyawan kampus Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto nampak menghadiri acara Halal Bihalal tersebut. Acara Halal Bihalal diadakan Fakultas Ilmu Kesehatan UMP Purwokerto dalam rangka meningkatkan ukhuwah islamiyah dilingkungan kampus 2 Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Rektor UMP Purwokerto Bapak DOktor Jebul Suroso ketika mengisi acara Halal Bihalal di FIKES UMP Purwokerto/photo by UMP On Website
zoom-in-whitePerbesar
Rektor UMP Purwokerto Bapak DOktor Jebul Suroso ketika mengisi acara Halal Bihalal di FIKES UMP Purwokerto/photo by UMP On Website
Acara tersebut dimulai pada pkl.10.00 wib dibuka dengan bacaan ayat suci Al Quran oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Setelah acara tersebut dilanjut dengan acara sambutan pertama dari Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Doktor Hj Umi Sholikah,Spd.,S.Kep.,Ns.,M.Kep menyampaikan bahwa setelah sekian lama tidak bertemu libur panjang hari raya idul fitri akhirnya bisa dipertemukan kembali dalam acara Halal Bihalal FIKES dimana menjadi sarana untuk mengakrabkan seluruh lini dosen dan karyawan dilingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Selain itu setelah masa Pandemi Covid-19 selama 2 tahun yang mengharuskan dilarang mengadakan acara besar akhirnya bisa terlaksana pada bulan ini.
Moment dimana seluruh dosen dan karyawan FIKES UMP Purwokerto bersalam - salaman diacara Halal Bihalal FIKES UMP Purwokerto/photo by : FIKES UMP On Website
zoom-in-whitePerbesar
Moment dimana seluruh dosen dan karyawan FIKES UMP Purwokerto bersalam - salaman diacara Halal Bihalal FIKES UMP Purwokerto/photo by : FIKES UMP On Website
Acara dilanjut dengan sambutan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto Bapak Doktor Jebul Suroso,S.Kep.,Ns.,M.Kep yang mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1443H supaya mohon dimaafkan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Selain itu Rektor UMP Purwokerto juga menyampaikan bahwa kehadiran 4500 mahasiswa baru UMP Purwokerto akan menjadi semangat untuk UMP Purwokerto meningkatkan pelayanan baik sarana dan prasarana dilingkungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Selain itu Rektor UMP Purwokerto menyampaikan target UMP Purwokerto menjadi kampus Zero Complaint ditahun 2022 ini sudah mulai tercapai.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui bahwa Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto sudah mengeluarkan surat edaran bahwa kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto menuju kepada kampus dengan target Zero Complaint. Yang artinya bahwa pentingnya dilakukan percepatan - percepatan dalam meningkatkan sarana dan prasana serta peningkatan pendidikan bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Kita ketahui bahwa berdasarkan surat edaran Rektor UMP Purwokerto bahwa mahasiswa UMP Purwokerto sudah mulai menjalani kuliah offline dikampus. Kuliah offline disini adalah kuliah yang dilaksanakan secara langsung dan tatap muka pembelajaran langsung antara dosen dan mahasiswa dikelas. Selain itu pembangunan kampus baru UMP Purwokerto juga sedang dikebut untuk mewujudkan kampus terbaik dilingkungan nasional maupun internasional.
Suasana acara Halal Bihalal FIKES UMP Purwokerto bertempat dikampus 2 UMP Purwokerto/photo by : FIKES UMP On Website
zoom-in-whitePerbesar
Suasana acara Halal Bihalal FIKES UMP Purwokerto bertempat dikampus 2 UMP Purwokerto/photo by : FIKES UMP On Website
Acara kemudian berlanjut tausyiah yang diisi oleh Wakil Ketua BPH Universitas Muhammadiyah Purwokerto KH Drs Ahmad Kifni yang dalam kajian tersebut menyampaikan 7 kunci melestarikan Bahagia bagi diri manusia. 7 Kunci melestarikan bahagia pada manusia antara lain : Pandai bersyukur, Menyesuaikan dengan kenyataan serta terus beriktiar, ters meningkatkan ketekunan beribadah, Cepat insaf dan sadar kalau keliru, terus memberikan manfaat, Pandai mengendalikan diri dan suka bersilaturahmi. Kemudian ditutup oleh doa penutup yang dipimpin oleh KH Drs Ahmad Kifni diakhir acara.
ADVERTISEMENT
Acara sendiri berlangsung kurang lebih selama 90 menit dari pkl. 10.00 wib pagi hingga 11.30 wib siang. Dalam acara tersebut nampak audien sangat antusias dalam memperhatikan materi yang dijelaskan oleh KH Drs Ahmad Khifni tersebut.
Setelah acara selesai dilanjut dengan acara bersalam – salaman memutar serta saling maaf memaafkan antar dosen dan Karyawan. Kemudian setelah itu dilanjut dengan acara ramah tamah yaitu makan bersama di Aula kampus 2 Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Menu makan siang sendiri adalah snack dan Soto Sukorejo kuliner asli kota Purwokerto. Soto sukerjo merupakan makanan khas dari kota Purwokerto yang memperadukan antara bumbu soto kota Purwokerto, daging sapi, kuah kental, kerupuk dan rempah.
Dosen Spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa acara Halal Bihalal Fakultas Ilmu Kesehatan berjalan dengan lancar yang diikuti oleh seluruh dosen dan karyawan. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua BPH UMP Purwokerto, Rektor UMP Purwokerto, Wakil Rektor 2 UMP Purwokerto dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto merupakan salah satu kampus yang memiliki program percepatan – percepatan yang membuat kampus ini menjadi kampus terbaik di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui bahwa kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto merupakan kampus terbesar di Jawa Tengah bagian Barat yang menjadi pelopor kampus unggulan diwilayah tersebut.*Red