Manfaat Bermain Hujan Bola bagi Perkembangan Anak

Prima Trisna Aji
Dosen spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Konten dari Pengguna
28 November 2022 15:57 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Prima Trisna Aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Permainan Hujan Bola atau disebut dengan Rainbow disalah satu mall dikota Solo Baru/Foto : Dokpri
zoom-in-whitePerbesar
Permainan Hujan Bola atau disebut dengan Rainbow disalah satu mall dikota Solo Baru/Foto : Dokpri
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Solo – Permainan yang tepat bagi perkembangan anak sangat penting bagi pertumbuhan bagi buah hati. Terutama pada masa emas atau masa Golden Period dimana fase tersebut adalah dibawah 6 tahun. Pada umur tersebut otak mereka sangat cepat sekali merekam stimulus yang diberikan dari luar. Maka dari itu banyak para orang tua yang ingin menjadikan anak mereka seorang Hafiz Quran pada umur tersebut.
ADVERTISEMENT
Pada masa emas atau Golden period bagi anak sangatlah penting karena anak akan banyak mencerna serta mengingat seumur hidup apa yang diajarkan kepada mereka. Salah satu permainan yang baik pada masa itu adalah selain mengasah motorik kasar anak juga harus mengasah motorik halus pada anak. Hal ini agar anak tidak mengalami keterlambatan tumbuh kembang atau Speak delay.
Banyak sekali jenis permainan yang bisa melatih motorik halus dan motorik kasar pada anak dikarenakan permainan yang dilakukan hanya untuk mengasuh salah satu saja. Kelemahan pada anak pada usia Golden period adalah apabila orang tua tidak kreatif dalam memberikan permainan yang bisa mengasah kemampuan mereka maka anak akan mudah bosan. Sehingga setelah anak bosan maka kreatifitas pada anak akan tidak muncul.
ADVERTISEMENT
Salah satu permainan yang bisa mengasah motorik kasar dan motorik halus pada anak adalah permainan hujan bola Rainbow. Pada permainan tersebut anak akan dituntut untuk menghindar bola yang jatuh dari atas dan memasukkan bola ke dalam lubang sehingga akan muncul nilai yang terkumpul. Setelah angka terkumpul maka akan keluar tiket yang bisa ditukar dengan mainan.
Saya ingin sedikit menceritakan pengalaman saya ketika mengajak anak saya yang bernama “Zehan” bermain Hujan Bola Rainbow di Kidszilla di The Park Mall Solo Baru lantai 3. Ketika akan bermain kita mengharuskan membeli kartu terlebih dahulu yang berisi point yang digunakan untuk bermain bermacam permainan yang salah satunya adalah Hujan Bola. Ketika mau bermain kita harus menggesek kartu tersebut ke dalam permainan tersebut kemudian point akan terpotong.
ADVERTISEMENT
Setelah itu kita memencet papan tombol yang ada didepan kemudian Bola dari atas akan turun banyak. Maka dari itu permainan tersebut disebut dengan Hujan Bola rainbow. Ketika bola sudah turun ke bawah maka anak harus memasukkan bola tersebut ke dalam lubang dan akan mendapatkan point. Hanya saja pada permainan ini hanya anak saja yang boleh masuk ke ruangan, jadi orang tua menunggu diluar. Peran orang tua disini sangat penting karena mengawasi anak ketika bermain.
Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa pada anak yang berumur dibawah 6 tahun atau disebut fase Golden Period kita sebagai orang tua harus bisa membimbing anak untuk memilihkan permainan yang selain bisa mengasah motorik kasar juga melatih motorik halus pada anak. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak dan supaya pada anak tidak mengalami fase terlambat tumbuh kembang. *Red
ADVERTISEMENT