Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Dosen spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Konten dari Pengguna
10 Februari 2022 15:30
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Prima Trisna Aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh Manusia (105485)
zoom-in-whitePerbesar
Dosen Spesialis Medikal Bedah "Prima Trisna Aji" ketika melakukan bimbingan Praktek kepada mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Photo by : @PrimaTrisnaAji On Instagram
ADVERTISEMENT
Solo – Dimusim Pandemi Covid-19 tubuh manusia dituntut untuk memiliki sistem imun yang baik, dikarenakan sistem imun merupakan salah satu garda pertahanan terdepan dalam melindungi tubuh dari berbagai virus, bakteri dan penyakit. Banyak sekali produk herbal yang bisa meningkatkan sistem imune tubuh manusia, salah satunya adalah Habbatussauda atau disebut dengan Jintan Hitam (Nigella Sativa).
ADVERTISEMENT
Habbatussauda atau yang dikenal dengan jintan hitam atau dengan istilah latin Nigella Sativa merupakan salah satu obat herbal sunah Rasulullah SAW yang sudah banyak sekali dikenal dikalangan bagi kalangan bangsa Timur Tengah. Jintan hitam ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman Jintan hitam merupakan tanaman yang berasal dari daerah negara Sub Timur tengah dan juga banyak ditemukan di benua Asia salah satunya dinegara Indonesia. Di negara Indonesia produk Habbatussauda bisa dijumpai disetiap toko – toko Herbal.
Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh Manusia (105486)
zoom-in-whitePerbesar
Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika melakukan pengukuran tekanan darah. photo by ; @PrimaTrisnaAji On Instagram
Didalam dunia kesehatan tanaman jintan hitam banyak digunakan untuk kesehatan dalam mengobati berbagai penyakit. Sedangkan didalam dunia Perdapuran tanaman Jintan hitam ini digunakan untuk resep bumbu dapur. Tanaman Jintan hitam bisa meningkatkan cita rasa kelezatan suatu makanan serta menambah kelezatan makanan. Selain itu penambahan Jintan hitam ke dalam makanan akan menambah banyak nilai gizi pada suatu makanan tersebut.
ADVERTISEMENT
Banyak masyarakat awam tidak mengetahui bahwa ternyata banyak sekali kandungan yang bergizi serta sebagai obat penyembuh segala penyakit kandungan didalam Jintan Hitam. Hal ini juga terdapat pada Hadist Rasulullah SAW Dalam hadist Abu Hurairah r.a., Rasullulah SAW bersabda, "Sesungguhnya pada jintan hitam itu terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian."
Jintan hitam memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain memiliki sembilan asam amino esensial, arginine, serat kasar, protein, besi, kalsium, magnesium, niasin, potasium, selenium, seng, minyak atsiri, interferon, Omega 3, Omega 6, Omega 9, sapion, saponin (antiracun), sterol (sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon), Nigellone, multivitamin, seperti vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu Habbatusauda juga memiliki kandungan beragam nutrisi, mulai dari protein, serat, zat besi, zinc, fosfor, kalsium, aneka vitamin, hingga berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, thymoquinone, dan carvacrol.
ADVERTISEMENT
Dari beberapa penelitian ilmiah yang sudah dilakukan salah satunya dari Profesor Rudolfo (2022) ternyata Habbatussauda memiliki kandungan thymoquinone dan flavonoid yang sangat tinggi sehingga mampu memperkuat respon sistem imun tubuh dalam melawan serangan penyakit ataupun virus apapun termasuk virus Covid-19. Dimasa pandemi Covid-19 ini Habbatussauda bisa digunakan sebagai salah satu senjata untuk tameng dalam menghadapi serangan Virus Covid-19.
Selain itu kandungan didalam Jintan Hitam yang mengandung Anti Oksidan yang tinggi mampu melawan kanker, meredakan peradangan, penyakit degeneratif serta mengoptimalkan sistem pertahanan tubuh. Selain itu manfaat Habbatusauda yang lain bagi kesehatan tubuh bisa menghilangkan pusing, melancarkan pencernaan, meredakan gejala asma, menjaga tekanan darah tinggi, mengatasi kolesterol jahat dan mengontrol kadar gula darah yang tinggi.
ADVERTISEMENT
Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan meskipun Habbatusauda bisa meningkatkan sistem imun didalam tubuh secara optimal dimasa pandemi Covid-19 tetapi juga harus didukung dengan konsumsi makanan Bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, mengurangi stres, refreshing liburan, Tidak terlalu lelah dalam bekerja dan selalu menjaga protokoler kesehatan dengan ketat supaya bisa terhindar dari Virus Covid19 terutama varian Omicron yang belakangan ini sangat menular lebih cepat. *Red
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020