Mengenal Hotel Tasik Yogyakarta, Hotel Tua di Kota Gudeg

Prima Trisna Aji
Dosen spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Konten dari Pengguna
11 Juni 2022 23:41 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Prima Trisna Aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Yogyakarta – Review kali ini kita akan mengulas salah satu hotel tua yang berada di kota Yogyakarta yang sekarang sudah mulai ditinggalkan dikarenakan banyaknya berdirinya hotel baru yang bertingkat dan berbintang dikota Yogyakarta. Kali ini kita akan melakukan review Hotel Tasik Yogyakarta yang terletak di jalan Bantul nomor 47 Prawirotaman kota Yogyakarta Indonesia.
Pemandangan Hotel Tasik Yogyakarta nampak dari depan jalan raya bantul.photo by : @PrimaTrisnaAji on Facebook
Ceritanya kami sehabis acara Seminar IPAI di Hotel Adiwangsa Surakarta berencana ke kota Yogyakarta untuk bertemu dengan penguji saya yang saat itu dari Jakarta terbang ke kota Yogyakarta untuk melakukan supervisi disalah satu Rumah Sakit di Yogyakarta. Kebetulan saat itu dikarenakan kontrak janjian untuk bimbingan dikota Yogyakarta berlangsung malam sekitar jam 6 malam, maka dari itu saya beserta istri dan anak menginap disalah satu hotel yang rate nya hemat. Dikarenakan hanya untuk tempat bersinggah semalam dan juga untuk menghemat biaya dikarenakan hari kedua kita akan masih menginap dikota Yogyakarta kembali.
ADVERTISEMENT
Waktu itu saya melakukan bimbingan dengan dosen bertempat di West Lake Sleman Yogyakarta dikarenakan pesawat pembimbing delay sehingga jadwal bimbingan pun agak mundur menjadi pkl.20.30 wib sampai 22.00 wib. Setelah bimbingan beserta dosen selesai kita memutuskan untuk menuju ke Hotel Tasik Yogyakarta. Hotel Tasik Yogyakarta terletak dijalan Bantul nomor 47 Prawirotaman Yogyakarta tepat dipinggir jalan raya Bantul. Disana kita langsung memarkirkan mobil dilantai bawah tanah yang lumayan sepi dan tidak crowdied. Kemudian kita naik menuju tangga ke lantai satu untuk menuju ke loby dan kalian akan dihadapkan oleh reseptionist senior di Hotel tersebut. Kenapa disebut dengan reseptionist senior, dikarenakan reseptionist di Tasik Hotel Yogyakarta mayoritas sudah berumur. Walaupun reseptionistnya berumur tetapi sangat sigap dan ramah dalam melayani pengunjung.
ADVERTISEMENT
Kemudian kita langsung mendapatkan nomor kunci kamar hotel nomor 101 terletak dilantai 1 tepat didepan tempat makan hotel. Total lantai pada hotel Tasik Yogyakarta tersebut sebanyak 2 lantai. Ketika kita memasuki kamar hotel kita mendapatkan fasilitas : 2 bantal, kamar bed besar, TV digital, AC, jendela menghadap ke timur, kamar mandi dengan fasilitas shower, wastafel, air dingin dan air hangat. Hanya saja waktu itu kita memang belum bisa mengoperasionalkan air hangat.
Luas kamar hotel tasik yogyakarta relatif tidak besar tetapi cukup untuk menampung barang – barang serta sholat. Bagi kami meski luas kamar tidak besar tetapi dengan harga kamar yang kita pesan dari Traveloka sebesar Rp.120.000,- relatif sangat murah dengan fasilitas hotel yang mencukupi. Selain itu didalam kamar juga disediakan 2 gelas air mineral dan Galon air mineral diluar untuk tambahan minum pengunjung hotel.
ADVERTISEMENT
Disitu kita menginap tidak sendirian meskipun sepi, dikarenakan waktu itu lumayan banyak kamar yang terisi oleh tamu. Keesokan harinya tepat pkl.08.00 wib saya mengajar mahasiswa melalui online diruang makan hotel tersebut. Alhamdulillah untuk sinyal dari handphone cukup bagus selama perkuliahan.
Keesokan harinya tepat pkl. 11.00 wib siang kita melakukan check out untuk menuju perjalanan ke kebun binatang Gembiraloka Yogyakarta. Layanan reseptionist hotel Tasik Yogyakarta bagi kami sangat ramah serta sigap dalam melayani pengunjung hotel meski harga yang ditawarkan cukup murah. Kesan menginap di Tasik Hotel Yogyakarta cukup nyenyak dan cukup kagum dengan bertahannya hotel tua tersebut ditengah Pandemi Covid 19 baru mereda.
Pelayanan Hotel Tasik Yogyakarta sangat baik selain reseptionist yang ramah tetapi fasilitas hotel yang lengkap dan memadai. Bertahannya hotel - hotel tua dikota Yogyakarta merupakan salah satu prestasi yang membanggakan setelah masa pandemi covid-19 yang sangat panjang. Dari virus Covid-19, virus varian Delta, virus Varian alfa, beta hingga virus varian delta.
ADVERTISEMENT
Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa Hotel tasik Yogyakarta merupakan salah satu hotel tua dikota Yogyakarta yang bisa bertahan setelah melewati pandemi Covid-19. Meskipun harga yang ditawarkan relatif murah tetapi pelayanan yang didapatkan tidak mengecewakan pelanggan. Selain itu rate nilai 7.4 didalam situs dalam google rate yang didapatkan Hotel tasik Yogyakarta merupakan salah satu pencapaian yang bagus ditengah persaingan hotel baru dikota Yogyakarta yang menjamur serta dengan gedung yang bagus serta bertingkat. *Red