Menikmati Sajian Olahan Ikan Laut Khas Sulawesi di Katombo Purwokerto

Prima Trisna Aji
Dosen spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Konten dari Pengguna
22 November 2022 10:34 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Prima Trisna Aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Promo Ikan Maneke dari Warung Makan Ikan Laut Katombo Sulawesi banget Purwokerto hanya seharga 16K/photo by : Dokpri
zoom-in-whitePerbesar
Promo Ikan Maneke dari Warung Makan Ikan Laut Katombo Sulawesi banget Purwokerto hanya seharga 16K/photo by : Dokpri
ADVERTISEMENT
Purwokerto – Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau yang kaya akan keanekaragaman hayati dan kelautan. Hingga saat ini kuliner ikan laut di Pulau Sulawesi masih digemari dan diburu para kuliner ikan laut. Tidak dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang ketika traveling ke Pulau Sulawesi pasti ingin merasakan jajanan kuliner ikan laut dipulau Sulawesi.
ADVERTISEMENT
Kini ketika kita mau mencoba kuliner Ikan laut Sulawesi tidak perlu jauh – jauh untuk pergi ke pulau Sulawesi, dikarenakan dikota Purwokerto telah hadir Kuliner Ikan Katombo Sulawesi yang menyajikan masakan kuliner khas Sulawesi. Menu yang ditawarkan adalah menu dengan beraneka ragam masakan Ikan laut dari Sulawesi yang sangat lengkap.
Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya ketika mencoba mampir kuliner di warung Ikan Katombo Sulawesi Purwokerto. Waktu itu dimalam hari tepat pada pkl. 19.00 wib malam saya berkeliling dikota Purwokerto karena bingung untuk memilih kuliner makan malam. Setelah berkeliling dikota Purwokerto akhirnya saya bertemu dengan Warung Kuliner Katombo Ikan Laut Sulawesi. Tepatnya lokasi restoran didepan oleh – oleh Mendoan Purwokerto kurang lebih 500 meter dari stasiun Purwokerto.
ADVERTISEMENT
Kalau dilihat dari luar, restoran ini terlihat sangat mewah dan kalau diperhatikan lebih lanjut yang makan disana adalah orang kaya karena kebanyakan parkir mobil semua. Setelah saya mencoba masuk ke dalam ternyata anggapan semua itu salah besar. Disana menyajikan promo ikan laut yang berkwalitas dan murah meriah. Ketika masuk kita sudah dilayani dengan baik pelayan disana yang ramah dalam menyapa dan dengan sabar melayani pembeli.
Waktu saya lihat menu Ikan yang ditawarkan memakai berat ons, akhirnya ketemu menu yang sudah paket lengkap dengan nasi, sambal, lalapan dan Ikan. Setelah memilih akhirnya pelayan merekomendasikan Promo Ikan Kaneke seharga Rp.15.000,- sudah plus Nasi dan Sambal 4 warna. Dan untuk minum saya memesan Jeruk tawar hangat karena saya terbiasa dengan minuman non gula pasir. Ketika masuk disana kita akan disuguhi Ikan Laut yang masih fresh dan segar yang ada didalam etalase kaca sehingga kita mudah untuk memilihnya. Pelayan disana juga ramah dan baik serta sabar melayani pembeli dan ciri khas seragam mereka sama bertuliskan nama restoran dan Ikan laut.
ADVERTISEMENT
Sambil menunggu saya diberi papan nomor dan saya mendapatkan papan nomor 14. Sambil menunggu saya sambil mengamati melihat – lihat Warung makan Ikan Katombo, ternyata disana banyak artis yang juga sudah pernah datang karena foto artis tertempel didinding warung makan tersebut. Artis yang sudah datang di Warung Makan Katombo seperti : Duta Sheila On 7, Gus Miftah, Pemain asing liga Indonesia dan masih banyak lagi. Untuk sarana dan prasarana disana lengkap, mulai dari wastafel bersih, toilet yang sangat luas dan bersih serta mushola. Jujur saya baru tahu toilet di warung makan restoran yang begitu luas dan nyaman karena selama ini yang saya tahu toilet di restoran biasanya kecil karena menghemat tempat.
ADVERTISEMENT
Akhirnya waktu yang ditunggu tiba juga, masakan Paket Ikan Laut Kaneke tiba. Jujur saya kaget karena Ikan laut Bakar madu yang saya pesan cukup besar dan ditambah dengan nasi serta sambal 4 warna. Mungkin kalau diwarung makan sambal yang lain harga sambalnya sudah mahal lebih dari Rp.15.000,- tapi kalau disini diberikan secara paket gratis.
Setelah saya coba ternyata ikan laut Kaneke sangat lembut dan bumbu meresap, biasanya kalau Ikan Laut yang fresh segar kalau dibakar pasti akan meninggalkan rasa keras dan tidak hangat. Tetapi pada ikan laut yang saya makan, benar –benar masih hangat dan meskipun Ikan bakar tapi tingkat kematangan merata. Dan satu lagi yang saya suka adalah Ikannya tidak terlalu gosong. Karena saya pribadi tidak suka Ikan Laut bakar yang gosong.
ADVERTISEMENT
Dikarenakan lauk ikan lautnya masih banyak, akhirnya saya memesan Nasi putih satu lagi. Setelah selesai makan malam akhirnya kita membayar ke kasir. Benar saja, setelah kita membayar harganya memang sama seperti yang disampaikan yaitu Paket Ikan Kaneke seharga : Rp.15.000,- plus pajak menjadi Rp.16.500,- ditambah minum Jeruk tawar hangat total menjadi Rp.30.000,-. Saya pribadi merekomendasikan bagi kalian yang suka makanan ikan laut bisa mampir di Warung Makan Katombo Ikan Laut Sulawesi banget Purwokerto karena pelayanan baik, enak dan harga merakyat.
Dosen Spesialis Medikal bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa pulau Sulawesi menyimpan kekayaan kuliner yang istimewa, khususnya beragam jenis ikan laut yang berasal dari perairan pulau yang dijuluki Celebes. Makassar adalah salah satu dari sekian banyak tujuan wisata kuliner Tanah Air, apalagi mereka yang gemar menyantap makanan laut alias seafood yang segar. Jadi tidak diragukan lagi bahwa Pulau Sulawesi merupakan raja dari kuliner Ikan Laut.*Red
ADVERTISEMENT