Tidak Ada yang Bisa Mengubah Takdir Kecuali Doa dan Sedekah

Dosen spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Konten dari Pengguna
14 Maret 2022 14:35
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Prima Trisna Aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Solo – Sedekah adalah saah satu amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW serta dianjurkan oleh seluruh muslim yang ada diseluruh dunia. Didalam harta kita ada hak para Fakir miskin yang berhak untuk diberikan sedekah. Sedekah juga merupakan amalan yang disukai oleh Oleh Allah SWT.
Dosen Spesialis Medikal Bedah "Prima Trisna Aji" ketika melakukan Pendidikan Kesehatan didaerah Wonorejo Surakarta Jawa Tengah
zoom-in-whitePerbesar
Dosen Spesialis Medikal Bedah "Prima Trisna Aji" ketika melakukan Pendidikan Kesehatan didaerah Wonorejo Surakarta Jawa Tengah
Sedekah atau shodaqoh berasal dari kata "shadaqa" yang artinya jujur, benar, memberi dengan ikhlas terhadap orang lain tanpa mengharapkan imbalan.
ADVERTISEMENT
Sedekah sendiri merupakan amalan yang bersifat Al-Muta’ddiyah yang artinya adalah manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh orang yang mengerjakannya tetapi juga dirasakan oleh orang lain. Sedekah sendiri dibagi menjadi dua yaitu sedekah yang bisa diberikan melalui Harta atau uang yang berbentuk fisik kepada orang lain, sedangkan sedekah yang kedua adalah sedekah yang berbentu non fisik atau inmateri seperti dalam bentuk ilmu, tenaga atau bahkan senyuman.
Bahkan ketika kita tidak mempunyai apa – apa, kita bisa melakukan sedekah dengan tersenyum kepada orang lain. Senyum adalah salah satu sedekah yang paling mudah dan murah. Karena selain senyuman adalah suatu bentuk ibadah, senyuman juga bisa menjadi figur penebar kebaikan antara sesama manusia satu dengan yang lain.
ADVERTISEMENT
Seperti hadist tentang Senyuman dari Hadist Riwayat Tirmidzi yang berbunyi : “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR Tirmidzi).
Senyum merupakan salah satu bentuk Sunah Rasululullah SAW yang bisa menular kebaikannya. Ketika kita tersenyum kepada orang lain dengan ikhlas maka akan membuaat orang lain menjadi senang sehingga keberkahan akan didapatkan bagi orang yang ramah terhadap orang lain serta mudah tersenyum.
Kemudian salah satu pahala sedekah adalah menghindarkan diri kita dari bencana dan musibah yang sering disebut bahwa sedekah menolak bala dan musibah sebagaimana sabda Nabi SAW: “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah.
Sedekah yang tulus ikhlas karena Allah SWT bisa mencegah kemarahan Allah SWT seperti air yang memadamkan api.
ADVERTISEMENT
Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa Sedekah adalah pemberian seorang [Muslim] kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Keutamaan pondasi sedekah yang utama adalah harus ikhlas bersedekah karena Allah SWT, dikarenakan ketika niat kita bersedekah karena rasa Riya maka pahala sedekah itu akan hilang seperti debu yang menempel diatas batu yang licin yang kemudian terhembas ombak dilaut sehingga tak tersisa.
Bahkan ustadz Hanan Attaki juga menyampaikan bahwa sedekah yang paling baik adalah diwaktu pagi hari, dikarenakan waktu pagi hari adalah waktu dimana kita akan memulai kegiatan sehingga kita bisa terhindar dari musibah ataupun keburukan yang akan terjadi hari ini. *Red
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·