Konferensi Kormin 3 ODOJ: Catatan Kecil Momentum Penambahan 300 Ribu Member

ASN Kemenpora yang juga seorang adventurir. Menyukai kegiatan luar ruang, hiking, beladiri dan olahraga, terutama Aikido, jogging dan memanah. Alumnus program pascasarjana UI konsentrasi Kajian Stratejik Pengembangan Kepemimpinan
Konten dari Pengguna
23 Juli 2022 17:10
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Akbar Mia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Baliho Konferensi Kormin 3 Komunitas ODOJ, Hotel Ibis Styles, Sunter, Jakarta Utara, 23-24 Juli 2022 (foto: dok. pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
Baliho Konferensi Kormin 3 Komunitas ODOJ, Hotel Ibis Styles, Sunter, Jakarta Utara, 23-24 Juli 2022 (foto: dok. pribadi)
ADVERTISEMENT
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an” (HR. al-Baihaqi)
ADVERTISEMENT
Setelah sebelumnya menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), sebagai bentuk penyatuan langkah untuk bersinergi menjalankan agenda-agenda besarnya, Komunitas One Day One Juz (ODOJ) kembali menyelenggarakan kegiatan nasional sebagai bagian dari usaha menyinergikan seluruh potensi dan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Sebagai komunitas yang diawali dengan kegiatan-kegiatan bersifat daring, Komunitas ODOJ sangat terikat dengan admin grup aplikasi Whatsapp (WA). Untuk mengoptimalkan koordinasi grup-grup didalam Komunitas ODOJ yang saat ini berjumlah 4.481 grup, dengan masing-masing grup rata-rata beranggotakan 30 orang, komunitas ODOJ membentuk jaringan dengan nama koordinator admin (Kormin), dimana setiap Kormin membawahi paling banyak 35 admin grup WA. Selain itu, juga dibentuk klaster-klaster untuk semakin memudahkan koordinasi dan sinergi pengelolaan grup WA. Karenanya, para Kormin, Asisten Kormin, Admin, Asisten Admin hingga Asisten Klaster dan Sekretaris Klaster, memiliki peran yang sangat penting dalam komunitas ini.
ADVERTISEMENT
Secara berkala, Komunitas ODOJ melaksanakan kegiatan Konferensi Kormin yang dimaksudkan sebagai sarana komunikasi, sinergi, koordinasi dan mengumpulkan ide dan gagasan dari para Kormin, Asisten Kormin hingga asisten admin. Konferesi Kormin kali ini diselenggarakan pada tanggal 23—24 Juli 2022. Sesuai dengan amanat Arahan Kebijakan Umum dari Majelis Syuro Komunitas ODOJ, Konferensi Kormin 3 mengambil tema ”Menyiapkan Momentum Demi Terwujudnya 426.000 Member Komunitas”.
Hotel Ibis Styles Sunter, Jakarta Utara, menjadi saksi keseriusan para peserta Konferensi Kormin 3 Komunitas ODOJ mengikuti seluruh rangkaian acara, memeras otak, mempersembahkan pemikiran-pemikiran terbaik untuk menyebarkan cahaya Al Qur’an di penjuru Indonesia, menjadikan membaca Al Qur’an sebuah budaya di bumi Nusantara ini.
Sebagai ujung tombak komunitas ODOJ yang berhadapan langsung dengan para anggota di grup-grup WA, para Kormin, Asisten kormin, Admin dan Asisten admin memiliki banyak pengalaman dalam berinteraksi dengan berbagai tipe orang. Merekalah yang paling memahami kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan dalam mencapai sebagian tujuan komunitas, utamanya merekrut anggota baru dan menjaga anggota yang sudah ada. Keinginan dan semangat menebar kebaikan Al Qur’an ternyata tidaklah cukup untuk mengajak umat Islam untuk bergabung dengan komunitas ODOJ dalam jumlah signifikan. Perlu adanya pembahasan intensif mengenai isu-isu strategis, serta sinergi dan koordinasi seluruh pihak sebagai penguatan gerak langkah Komunitas ODOJ mencapai tujuan yang telah dicanangkan.
Suasana Acara Pembukaan Konferensi Kormin 3 Komunitas ODOJ, Hotel Ibis Styles, Sunter, Jakarta Utara, 23-24 Juli 2022 (foto: dok. pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
Suasana Acara Pembukaan Konferensi Kormin 3 Komunitas ODOJ, Hotel Ibis Styles, Sunter, Jakarta Utara, 23-24 Juli 2022 (foto: dok. pribadi)
Konferensi Kormin kali ini menjadi semakin istimewa dengan kehadiran Riza Zacharias, Pemilik Syamil Group yang membagikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh peserta. Hadir sebagai pembicara dalam studium generale, sekaligus sebagai mitra Komunitas ODOJ, Riza memotivasi peserta dengan membuka cakrawala pemikiran terkait dengan keajaiban ALQur’an, keutamaan para pejuang Al Qur’an yang berjuang menyebarkan Al Qur’an dan mengajak umat islam kepada kebaikan. Riza menyampaikan bahwa lebih dari 14 abad yang lalu, Al Qur’an telah memprediksi tanda-tanda masa depan, sekaligus juga mengajarkan sistem kepemimpinan, serta kunci fundamental untuk peningkatan yang sukses, yaitu penguatan pada SDM, strategi, pelaksanaan, pendanaan dan sistem.
ADVERTISEMENT
Dengan logika Al Qur’an, jumlah bukanlah suatu hal yang mutlak menjadi ukuran keberhasilan. Dengan logika Al Qur’an, jumlah anggota Komunitas ODOJ yang saat ini berjumlah 129.143 (per 9 Juli 2022), tidaklah menjadi halangan untuk mewujudkan mimpi menyebar cahaya Al Quran di tengah masyarakat Indonesia, dan menjadikan membaca Al Qur’an sebagai budaya di tengah umat Islam Indonesia. Kunci utamanya adalah berusaha semaksimal mungkin dengan bersandar pada Allah Yang Maha Kuasa dan senantiasa dekat dengan Al Qur’an itu sendiri. Niatkan seluruh usaha hanya untuk mencari ridha Allah, maka niscaya Allah yang menjamin kesuksesan mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Mintalah petunjuk pada Allah untuk mewujudkan tujuan tersebut, carilah jawaban di dalam Al Qur’an atas pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam benak kita.
ADVERTISEMENT
Ketika kita semua sebagai pejuang Al Qur’an sudah terbiasa dekat dengan Allah dan Al Qur’an itu sendiri, maka hari-hari berjuang terasa indah, keberkahan Allah akan melimpah, semua urusan akan dipermudah, hingga nanti Allah kumpulkan dalam jannah.
Barakallahu fiikum para pejuang Al Qur’an Komunitas ODOJ. Selamat menjalani hari-hari yang Allah berkahi, dibawah naungan cahaya Al Qur’an.
Mari Mengaji Setiap Hari
Mari Mengaji Tanpa Tapi
Allahu a’lam bish shawab
#OneDayOneJuz
#KomunitasOneDayOneJuz
#ODOJ
#MengajiTanpaTapi
#MariMengajiSetiapHari
Tautan:
1. Laman Komunitas One Day One Juz: https://onedayonejuz.org/
2. Pendaftaran anggota: https://onedayonejuz.org/daftar
3. Youtube: https://www.youtube.com/user/OneDayOneJuz
4. IG: https://instagram.com/onedayonejuz?igshid=YmMyMTA2M2Y=
5. Telegram: https://t.me/OneDayOneJuz_ODOJ
6. Fanspage FB: https://www.facebook.com/KomunitasOneDayOneJuz/
7. Line: @onedayonejuz
8. Twitter: @onedayonejuz
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020