2 Konsep Interior untuk Melengkapi Rumah Minimalis

Konten dari Pengguna
20 Desember 2018 13:01 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rumahku tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi interior rumah (Foto: Instagram @freshome)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi interior rumah (Foto: Instagram @freshome)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rumah minimalis kini makin banyak dicari sebagai jawaban solusi atas terbatasnya lahan di perkotaan. Arsitektur rumah minimalis bertujuan untuk mencapai desain yang lebih baik melalui kesederhanaan bentuk, ruang, materialitas, detail, dan warna. Oleh karena itu, agar rumah minimalis makin sempurna, maka pertimbangkan konsep desain interior rumah Anda dengan prinsip berikut ini:
ADVERTISEMENT
1. Bersihkan, Terbuka, Ruang Terisi Cahaya
2 Konsep Interior untuk Melengkapi Rumah Minimalis (1)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: .yr-architecture.com
Sebuah rencana lantai terbuka antara dapur dan ruang tamu memungkinkan banyak cahaya mengisi ruang. Permukaan dinding berwarna terang, detail modern yang bersih, ruang yang tidak berantakan dan palet warna yang netral (dengan beberapa percikan warna) memberikan ruang seperti interior rumah minimalis ini dengan daya tarik yang tenang dan menarik.
Kamar-kamar luas yang dipenuhi cahaya, garis pandang yang lebar, dan estetika yang rapi merupakan ciri khas dari banyak interior minimalis. Hanya furnitur dan aksesori yang diperlukan saja yang digunakan sehingga objek memiliki ruang gerak yang cukup untuk bernapas. Kelimpahan cahaya alami menambah suasana ruang makin nyaman, membantunya terasa hangat dan nyaman dan steril daripada ruangan yang luas namun terasa dingin.
ADVERTISEMENT
2. Detail Sederhana Tanpa Dekorasi
2 Konsep Interior untuk Melengkapi Rumah Minimalis (2)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: .yr-architecture.com
Banyak interior minimalis juga dicirikan oleh lemari bersih, tangga, dan perabot yang diperlukan saja. Merinci lemari dengan panel pelat datar bukan panel yang ditinggikan atau tersembunyi dan perangkat keras yang terkena minimal menghilangkan kebisingan visual yang sering terlihat pada aksesori filling kabinet. Dalam proyek ini, konsep desain yang sederhana digambarkan oleh panel kayu untuk menghindari kebutuhan akan tarikan pintu yang tidak perlu.
2 Konsep Interior untuk Melengkapi Rumah Minimalis (3)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: .yr-architecture.com
Detail jendela yang bersih dan segar serta fasad yang dirancang dengan baik menghindari kebutuhan akan pekerjaan lain yang tidak perlu. Bingkai jendela flush yang menyelaraskan dengan sendi dalam material cladding memberikan solusi minimalis yang bersih untuk artikulasi jendela seperti gambar eksterior di atas.
ADVERTISEMENT
Detail minimalis yang sederhana juga hemat biaya. Flat stock trim adalah cara yang murah dan mudah untuk memangkas jendela dan pintu dan tetap mempertahankan tampilan minimalis. Dalam proyek seperti gambar di atas panel dinding putih dicuci memungkinkan fokus untuk berada di tampilan eksterior bukan interior.