Teori Warna untuk Membuat Skema Warna dalam Konsep Desain Interior

Konten dari Pengguna
19 Maret 2019 15:29
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Rumahku tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Memilih warna interior banyak yang berasumsi sulit dan sering membingungkan. Faktanya, memilih warna cat interior ternyata lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Cara termudah untuk memilih warna cat interior terbaik adalah mulai dengan warna yang Anda sukai. Ketika Anda mulai dengan warna yang Anda sukai, Anda tidak terikat oleh skema warna tradisional untuk gaya dekorasi tertentu. Inilah cara mencari tahu apa arti warna favorit Anda, dan bagaimana Anda bisa menghiasinya.
ADVERTISEMENT
Teori Warna untuk Membuat Skema Warna dalam Konsep Desain Interior (35796)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: thespruce.com
Temukan Inspirasi Warna Cat
Majalah dan katalog selalu menjadi pokok inspirasi dekorasi. Kita beruntung bahwa sekarang ini kita memiliki ribuan halaman inspirasi di internet. Situs pencari dapat memberi inspirasi dengan sketsa kamar mereka, situs perusahaan cat juga dapat menunjukkan cara untuk menggunakan warna di rumah Anda. Situs media sosial seperti Pinterest dan Instagram menawarkan inspirasi warna yang disegarkan secara real time. Pinterest sangat bagus untuk membuat papan inspirasi untuk ide-ide favorit Anda, sehingga Anda dapat menyimpan semua ide Anda di satu tempat.
Gunakan Teori Warna untuk Membuat Skema Warna
Anda tidak perlu mempelajari teori warna untuk mendapatkan ide-ide hebat dari sebuah kombinasi warna. Saat ini ada alat bantu semacam roda warna. Alat warna murah ini dapat menghasilkan ide skema warna dengan cepat. Dengan memutar roda, Anda dapat melihat bagaimana warna dapat saling berhubungan, dan mempelajari dasar-dasar teori warna. Meskipun Anda mungkin tidak akan mengecat rumah Anda dengan warna yang persis sama dengan yang Anda lihat, Anda dapat memilih warna-warna tersebut di toko cat favorit Anda.
ADVERTISEMENT
Sangat mudah untuk menggunakan roda warna untuk membuat skema warna setelah Anda mempelajari beberapa konsep mudah.
Dapatkan Kreatif Dengan Warna Cat Netral
Hanya karena Anda memilih warna cat netral tidak berarti mereka harus santai. Anda dapat meningkatkan palet warna netral Anda dengan menjadi kreatif dengan cara warna digunakan. Dinding bergaris-garis dalam warna-warna netral menambah banyak gaya tetapi tetap membuat ruangan tampak santai. Warna dinding netral dengan langit-langit pastel adalah cara licik untuk menambahkan warna tanpa kehilangan getaran ruang yang menenangkan.
Tidaklah sulit dalam membuat kombinasi warnautuk interior rumah yang menarik. Menggunakan warna favorit Anda sendiri sebagai warna dasar bisa jadi alternative. Anda dapat menggunakannya untuk membuat skema warna di sekitarnya dengan latar belakang warna tersebut. Warna favorit Anda bisa menjadi inspirasi sempurna untuk palet warna baru Anda. Inilah cara mencari tahu apa arti warna favorit Anda, dan bagaimana Anda bisa menghiasinya.
ADVERTISEMENT
Sumber: thespruce.com
Buat Ide Warna Cat Anda Dari Warna Kain Cetak Disekililingnya
Salah satu cara termudah untuk memilih warna cat interior adalah mulai dengan memperhatikan kain cetak. Bantal, tempat tidur, dan bahkan linen meja bisa memberi Anda ide warna cat. Jika Anda membuat dinding aksen, lihat warna-warna paling berani dalam cetakan kain tersebut. Jika Anda ingin memilih warna cat yang lebih halus atau untuk ruang yang lebih besar, lihat warna dalam detail kecil dari kain cetak Anda itu. Bawa contohnya ke toko cat sehingga Anda dapat memilih strip cat untuk bisa dilihat dan dicocokkan di rumah Anda.
Mencari Inspirasi Warna di Luar Ruangan
Mengambil inspirasi warna dari sisi luar adalah inspirasi populer untuk skema warna. Baik Anda memilih dedaunan hijau atau birunya warna di pantai, skema warna yang terinspirasi eksterior dimaksudkan untuk menjadi warna yang tenang dan santai. Pastikan warna yang anda pilih merupakan warna yang bisa anda nikmati sehingga bisa menjadi warna cat favorit Anda yang enak dipandang setiap saat, siang dan malam.
ADVERTISEMENT
Jika Anda akan menggunakan lansekap sebagai inspirasi, Anda harus tahu apa yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam mendekorasi dengan warna tersebut.
Belajarlah kombinasi warna pada seniman lukis
Rahasia seorang desainer interior adalah memilih warna dari karya seni di rumah Anda. Sebagian besar seniman adalah penguasa warna dan cahaya, menciptakan skema warna mereka sendiri untuk karya mereka. Anda dapat memanfaatkan wawasan mereka dengan memilih warna dari karya seni favorit. Anda juga dapat memilih warna gratis dari karya seni yang sama, untuk membuat skema warna.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G