Konten dari Pengguna

Kesenian Jaranan: Melestarikan Budaya Melalui Kreativitas Sekaligus Berwirausaha

Rya Refi Aushaf
Nama Rya Refi Aushaf tinggal di kabupaten Kediri, lahir pada tanggal 21 April 2002. Seorang mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Negeri Malang. Memiliki ketertarikan dalam bidang seni seperti lukis dan photography.
11 Oktober 2023 18:54 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rya Refi Aushaf tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jaranan Budaya Indonesia. Sumber: pixabay.com/Cikalnaladhipa
zoom-in-whitePerbesar
Jaranan Budaya Indonesia. Sumber: pixabay.com/Cikalnaladhipa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Seni adalah ekspresi kreatif yang muncul dari imajinasi manusia dan diwujudkan melalui berbagai media seperti lukisan, musik, tari, sastra, seni pertunjukan dan banyak lagi. Seni sering kali digunakan untuk menyampaikan emosi, ide, cerita, atau pandangan dunia dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti hiburan, pendidikan, refleksi, atau menggugah pikiran. Seni selalu identik dengan budaya, setiap budaya mempunyai seni tersendiri dan seni sering digunakan untuk mengekspresikan dan melestarikan identitas budaya.
ADVERTISEMENT
Kesenian Jaranan merupakan kekayaan warisan budaya Indonesia yang memadukan unsur tari, musik dan teater dalam sebuah pertunjukan pertunjukan yang spektakuler. Seni Jaranan mencakup tarian dinamis dan dramatis yang sering kali menggambarkan kisah-kisah epik dari mitologi Jawa dan sering kali menyertakan gerakan-gerakan yang energik dan menarik. Selain itu, musik gamelan merupakan bagian penting dalam pertunjukan jaranan. Orkes gamelan dilengkapi berbagai alat musik seperti gong, kenong, dan kendang yang mengiringi tarian dan menciptakan suasana musik yang istimewa. Penari seperti tari Kuda Lumping, tari Barong, dan tari Celeng, serta pemusik jaranan memakai kostum yang mencolok dan sering kali menggunakan topeng, setiap tokoh mempunyai kostum dan topeng yang berbeda-beda yang membantu mengidentifikasi karakter dalam cerita.
Tari Barongan. Sumber: unplash.com/Yoyo Hins Itta
Namun, selain sebagai warisan budaya, kesenian ini juga bisa menjadi sumber pendapatan berkelanjutan jika dikelola dengan bijak. Pertama-tama, sebagai calon pebisnis di bidang seni jaranan, penting untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang seni jaranan ini. Kesenian jaranan mempunyai unsur-unsur unik seperti tari, musik gamelan, kostum dan cerita yang harus dikaji secara cermat. Banyak seniman Jaranan yang bekerja secara berkelompok. Dalam mengembangkan kewirausahaan seni Jaranan, pembentukan kelompok seni dapat membantu berkolaborasi dalam pertunjukan dan pengembangan kesenian Jaranan.
ADVERTISEMENT
Untuk menghasilkan pendapatan, para pengusaha seni jaranan bisa tampil di berbagai acara lokal seperti festival budaya. Selain tampil di acara-acara publik, tampil khusus untuk pernikahan, acara perusahaan, atau acara khusus lainnya. Oleh karena itu, hal ini dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi melalui biaya atau penjualan tiket. Selain itu, pertunjukan kesenian jaranan harus berkualitas sehingga membuat masyarakat semakin tertarik untuk menyewa atau menonton. Kesenian Jaranan yang populer dan berkualitas tinggi mampu menarik wisatawan budaya ke daerah tersebut. Hal ini memberikan peluang ekonomi tambahan dan memperkenalkan budaya lokal kepada orang luar.
Gamelan. Sumber: unplash.com/Ramadhany DS
Selain bisnis, memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai makna dan pentingnya kesenian Jaranan dalam budaya lokal juga dapat membangkitkan minat dan dukungan yang lebih besar. Kesenian Jaranan merupakan perayaan masyarakat yang melibatkan banyak pihak dalam persiapannya yang merupakan hasil partisipasi dan kolaborasi masyarakat yang ekstensif. Hal ini tidak hanya menciptakan tampilan seni yang unik tetapi juga mempererat ikatan sosial antar anggota masyarakat. Selain itu, usaha seni jaranan memerlukan komitmen jangka panjang untuk melestarikan seni jaranan secara permanen. Dengan aktif menyelenggarakan pertunjukan kesenian Jaranan, kelompok kesenian atau para pelaku usaha ikut berkontribusi dalam menjaga kesenian tradisional tersebut. Pertunjukan-pertunjukan ini berfungsi sebagai bentuk aktivisme praktis yang menjaga kesenian Jaranan tetap relevan dan hidup di masyarakat.
ADVERTISEMENT
Seni memainkan peran penting dalam kebudayaan manusia, tidak hanya sebagai bentuk ekspresi tetapi juga sebagai cara untuk menghubungkan orang-orang, menangkap sejarah, menciptakan pemahaman dan merayakan keindahan. Bentuk dan gayanya bisa bermacam-macam dan melibatkan berbagai jenis media salah satunya yaitu kesenian Jaranan. Meski kebudayaan terus berkembang, kesenian Jaranan dapat tetap menjadi ikon budaya yang tetap utuh. Ini adalah cara untuk menghormati akar budaya sambil menghadapi perubahan zaman. Dengan kata lain, bisnis seni Jaranan tidak sekadar menghasilkan uang, namun juga berkontribusi terhadap kelestarian budaya lokal. Kesenian jaranan merupakan alat untuk mempersatukan masyarakat, melestarikan tradisi dan mempromosikan identitas budaya yang unik.