Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Maritim Kepada Siswa MI Muhammadiyah Tanjungsari

Sabna Suryaningtias
Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro
Konten dari Pengguna
4 Agustus 2023 17:30 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sabna Suryaningtias tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Batang (26/07/23) – Kegiatan KKN TIM 2 UNDIP 2022/2023 bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s” yang mengacu pada tujuan 14 SDG’s mengenai ekosistem lautan (life below water), seorang mahasiswa program studi S1 Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro bernama Sabna Suryaningtias berinisiatif untuk memperkenalkan dunia kemaritiman kepada siswa. Sabna telah berhasil menggelar kegiatan pengenalan maritim yang menginspirasi di kalangan siswa Muhammadiyah Tanjungsari pada 26 Juli 2023. Kegiatan pengenalan maritim ini bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya menjaga dan memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan kepada generasi muda. Dalam upaya mendekatkan siswa dengan kekayaan maritim, Sabna menghadirkan pengalaman belajar yang menarik melalui presentasi visual, diskusi, dan mini games kepada siswa MI Muhammadiyah Tanjungsari. Para siswa diberi kesempatan untuk belajar tentang ekosistem laut, biota laut yang hidup di perairan sekitar, serta peran penting laut dalam kehidupan manusia.
(26/07/23) Sabna mengenalkan dunia kemaritiman kepada siswa MI Muhammadiyah Tanjungsari
"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang betapa pentingnya laut dalam kehidupan kita sehari-hari, baik sebagai sumber pangan maupun dalam menjaga keseimbangan ekosistem global," ungkap Sabna. Kegiatan dimulai dengan presentasi yang menjelaskan mengenai gambaran umum tentang Indonesia sebagai maritim. Sebesar 70% dari luas wilayah Indonesia merupakan lautan, sehingga Indonesia disebut sebagai negara maritim. Luasnya wilayah laut di Indonesia menjadikan Indonesia mempunyai potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar. Disamping itu, ekosistem perairan yang meliputi ekosistem mangrove, ekosistem lamun, dan ekosistem terumbu karang memegang peran penting dalam menjaga iklim bumi. Sabna menggunakan media visual berupa handbook yang menarik perhatian siswa, sehingga mampu menggugah rasa ingin tahu mereka. Setelah presentasi, siswa diajak berdiskusi tentang laut beserta keanekaragaman hayatinya dan cara-cara mereka bisa berkontribusi dalam menjaga laut dan lingkungan sekitar melalui hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya.
(26/07/23) Sabna foto bersama siswa MI Muhammadiyah Tanjungsari
"Saya sangat senang dan ternyata seru sekali bisa belajar tentang laut," ujar Rafif, salah satu siswa MI Muhammadiyah Tanjungsari yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kepala Sekolah Muhammadiyah Tanjungsari, Bapak Ulfi, merasa terinspirasi oleh upaya Sabna dan TIM 2 KKN UNDIP dalam memberikan edukasi maritim kepada siswa. "Kegiatan ini sangat penting untuk membuka wawasan siswa kami tentang kekayaan alam laut yang ada di sekitar mereka. Kami berharap ini bisa menjadi awal yang baik untuk menginspirasi mereka dalam menjaga lingkungan," kata Bapak Ulfi. Kegiatan pengenalan maritim yang digelar oleh Sabna sebagai mahasiswa KKN Tim 2 UNDIP telah berhasil menciptakan kesadaran dan antusiasme baru di kalangan siswa Muhammadiyah Tanjungsari. Langkah ini menunjukkan bahwa upaya edukasi tentang lingkungan laut dapat berdampak positif dan memberikan perubahan yang berarti bagi generasi muda.
ADVERTISEMENT