Tekno & Sains
·
10 Juni 2021 17:41
·
waktu baca 1 menit

Steve Krug: Jangan Buat Saya Berpikir!

Konten ini diproduksi oleh Salman
Steve Krug: Jangan Buat Saya Berpikir! (29237)
Ilustrasi. Foto: Unsplash/@attentieattentie
Menurut Steve Krug hukum pertama dalam tes kegunaan atau usability test adalah jangan buat saya berpikir! Yap ini juga merupakan judul dari salah satu bukunya Don’t Make Me Think!
ADVERTISEMENT
Sepanjang kariernya selama kurang lebih 25 tahun sebagai usability consultant dia selalu mendapatkan pertanyaan, “apa hal terpenting yang sebaiknya saya lakukan untuk memastikan situs web saya mudah digunakan?”
Jawabannya bukan, “sebaiknya sesuatu yang penting tidak diakses lebih dari dua klik” tetapi kata Steve jawabannya adalah “jangan buat saya berpikir!” Dia selalu memberi tahu kepada orang-orang bahwa ini adalah hukum dan prinsip utama dalam usability. Hal ini juga yang menjadi penentu untuk memutuskan baik atau tidaknya sebuah desain pada situs web.
Mari kita bahas lebih dalam lagi, apa maksud “jangan berpikir” yang dikatakan oleh Steve, apakah pengguna web dilarang berpikir? Bukan itu maksudnya, maksudnya adalah jangan memberikan suatu hal yang berpotensi menimbulkan sebuah pertanyaan atau asumsi kepada pengguna web sehingga harus berpikir sedikit lebih lama sehingga menambah beban kerja kognitif mereka, padahal sebenarnya hal tersebut tidak perlu dipikirkan jika didesain dengan baik.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu ketika kamu mendesain sebuah halaman web, halaman tersebut harus jelas dan tidak berbelit-belit sehingga orang dapat “menangkap” tentang apa dan bagaimana menggunakannya tanpa bersusah payah memikirkannya.
Coba yuk kasih tahu melalui komen di bawah, menurut kamu situs web apa yang ketika dibuka membuat kamu perlu berpikir sedikit lebih lama atau banyak pertanyaan yang timbul di kepalamu?
Pada artikel selanjutnya saya akan berikan contoh desain website yang eksplisit dan tidak.