Jalan Butuh Penerangan

SALSABILA AGUSTRIANA
Mahasiswa Jurnalistik, Universitas Padjadjaran.
Konten dari Pengguna
7 Desember 2022 6:47 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari SALSABILA AGUSTRIANA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Gambar (sumber: foto pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Gambar (sumber: foto pribadi)
ADVERTISEMENT
Lampu penerangan jalan merupakan fasilitas publik yang paling penting di jalan raya, lampu tersebut berperan untuk menerangi keadaan sekitar para pengguna kendaraan seperti mobil, motor, pesepeda, pedagang, maupun pejalan kaki. Jika tidak ada lampu penerangan, bagaimana dengan nasib para pejalan kaki? nasib baik bagi orang-orang yang membawa mobil dan motor karena mereka masih bisa bergantung sedikit pada lampu kendaraan yang digunakan.
Jalan Menuju Tol Cisumdawu Ketika Siang dan Malam Hari (sumber: foto pribadi)
Jalanan tanpa lampu tersebut berada di Kabupaten Sumedang, Jatinangor. Tepatnya di jalan menuju Tol Cisumdawu. Jalanan tersebut memang sering terlihat sepi, ramai hanya ketika adanya pasar Unpad yang berjalan setiap hari Sabtu dan Minggu.
ADVERTISEMENT
Dengan tidak adanya lampu penerangan membuat sejumlah pengendara harus lebih waspada saat melintas, selain khawatir terjadinya kecelakaan para pengendara juga ditambah khawatir dengan terjadinya hal kriminalitas yang marak terjadi seperti begal.
Dampak dari minim lampu penerangan jalan:
1. Kriminalitas (begal)
Saat ini istilah begal sedang marak terjadi di Indonesia dan ramai dibicarakan, begal adalah suatu kejahatan seperti mencopet. Tetapi, begal bukan hanya sekedar mengambil barang berharga seperti uang atau kendaraan saja, melainkan mereka tidak segan-segan untuk melukai korban dari target begal tersebut.
Begal tidak hanya dilakukan oleh satu orang saja, mereka adalah sekumpulan orang yang membentuk tim dan terbiasa menjalankan aksinya di malam hari, jalanan yang gelap dan sepi yang tidak memiliki banyak kamera pengawas kerap menjadi target mereka.
ADVERTISEMENT
2. Kecelakaan lalu lintas
Kecelakaan lalu lintas adalah yang paling sering terjadi, dengan minimnya lampu penerangan jalan tentu membuat sebagian pengendara akan lebih was-was ketika harus melintas. Walaupun mereka masih bisa bergantung pada cahaya dari kendaraan yang mereka kendarakan, namun seberapa jauh cahaya tersebut bisa menerangi kedepan?
Kita berbicara mengenai pengendara yang memiliki kendaraan dengan lampu pada setiap kendaraan mereka, tetapi akan sangat mengkhawatirkan bagi para pesepeda atau pedagang yang melintas jalan tersebut terutama di malam hari, mereka mungkin tidak akan terlihat oleh para pengendara mobil atau motor lainnya.
3. Jarak pandang pengguna jalan terbatas
Hal lain yang sangat berisiko akibat minim lampu penerangan adalah membuat jarak pandang pengguna jalan menjadi terbatas. Banyak hal memungkinkan terjadi, seperti misalnya tidak dapat menghindari jalan yang berlubang karena lampu kendaraan tidak dapat sepenuhnya menerangi jalan raya di sekitar.
ADVERTISEMENT
Tidak bisa dipungkiri, bahwa saat ini di Indonesia masih banyak daerah yang kekurangan fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU), walaupun fasilitas ini sebenarnya adalah fasilitas publik yang seharusnya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, namun pada kenyataannya tidak demikian. Hanya kota-kota besar yang paling banyak menikmati fasilitas publik yang lengkap, sedangkan masyarakat di pedesaan sangat kurang.
Keberadaan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sudah seharusnya bisa memfasilitasi para pengendara dan pengguna jalan agar bisa melintas dengan rasa aman, lembaga pemerintah juga seharusnya bisa lebih memperhatikan hal ini mengingat pentingnya lampu penerangan di jalan raya.
Kedepannya, diharapkan Jalan menuju Tol Cisumdawu, Jatinangor diberikan lampu penerangan jalan dengan semestinya agar pengendara tidak perlu diresahkan dengan para kriminalitas atau lakalantas yang memungkinkan terjadi. Artikel ini juga diharapkan bisa menyadarkan kita tentang pentingnya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) agar perjalanan menjadi aman dan damai.
ADVERTISEMENT