Pengaruh Bahasa Gaul terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia

mahasiswa program studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang.
Konten dari Pengguna
14 Mei 2022 17:05
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Salsabila Hidayat tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengaruh Bahasa Gaul terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia (1831)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi : (Pixabay)
Seperti yang kita ketahui, Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia dari sabang sampai merauke. Berbahasa yang baik berarti kita harus menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan konteks serta kaidah berbahasa yang seimbang dengan nilai masyarakat. Bahasa Indonesia sendiri merupakan bahasa nasional yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang memiliki peran untuk menyampaikan informasi.
ADVERTISEMENT
Apakah teman-teman mengetahui apa itu bahasa gaul?
Bahasa gaul merupakan salah satu bagian dari bahasa Indonesia sebagai bahasa untuk pergaulan. Istilah ini sudah mulai muncul pada akhir tahun 1980an, sudah cukup lama bukan? Bahasa gaul ini pada umumnya digunakan sebagai sarana komunikasi diantara sekelompok remaja selama kurun waktu tertentu lho! hal ini dikarenakan, remaja memiliki bahasa tersendiri dalam mengungkapkan ekspresi dirinya.
Seperti salah satu contoh pada istilah kata "Mengsedih" yang berarti bersedih. Kata tersebut merupakan salah satu istilah baru yang digunakan dalam bahasa gaul yang menggabungkan awalan "Meng" dimana penggunaan kata tersebut tidak sesuai dengan kaidah imbuhan dalam bahasa Indonesia.
Tahukah teman-teman pengaruh negatif yang disebabkan oleh bahasa gaul? mari kita mengulas contoh dari pengaruh negatif tersebut,
ADVERTISEMENT
  1. Eksistensi bahasa Indonesia terancam pudar.
  2. Mempersulit penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  3. Menurunnya derajat bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia dianggap kuno.
  4. Mengganggu pemahaman bahasa bagi orang lain.
  5. Menjadi salah satu penyebab punahnya bahasa Indonesia.
Mengapa berbahasa yang baik dan benar itu sangat penting?
Sudah seharusnya bagi kita sebagai generasi milenial bangsa Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia memiliki peran sebagai bahasa kebanggaan nasional, identitas nasional dan alat pemersatu bangsa. Pada UUD 1945 pasal 36 dijelaskan mengenai kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan, pengantar dalam pendidikan alat penghubung tingkat nasional serta alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK.
Pada zaman sekarang ini masyarakat lebih tertarik menggunakan bahasa asing atau yang dikenal dengan sebutan “bahasa gaul”. Fenomena istilah bahasa gaul tersebut makin marak berkembang dilingkungan masyarakat terutama dikalangan para remaja, sehingga menjadikan masyarakat Indonesia sendiri secara perlahan mulai meninggalkan bahasa yang mereka miliki.
ADVERTISEMENT
Untuk menghindari pemakaian bahasa gaul, sebagai remaja dizaman yang modern ini kita harus bisa menanamkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia dan menerapkan dengan diawali dari diri sendiri sehingga dapat menjadikan bahasa Indonesia semakin berperan sebagai bahasa pemersatu dalam persatuan dan kesatuan bangsa. Nah! teman-teman, kita sebagai generasi muda marilah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar agar bahasa Indonesia tidak tergeser oleh bahasa gaul.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020