Stop Narkoba, Wujudkan Desa Bersinar

Mencintai membaca dan hobi menulis
Konten dari Pengguna
27 Januari 2022 13:50
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Sapta Arif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sambutan dari Kepala Desa
zoom-in-whitePerbesar
Sambutan dari Kepala Desa
ADVERTISEMENT
Naiknya statistik pengunaan narkotika melatarbelakangi Desa Wagir Kidul mengadakan sosialisasi penyuluhan perlindungan masyarakat desa anti narkoba. Sosialisasi tersebut merupakan bentuk kerja sama desa dengan Kapolsek Pulung, sekaligus KKNT STKIP PGRI Ponorogo. Saat ini, tercatat pengguna narkoba terbesar adalah golongan remaja. Utamanya, mereka yang berada di lingkungan perkotaan.
ADVERTISEMENT
Bertajuk ‘Mewujudkan Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar), acara dilakukan di Balai Desa Wagir Kidul (26/1). “Narkoba perlu segera ditebang. ‘Desa Bersinar’ tentu harapan semua karena itulah pengarahan dalam pencegahan kami tegaskan,” tutur Suharyanto, Kepala Desa Wagir Kidul, Pulung, Ponorogo.
Adapun acara bermotif pengarahan bebas narkoba dengan fokus pencegahan penggunaan narkoba. Tujuannya, masyarakat mengerti dan termotivasi bersama memberantas narkoba di kehidupan sekitar. Kepala Kepolisian sektor Pulung, Hariyadi mengungkapkan, narkoba adalah zat yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintesis. Efek sampingnya dapat merusak kesehatan tubuh. Namun, di sisi lain zat ini juga dikonsumsi karena efeknya membuat perasaan senang.
“Ingat dosis. Pemakaian berlebihan memicu candu bagi penggunanya,” jelasnya.
Sosialisasi
zoom-in-whitePerbesar
Sosialisasi
Didapuk sebagai pemateri tunggal, Hariyadi menyebutkan jenis-jenis narkoba. Mulai dari morfin, LSD, heroin, ganja, kokain, dan opium. Masing-masing jenis narkoba ini memiliki efek yang berbeda. Ada yang menyebabkan pusing, sensasi mual, merusak saraf, halusinasi, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Secara terpisah, Suharyanto mengungkapkan antusias masyarakat luar biasa. Hal itu disinyalir masyarakat memperhatikan semua pengarahan dan meninggalkan tempat ketika acara usai.
“Mari jauhi segala bentuk obat-obatan narkotika,” nasihat lelaki berbaju putih itu. []
Pewarta: Sega Pradista Editor: Suci Ayu Latifah
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·