kumparan
25 Jan 2019 17:21 WIB

Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Kulit bayi yang masih rentan membutuhkan perawatan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan kulitnya. Oleh karena itu, penting banget, nih, Moms, memilih produk perawatan yang aman dan khusus untuk bayi. Salah pilih produk, akibatnya bisa fatal, lho , Moms. Saya pernah mengalami salah pilih produk perawatan bayi. Akibatnya kulit bayi saya malah merah-merah, kering dan iritasi.
ADVERTISEMENT
Menurut Dr.Srie Prihianti SpKK, PHD, FINSDV, FAADV , Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI), PP PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia), anatomi dan fungsi kulit bayi sangat berbeda dibandingkan kulit dewasa. Perbedaannya antara lain:
  • Kulit bayi lebih tipis 40-60% dibandingkan kulit orang dewasa.
  • Ikatan sel kulit bayi masih longgar.
  • Fungsi kulit sebagai pelindung masih kurang dibanding kulit dewasa.
  • Fungsi melanin belum bagus karena produksi melanin masih terbatas
  • Fungsi kelenjar minyak dan keringat masih terbatas.
Dengan semua keterbatasan itu, kulit bayi belum memiliki kemampuan maksimal untuk menjaga suhu tubuh bayi. Penguapan melalui kulit pun masih tinggi. Akibatnya, kulit bayi rentan terkena alergi, iritasi dan infeksi. Oleh karena itu, bayi membutuhkan perawatan khusus supaya kulit sebagai lapisan pelindung tubuhnya bisa berfungsi dengan baik dan sehat terawat.
ADVERTISEMENT
Cussons Baby SensiCare, Solusi Lengkap Untuk Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir
Cussons Baby adalah produk perawatan bayi yang sudah terpercaya sejak lama. Malahan sejak saya kecil, produk-produk Cussons Baby ini sudah ada. Nah, Cusons Baby baru saja meluncurkan produk baru nih, Moms. Cussons Baby SensiCare, rangkaian perawatan yang baik untuk kulit sensitif, rentan eksima dan bayi baru lahir, dengan formula Derma-Soft™ Complex, yang mampu melembabkan kulit secara efektif.
Cussons Baby SensiCare mengandung bahan-bahan alami:
  • Natural Organic Oats, untuk mempertahankan kelembaban dan membantu melindungi kult dari kekeringan.
  • Natural Organic Olive Oil, sebagai pelembab alami yang baik untuk kulit dan rambut.
  • Argan Oil, untuk menyehatkan kulit kepala dan menyehatkan rambut.
  • Ceramide, membantu memperkuat fungsi skin barrier (penghalang kulit) untuk mencegah kulit menjadi kering serta masuknya bakteri, virus atau mikroorganisme berbahaya ke dalam kulit bayi.
ADVERTISEMENT
Cussons Baby SensiCare adalah solusi lengkap untuk perawatan bayi baru lahir. Ada 3 varian produk Cussons Baby SensiCare yang dapat digunakan dalam 2 tahapan perawatan kulit bayi, membersihkan dan melembabkan, yaitu:
1. Hair & Body Wash
Kulit bayi yang sensitif dan rentan eksima harus dibersihkan secara rutin menggunakan pembersih yang lembut dan khusus untuk bayi. Cussons Baby SensiCare Gentle Hair & Body Wash adalah pembersih yang sangat lembut untuk rambut dan kulit bayi. Mau tau gak, Moms, kenapa produk ini sangat direkomendasikan untuk perawatan kulit bayi baru lahir?
  • Sudah teruji secara klinis dan diterima penggunaannya oleh dokter anak.
  • Lembut dan tidak pedih di mata.
  • Memiliki pH seimbang.
  • Praktis, karena dapat digunakan untuk membersihkan rambut dan kulit.
  • Hypoallergenic.
ADVERTISEMENT
Cussons Baby SensiCare Gentle Hair & Body Wash tidak menghasilkan busa yang banyak banyak, ya, Moms. Busa melimpah itu sebenarnya malah makin meningkatkan resiko kerusakan kulit lho, Moms. Selain itu, tidak ada korelasi antara banyak busa yang dihasilkan produk pembersih dengan tingkat kebersihan kulit.
2. Moisturizing Lotion
Cussons Baby SensiCare Moisturizing Lotion sekarang jadi salah satu produk favorit saya nih, Moms. Setelah pakai lotion ini, kulit langsung terasa 2x lebih lembab dan nyaman.
Kelebihan Cussons Baby SensiCare Moisturizing Lotion adalah:
  • Teruji secara dermatologi dan diterima dokter anak.
  • Terbukti secara klinis meningkatkan kelembaban kulit sampai 24 jam pada kulit kering. Formula Dermoprotective-nya memberikan pelindungan pada kulit bayi.
  • Memiliki pH seimbang.
  • Hypoallergenic.
3. Soothing Cream
ADVERTISEMENT
Cussons Baby SensiCare Intensive Soothing Cream dapat diaplikasikan pada bagian kulit bayi yang sangat kering. Diperkaya dengan 3x pelembab, Cussons Baby SensiCare Intensive Soothing Cream terbukti secara klinis membantu melembabkan kulit yang sangat kering hingga 24 jam. Saya pakai soothing cream ini untuk melembutkan bagian kaki anak yang yang kering dan kapalan. Dalam waktu beberapa hari kulitnya jadi lembut dan tidak kering lagi.
Saya juga ingin berbagi tips dan cara merawat kulit bayi baru lahir, nih, Moms.
Merawat kulit bayi, khususnya bayi baru lahir, dibedakan menjadi 2 tahapan, yaitu membersihkan dan melembabkan.
1. Membersihkan.
Tahap membersihkan kulit bayi dimulai pada saat mandi. Bayi baru lahir sebaiknya jangan langsung dimandikan, Moms. Tunggu 2-4 jam, sampai tanda vitalnya stabil.
ADVERTISEMENT
Vernix caseosa atau selaput putih yang biasanya terdapat pada kulit bayi baru lahir sebaiknya jangan dibersihkan. Selaput putih ini fungsinya membantu mempertahankan suhu tubuh bayi, dan sebagai pelembab untuk proteksi terhadap infeksi dan penyembuhan luka.
Bayi yang sehat boleh dimandikan dan keramas 1-2 kali sehari. Pastikan suhu air mandi tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu air mandi yang ideal untuk mandi bayi adalah suam-suam kuku atau disesuaikan dengan suhu tubuh bayi.
Gunakan Cussons Baby SensiCare Hair & Body Wash, sabun dan shampoo khusus bayi dengan formula organik dan hypoallergenic (tidak mengandung parfum dan pewarna yang berbahaya untuk untuk bayi).
2. Melembabkan
Fungsi pelembab adalah untuk memperbaiki tekstur kulit supaya lebih lembut dan fleksibel. Pelembab untuk bayi bisa berbentuk lotion atau cream. Yang penting kandungannya aman untuk bayi, terutama bayi baru lahir.
ADVERTISEMENT
Setelah mandi, keringkan kulit bayi sampai sedikit lembab lalu oleskan Cussons Baby SensiCare Moisturizing Lotion supaya kulit bayi tidak kering dan tetap lembab dan terlindungi selama 24 jam. Pada bagian kulit bayi yang sangat kering bisa menggunakan Cussons Baby SensiCare Intensive Soothing Cream, dengan 3x pelembab mampu memberikan perlindungan dan meningkatkan kelembaban kulit sampai 24 jam.
Nah, itu tadi beberapa tips dan cara merawat kulit bayi baru lahir. Semoga bermanfaat, ya, Moms!
Informasi lebih lengkap tentang produk Cussons Baby SensiCare bisa dilihat di tautan di bawah ini:
IG: https://www.instagram.com/cussonsbabyid/
Website: https://www.cussonsbaby.co.id/
Facebook: https://www.facebook.com/CussonsBaby.ID
#CussonsBaby #CussonsBabySensiCare #NaluriMerawat #MomsMingle #CussonsxKumparanMOM #KumparanMOM
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·