3 Alasan Seni Budaya yang Relevan Patut Dilestarikan

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
8 April 2024 21:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengapa Seni Budaya yang Relevan Patut Dilestarikan. Sumber: Unsplash.com/pavan gupta
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Seni Budaya yang Relevan Patut Dilestarikan. Sumber: Unsplash.com/pavan gupta
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengapa seni budaya yang relevan patut dilestarikan? Kalimat tanya seperti itu mempunyai banyak variasi jawaban.
ADVERTISEMENT
Variasi jawaban tersebut dapat terjadi karena ada banyak faktor yang membuat kegiatan melestarikan seni budaya menjadi tindakan penting. Salah satunya adalah faktor kebutuhan untuk menjaga kelestarian identitas dari suatu daerah.

Mengapa Seni Budaya yang Relevan Patut Dilestarikan?

Ilustrasi Mengapa Seni Budaya yang Relevan Patut Dilestarikan. Sumber: Unsplash.com/John McArthur
Kegiatan melestarikan seni budaya adalah hal penting bagi setiap suku, wilayah, serta bangsa. Kegiatan itu menjadi penting karena ada banyak faktor yang melatarbelakangi urgensi melestarikan budaya.
Mengutip dari buku Budaya Nias, Zagoto, dkk. (2023: 8) menurut Tylor, budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan, adat istiadat, kemampuan lain, serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Berdasarkan pengertian budaya, diketahui bahwa seni budaya merupakan hal yang kompleks. Seni budaya melibatkan pengetahuan, kepercayaan, moral, keilmuan, serta kebiasaan manusia sebagai anggota masyarakat.
ADVERTISEMENT
Jika manusia sebagai anggota masyarakat secara alami dapat memperoleh budaya, mengapa seni budaya yang relevan patut dilestarikan? Berikut adalah faktor-faktor yang membuat kegiatan melestarikan seni budaya relevan menjadi penting.

1. Agar Terus Terjaga

Salah satu faktor yang membuat melestarikan seni budaya relevan menjadi penting adalah agar seni tersebut terus terjaga. Jadi, generasi mendatang masih dapat mengenal, mempelajari, bahkan melakukan penelitian terhadap budaya secara lebih jelas.

2. Agar Identitas tidak Hilang

Seni budaya yang relevan dari suatu daerah perlu terus dilestarikan agar identitas daerah tersebut tidak hilang. Selain itu, keberadaan seni budaya yang terus lestari bahkan dapat menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

3. Agar Menjaga Pengetahuan

Selain menjaga keberadaan seni budaya, kegiatan melestarikan seni budaya relevan juga penting untuk menjaga pengetahuan. Budaya yang masih terjaga membuat peneliti di masa mendatang dapat melakukan kajian secara lebih objektif dan valid.
ADVERTISEMENT
Kini, jelas bahwa pertanyaan mengapa seni budaya yang relevan patut dilestarikan mempunyai banyak jawaban. Intinya adalah kegiatan melestarikan sangat diperlukan untuk menjaga eksistensi seni budaya, identitas daerah, serta pengetahuan manusia. (AA)