4 Dampak dari Keberhasilan Kesultanan Ternate Mengusir Portugis

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
23 April 2024 23:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jelaskan Dampak dari Keberhasilan Kesultanan Ternate Mengusir Portugis dalam Proses Kolonialisme Bangsa Eropa di Indonesia. Sumber: Unsplash.com/Jody A. Khomaro
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jelaskan Dampak dari Keberhasilan Kesultanan Ternate Mengusir Portugis dalam Proses Kolonialisme Bangsa Eropa di Indonesia. Sumber: Unsplash.com/Jody A. Khomaro
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kesultanan Ternate merupakan kerajaan Islam Indonesia yang pernah berhasil mengusir bangsa Portugis. Jelaskan dampak dari keberhasilan Kesultanan Ternate mengusir Portugis dalam proses kolonialisme bangsa Eropa di Indonesia!
ADVERTISEMENT
Peristiwa tersebut menimbulkan sejumlah dampak, salah satunya Portugis menyingkir dari Indonesia. Portugis kemudian menuju daerah Timor Timur, tepatnya Timor Loro Sae.

Jelaskan Dampak dari Keberhasilan Kesultanan Ternate Mengusir Portugis dalam Proses Kolonialisme Bangsa Eropa di Indonesia!

Ilustrasi Jelaskan Dampak dari Keberhasilan Kesultanan Ternate Mengusir Portugis dalam Proses Kolonialisme Bangsa Eropa di Indonesia. Sumber: Unsplash.com/Kaja Sariwating
Kesultanan Ternate merupakan salah satu kerajaan Islam Indonesia yang pernah melakukan perlawanan terhadap bangsa penjajah, yakni Portugis. Perlawanan tersebut menuai keberhasilan.
Jelaskan dampak dari keberhasilan Kesultanan Ternate Mengusir Portugis dalam proses Kolonialisme bangsa Eropa di Indonesia! Berikut adalah empat contoh dampaknya yang terjadi di Indonesia.

1. Portugis Menyingkir dari Indonesia

Semula, perlawanan Ternate terjadi karena bangsa Portugis melakukan tindakan yang sewenang-wenang dan merugikan rakyat. Pemimpin perlawanan tersebut adalah Sultan Hairun dari Ternate, tetapi mengalami kegagalan.
Mengutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII, Sugiharsono, dkk. (2008: 58) Sultan Baabullah kemudian membalas kecongkakan Portugis dengan mengusirnya dari bumi Maluku tahun 1575. Portugis pun akhirnya menyingkir dari Indonesia.
ADVERTISEMENT

2. Menyingkir ke Timor Timur

Portugis memang menyingkir dari Indonesia, tetapi tidak pergi dari wilayah Asia Tenggara. Mengutip dari buku yang sama, Sugiharsono, dkk. (2008: 58), Portugis menyingkir ke daerah Timor Timur (Timor Loro Sae).

3. Posisi Belanda Menjadi Makin Kuat

Peristiwa menyingkirnya Portugis dari Indonesia secara tidak langsung membuat posisi Belanda semakin kuat. Posisi Belanda menjadi semakin kuat karena mengambil kesempatan itu untuk memperluas pengaruhnya di wilayah Indonesia.

4. Bangsa Lain Datang ke Indonesia

Kabar mengenai keberhasilan Indonesia melawan Portugis pada masa itu ternyata membuat bangsa lain ingin datang ke Indonesia. Berbagai bangsa Eropa berlomba-lomba untuk datang ke wilayah Indonesia.
Jadi, ada banyak jawaban dari instruksi jelaskan dampak dari keberhasilan Kesultanan Ternate mengusir Portugis dalam proses kolonialisme bangsa Eropa di Indonesia. Salah satunya adalah berhasil membuat Portugis menyingkir dari wilayah Indonesia. (AA)
ADVERTISEMENT