47 Daftar Marga NTT Lengkap dari Awalan A sampai Awalan W

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 23:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Daftar Marga NTT. Sumber: Unsplash.com/Amar Baco
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Daftar Marga NTT. Sumber: Unsplash.com/Amar Baco
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu wilayah Indonesia yang keturunannya memiliki marga. Daftar marga NTT termasuk banyak karena terdiri dari 47 (empat puluh tujuh) nama.
ADVERTISEMENT
Keberagaman nama marga tersebut terjadi karena berbagai macam faktor. Salah satu faktornya adalah masyarakat NTT mencakup banyak etnis, seperti Sabu, Sumba, Helong, Tatum, Melus, Alor, dan lain-lain.

47 Daftar Marga NTT (Nusa Tenggara Timur)

Ilustrasi Daftar Marga NTT. Sumber: Unsplash.com/Iqx Azmi
Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang masyarakatnya memiliki marga. Keberadaan marga di Indonesia mencakup banyak lingkup masyarakat, contohnya masyarakat suku Batak dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
Mengutip dari buku Sejarah tanpa Manusia, Pohan (2021: 107), menurut Barbara Watson Andaya, marga adalah penjelasan mengenai hierarki keturunan, jalur, jalan, atau jejak yang menghubungkan pada silsilah keluarga besar.
Masyarakat Nusa Tenggara Timur memiliki banyak nama marga. Mengutip dari buku Daftar Nama Marga/Fam, Gelar Adat dan Gelar Kebangsawanan di Indonesia karya Kurniawati, dkk. (2012: 54 – 55), berikut adalah 47 daftar marga Nusa Tenggara Timur:
ADVERTISEMENT

Faktor Penyebab Keberagaman Marga di NTT

Ilustrasi Daftar Marga NTT. Sumber: Unsplash.com/Denissa Devy
Setiap suku atau wilayah tentu memiliki penyebab tersendiri tentang keberagaman marga. Demikian pula dengan masyarakat Indonesia keturunan Nusa Tenggara Timur.
Keberagaman marga yang terjadi pada keturunan masyarakat Nusa Tenggara Timur merupakan sebab dari keberagaman etnis di sana. Mengutip dari buku yang sama, Kurniawati, dkk. (2012: 54), etnis masyarakat Nusa Tenggara Timur, antara lain:
Setelah menyimak penjelasan di atas, diketahui bahwa Nusa Tenggara Timur termasuk wilayah Indonesia yang memiliki banyak marga. Daftar marga provinsi ini mencapai 47 nama. (AA)