5 Daftar Harta Bersejarah yang Hilang dan Belum Ditemukan

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
16 Mei 2024 23:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi daftar harta bersejarah yang hilang. Sumber: wd toro🇲🇨/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daftar harta bersejarah yang hilang. Sumber: wd toro🇲🇨/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Benda bersejarah umumnya memiliki harga tinggi dan disimpan oleh negara sebagai bentuk arsip. Namun ternyata, terdapat beberapa daftar harta bersejarah yang hilang dan belum ditemukan, seperti sarkofagus menkaure.
ADVERTISEMENT
Agusman dalam Perkembangan Kebudayaan Mesir menyebutkan bahwa sarkofagus menkaure adalah peninggalan bersejarah Mesir yang berada di Piramida.
Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai daftar harta bersejarah yang hilang, simak selengkapnya dalam bacaan berikut.

Daftar Harta Bersejarah yang Hilang

Ilustrasi daftar harta bersejarah yang hilang. Sumber: Dilek Yüksel/pexels.com
Benda bersejarah masa lalu tentu menyimpan kisah panjang dan mempunyai makna tersendiri. Oleh sebab itu, benda bersejarah akan disimpan oleh negara.
Sayangnya, ada sejumlah benda yang hilang akibat bencana alam, pencurian, maupun invasi perang. Adapun beberapa daftar harta bersejarah yang hilang adalah:

1. Sarkofagus Menkaure

Salah satu daftar harta bersejarah yang hilang adalah sarkofagus menkaure. Sarkofagus ini ditemukan tahun 1830-an di Piramida Menkaure, Mesir. Penemuan tersebut dilakukan oleh Howard Vyse. Sayangnya, sarkofagus tersebut tenggelam di Laut Mediterania bersama Kapal Beatrice tahun 1838.
ADVERTISEMENT

2. Amber Room

Daftar harta bersejarah yang hilang berikutnya adalah amber room. Ruangan yang dibangun dalam Istana Katarina, St. Petersburg, Rusia mempunyai isian mozaik, ukiran berlapis emas, cermin, dan panel batu ambar.
Sayangnya, pada invasi Nazi di tahun 1941, ruangan tersebut tak lagi ditemukan. Kini, dibuan amber room berupa tiruan.

3. Honjo Masamune

Daftar harta bersejarah yang hilang selanjutnya adalah Honjo Masamune. Benda ini berupa pedang terbaik Jepang hasil tempaan Goro Nyudo Masamune dan diperoleh di medan pertempuran. Sayangnya, pedang tersebut dirampas oleh pihak Amerika Serikat pada Perang Dunia 2.

4. Tabut Perjanjian

Daftar harta bersejarah yang hilang lainnya adalah tabut perjanjian. Benda ini berupa peti dari kayu penaga yang isinya dua loh batu 10 Perintah Allah, tongkat Harun, serta roti manna.
ADVERTISEMENT
Benda bersejarah ini disimpan pada Bait Allah Pertama Raja Salomo. Sayangnya, Bait Allah Pertama ini dihancurkan Babilonia ketika menjajah Israel pada 57 Sebelum Masehi.

5. Perpustakaan Emas Moskow

Daftar harta bersejarah yang hilang terakhir adalah Perpustakaan Emas Moskow yang dibangun pada abad ke-16 Masehi. Perpustakaan ini berisi teks Mesir, Latin, Tiongkok, serta Yunani Kuno. Sayangnya, perpustakaan tersebut tiba-tiba menghilang begitu saja.
Demikian informasi penting mengenai daftar harta bersejarah yang hilang. [ENF]