5 Faktor Penyebab Kemajuan pada Masa Daulah Abbasiyah

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 23:20 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah. Sumber: Alexander Grey/unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah. Sumber: Alexander Grey/unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada masa Bani Abbasiyah, Islam dan ilmu pengetahuan mengalami kemajuan pesat. Adapun faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah adalah karena terjadinya asimilasi antara bangsa Arab dengan bangsa lainnya.
ADVERTISEMENT
Huda dalam Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam pada Masa Daulah Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah menyebutkan bahwa ilmu pengetahuan pada masa Bani Abbasiyah mengalami kemajuan pesat, hingga dibangunna lembaga pendidikan serta penerjemahan buku.
Untuk mengetahui informasi mengenai faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah, simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Faktor Penyebab Kemajuan pada Masa Daulah Abbasiyah

Ilustrasi faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah. Sumber: Pixabay/pexels.com
Dinasti Abbasiyah adalah daulah yang berdiri setelah Bani Umayyah. Pada masa ini, peradaban Islam mengalami kemajuan pesat dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari sosial, budaya, ekonomi, hingga pendidikan. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh sejumlah faktor.
Adapun faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah adalah:

1. Meningkatnya Gerakan Penerjemahan

Salah satu faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah adalah meningkatnya gerakan penerjemahan buku-buku. Pasalnya, saat itu buku-buku ilmu pengetahuan mayoritas tertulis dalam bahasa asing.
ADVERTISEMENT
Hal ini mendorong khalifah Al-Mansyur, hingga Harun Ar-Rasyid melakukan penerjemahan yang didominasi oleh buku-buku di bidang mantik serta astronomi. Selain itu, pada masa Khalifah Al-Makmun dilakukan penerjemahan di bidang kedokteran serta filsafat.

2. Asimilasi Bangsa Arab dan Bangsa Lain

Faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah selanjutnya adalah terjadinya asimilasi antara bangsa Arab dengan bangsa lainnya. Hal ini membuat ilmu pengetahuan berkembang semakin pesat.
Misalnya adalah asimilasi bangsa Arab dengan Persia yang memberikan pengaruh dalam bidang pemerintahan. Bukan hanya itu, asimilasi tersebut juga mendorong berkembangkan ilmu pengetahuan, kesusastraan, serta filsafat.

3. Inspirasi dari Metode Berpikir Filsuf Yunani

Faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah berikutnya adalah karena terinspirasi dari metode berpikir para filsuf Yunani. Hal ini mendorong munculnya banyak ilmuwan, seperti Al-Farabi, Al-Razi, Al-Khawarizmi, Al-Kindi, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT

4. Semangat untuk Mencapai Kemajuan

Faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah lainnya adalah para ilmuwan bersemangat untuk mencapai ilmu pengetahuan. Hal ini didukung pula dengan berdirinya pusat penelitian serta perkembangan ilmu pengetahuan, sehingga memberikan ilmuwan kesempatan untuk bereksperimen.

5. Agama Islam Berkembang secara Mandiri

Faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah yang terakhir adalah agama Islam berkembang secara mandiri. Hal ini ditandai dengan berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam yang menjadi pusat perkembangan kebudayaan Islam serta ilmu pengetahuan.
Hal ini bermula dari perpaduan antara unsur-unsur pembawanya yang bukan hanya berasal dari Arab, tetapi juga Romawi, India, Yunani, hingga Persia.
Demikian informasi mengenai faktor penyebab kemajuan pada masa Daulah Abbasiyah yang perlu diketahui. [ENF]