5 Jenis Topi Kerajaan Korea yang Ada di Drama Saeguk

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
23 Agustus 2023 23:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis topi Kerajaan Korea (gambar: unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis topi Kerajaan Korea (gambar: unsplash.com)
ADVERTISEMENT
Penggemar dan penikmat drama Korea pasti sudah tidak asing dengan tema drama kerajaan atau disebut juga dengan saeguk. Dalam drama ini, kemunculan jenis topi Kerajaan Korea pun sangat beraneka ragam.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya jalan ceritanya saja yang mengandung sejarah, kostum-kostum kerajaan yang sering muncul dalam drama ini memiliki arti berbeda-beda, termasuk pada setiap jenis topinya.

Jenis Topi Kerajaan Korea

Ilustrasu jenis topi Kerajaan Korea (gambar: unsplash.com)
Terdapat lima jenis topi yang sering sekali muncul dalam drama. Berikut penjelasannya.

1. Heuklip

Pertama, ada yang disebut dengan heuklip, yakni topi berjaring hitam tinggi yang umum dikenakan para bangsawan dan mereka yang memiliki gelar cendekiawan.
Heuklip terbuat dari bingkai bambu dan bulu kuda. Karena harganya yang sangat mahal, heuklip hanya dikenakan oleh para kaum tingkat atas. Jenis topi ini biasanya banyak dikenakan saat beraktivitas di luar ruangan, termasuk saat berjalan-jalan di pasar.

2. Jeongjagwan

Jenis lainnya ada jeongjagwan. Topi kerajaan ini juga dikenakan oleh para kaum dengan status sosial tinggi.
ADVERTISEMENT
Serupa dengan heuklip, topi ini sebenarnya hanya untuk para bangsawan dan cendekiawan dengan versi penggunaan indoor. Biasanya, sering dipadu dan muncul saat adegan pesta kerajaan.

3. Joo-lip

Berikutnya, jenis topi Kerajaan Korea ini juga pasti sudah familier karena memang umum dikenakan para prajurit dan pegawai kerajaan. Joo-lip juga terkenal sebagai topi para anggota militer kerajaan.
Adapun bentuk dan ukuran dari topi ini tidak setinggi jenis topi sebelumnya dan lebih ringan.

4. Samo

Samo adalah jenis topi lain yang kerap dikenakan para anggota birokrat atau mereka yang memiliki status dalam pemerintahan. Sering juga dikenakan oleh anggota dari keluarga kerajaan.
Bagian sayap pada topi samo menunjukkan status pernikahan dari penggunanya. Mereka yang belum menikah akan mengenakan samo dengan dua sayap besar di samping.
ADVERTISEMENT

5. Ikseongwan

Terakhir, ada jenis topi yang disebut ikseongwan. Topi ini umumnya dikenakan oleh anggota kerajaan, khususnya raja dan putra mahkota. Bahannya terbuat dari kasa sutra.
Biasanya, dikenakan ketika mereka sedang berjalan atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan tugas resmi. Topi ini pun juga sering dikenakan saat ada momen berkabung. (AML)